PENGEMBANGAN LKPD MATERI OPERASI BENTUK ALJABAR BERBASIS FILSAFAT UNTUK MENGETAHUI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA

Eka Wahyuni Nur'rohim(1), Somakim Somakim(2*),

(1) Sriwijaya University
(2) Sriwijaya University
(*) Corresponding Author


Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis filsafat yang valid, praktis, dan memiliki efek potensial pada kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi operasi bentuk aljabar. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII.1 SMP Negeri 1 Tanjung Lubuk. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan dua tahapan yaitu preliminary (tahap persiapan, analisis dan desain) dan formative evaluation (self evaluation, expert review, one to one, small group, dan field tes). Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu walkthrough, angket, tes, dan wawancara. Hasil lembar validasi diperoleh persentase rata-rata sebesar 84% dengan kriteria cukup valid atau dapat digunakan dengan revisi berdasarkan saran, koemntar, dan kesulitan yang siswa alami pada tahap expert review dan one to one. Dan hasil penilaian angket yang dilakukan diperoleh persentase dengan rata-rata sebesar 82,92% dengan kriteria praktis dan telah direvisi berdasarkan saran dan komentar pada tahap small group. LKPD juga memiliki efek potensial terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa dilihat dari hasil tes siswa terdapat 18 siswa telah mencapai nilai ketuntasan minimal dengan persentase 56,25%, serta kemampuan pemahaman konsep siswa pada materi operasi bentuk aljabar termasuk kategori cukup dengan rata-rata 66,6. Hal ini menunjukkan bahwa LKPD berbasis filsafat dapat membantu siswa dalam memahami konsep pada materi operasi bentuk aljabar.

This study aims to produce a philosophy based worksheet that is valid, practical, and has a potential effect on students' conceptual understanding abilities of algebraic form operations. The subjects of this study were students of class VII.1 SMP Negeri 1 Tanjung Lubuk. This type of research is development research which two stages, namely preliminary (preparation, analysis and design) and formative evaluation (self evaluation, expert review, one to one, small group, and field test). Data collection techniques were walkthrough, questionnaire, test, and interview. The validation results obtained an average percentage of 84% with valid criteria or can be used with revisions based on suggestions, comments, and difficulties the student experienced at expert review and one to one. And the results of the assessment carried out obtained an average of 82.92% with practical criteria and have been revised based on suggestions and at the small group stage. LKPD also has the potential for students' conceptual understanding abilities,  seen from the results of student tests, there are 18 students had achieved a minimum completeness score with a proportion of 56.25%, as well as students' conceptual understanding skills on algebraic form operations including the category enough with an average of 66.6. This shows that philosophy based worksheets can assist students understanding the concept of algebraic forms operations.


Keywords


Filsafat, Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Operasi Bentuk Aljabar, Pengembangan.

References


Aditya, S., Mulyono, M., & Ernawati, I. (2018). Meningkatkan kemampuan operasi dasar aljabar kelas X melalui PBL berpendekatan algebraic reasoning. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika (pp. 304-308). Unnes.

Agustina, L. (2016). Upaya meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan pemecahan masalah matematika siswa SMP Negeri 4 Sipirok kelas VII melalui pendekatan matematika realistik (PMR). Jurnal Eksakta, 1(1), 1-7.

Alfiawati, A. (2017). Pengaruh penguasaan konsep operasi aritmetika terhadap kemampuan menyelesaikan soal-soal operasi aljabar siswa kelas VII MTsN Balang-Balang. Repository UIN Alauddin Makassar.

Basri. (2019). Pengembangan LKPD matematika berbasis masalah untuk meningkatkan pemahaman konsep aljabar siswa di kelas VII SMP Negeri 2 Marioriwawo Kabupaten Soppeng. Repository UIN Alauddin Makassar.

Dharma, K. B. (2020). Implementasi gerakan literasi sekolah dalam menumbuhkan minat baca siswa sekolah dasar. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(2), 70-76.

Fannie, R. D., & Rohati, R. (2014). Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) berbasis POE (Predict, Observe, Explain) pada materi program linear kelas XII SMA. Jurnal Sainmatika, 8 (1), 96-109.

Iqbal, M., Sugeng, S., & Tina, Y. (2017). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) dengan pendekatan kontekstual ditinjau dari pemahaman konsep dan disposisi matematis. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 5(1), 1-13.

Kemendikbud. (2017). Buku guru matematika SMP/MTS kelas VII. edisi revisi 2017. Jakarta.

Malihatuddarojah, D., & Prahmana, R. C. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan permasalahan operasi bentuk aljabar. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 1-8.

Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP dalam pembelajaran menggunakan model penemuan terbimbing (Discovery Learning). EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 76-85.

Mubin, F. (2020). Filfafat modern: aspek ontologis, epistemologis dan aksiologis. Preprints.

Ngazimah, A., & Zuchdi, D. (2020). Landasan ontologi, epistemologi, dan aksiologi dalam kajian pendidikan karakter. BAHASTRA, 40(2), 167-173.

Nopiyanti, N. (2016, November). Meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis argumen pada materi pokok lingkaran di SMP Negeri 3 Pemulutan Selatan. Nabla Dewantara, 1(2), 65-72.

Nurhayani, N. (2012). Konstruksi pemikiran filsafat matematika the liang gie dalam dunia pendidikan. Banjarmasin: Repository UIN Antasari Banjarmasin.

Nurhayati, N., & Bernard, M. (2019). Analisis kesulitan siswa dalam pemecahan masalah matematik siswa kelas X SMK bina insan bangsa pada materi persamaan dan pertidaksamaan. Journal on Education, 1(2), 497-502.

Septina, N., Farida, F., & Komarudin, K. (2018, Desember). Pengembangan lembar kerja siswa dengan pendekatan saintifik berbasis kemampuan pemecahan masalah. Tatsqif : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan, 16(2), 160-171.

Septyani, R. (2018). Pengembangan LKPD untuk menunjang gerakan literasi sekolah (GLS) pada materi relasi dan fungsi di kelas VIII. Palembang: FKIP Universitas Sriwijaya.

Sugiarti, L. (2018). Kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal operasi bentuk aljabar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia, (pp. 323-330).

Suriasumantri, J. S. (2015). Ilmu dalam perspektif. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Umbaryati, U. (2016). Pentingnya LKPD pada pendekatan scientific pembelajaran matematika. PRISMA : Prosiding Seminar Nasional Matematika (pp. 217-225). Semarang: Universitas Negeri Semarang.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i2.4646

Refbacks

  • There are currently no refbacks.