KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA PASCA PENGGUNAAN MEDIA VIDEO DENGAN PENDEKATAN PMRI DAN COLLABORATIVE LEARNING
(1) Universitas Sriwijaya
(2) Pendidikan Matematika, Universitas Sriwijaya
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis siswa pada materi PLSV setelah diterapkan pembelajaran menggunakan media video melalui pendekatan PMRI dan collaborative learning. Penggunaan media video yang berisikan sharing task dan jumping task dengan pendekatan PMRI dalam penelitian ini membuat siswa lebih tertarik dalam belajar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.4 SMP Negeri 1 Palembang dengan jumlah siswa 20 dari 34 orang siswa di kelas tersebut. Adapun penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, tes tertulis, dan wawancara dimana tes ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif. Setelah dilaksankannya penelitian didapatkan hasil bahwa kemampuan penalaran matematis siswa kelas VII.4 SMP Negeri 1 Palembang pada materi PLSV dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 61,475. Indikator kemampuan penalaran matematis yang paling sering muncul adalah indikator manipulasi matematika sedangkan indikator yang paling jarang muncul adalah indikator memeriksa kesahihan suatu argumen.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Astuti, E. P. (2018). Penalaran Matematis Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Surya Edukasi (JPSE), 83-91.
Fauziah, L. U., Hobri, & Oktavianingtyas, E. (2016). Penalaran Logis dalam Memecahkan Masalah Matematika Pokok Bahasan Aritmatika Sosial pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Jember. JURNAL EDUKASI 2016, III (1): 15-17, III (1), 15-17.
Firmadani, F. (2020). Media pembelajaran berbasis teknologi sebagai inovasi pembelajaran era revolusi industri 4.0. Konferensi Pendidikan Nasional. 2(1), 93-97.
Fitria, T. N. (2013). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berbahasa Inggris pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. MATHEdunesa, Vol. 2 (1). pp :1 - 8.
Idris, I., & Silalahi, D. K. (2016). Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia(PMRI) untuk Meningkatkan Kemampuan Penyelesaian Soal Cerita padaKelas VII A SMP UTY. Jurnal EduMatSains, 1 (1) Juli 2016, 73-82.
Izzah, K. H., & Azizah, M. (2019). ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS IV. Indonesian Journal Of Educational Research and Review, Vol. 2 No. 2, Juli 2019, 2010-2018.
Junita, M., Yusmin, E., & Suratman, D. (2019). KESULITAN BELAJAR SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL DI SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8, 1-8.
Kemendikbud. (2017). Panduan Implementasi Kecakapan Abad 21 Kurikulum 2013 di Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Direktorat Pembinaan SMA Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Laal, M., & Ghodsi, S. M. (2012). Benefits of collaborative learning. Procedia-social and behavioral sciences, 31, (pp. 486-490).
Meitrilova, A., & Putri, R. I. (2020). Learning design using PMRI to teach central tendency materials. The 7th South East Asia Design Research International Conference (SEADRIC 2019) (p. Conf. Series 1470 (2020) 012086). IOP Publishing.
Muthy, A. N., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis media pembelajaran e-learning melalui pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran matematika di rumah sebagai dampak 2019-nCoV. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 6(1), 94-103.
Octriana, I., Putri, R. I., & Nurjannah. (2019). PENALARAN MATEMATIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN POLA BILANGAN MENGGUNAKAN PMRI DAN LSLC. Jurnal Pendidikan Matematika Volume 13, No. 2, Juli 2019, 132-142.
Putra, R. C., Trapsilasiwi, D., & Kurniati, D. (2017). IDENTIFIKASI SIKAP DAN INTERAKSI SOSIAL SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL COLLABORATIVE LEARNING PADA POKOK BAHASAN KUBUS DAN BALOK KELAS VIII DI SMP NEGERI 4 JEMBER. KadikmA, 8(2), 105-115.
Putri, D. K., J. S., & Azizah, M. (2019). Kemampuan Penalaran Matematis Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah. International Journal of Elementary Education, Vol. 3, No. 3, 2019, 351-357.
Putri, R. I. (2019). New school mathematics curricula, PISA and PMRI in Indonesia. School Mathematics Curricula, (pp. 39-49). Springer, Singapore.
Putri, R. I., & Zulkardi. (2018). Noticing Students’ Thinking and Quality of Interactivity During Mathematics Learning. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 174, (pp. 549-553).
Rahmayanti, A., & Basir, M. A. (2020). Pengembangan video pembelajaran fungsi komposisi sebagai alternative bahan ajar untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis. JUPITEK, 3(2), 57-64.
Ratnamutia, S. A., & Pujiastuti, H. (2020). ANALISIS KESULITAN SISWA SMP DALAM MENGIDENTIFIKASI DAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA PERSAMAAN LINEAR SATU VARIABEL. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Vol.20 No.2 Tahun 2020, 189-199.
Sato, M. (2014). Dialog dan Kolaborasi di Sekolah Menengah Pertama Praktek “Learning Community”. Jepang: JICA.
Setyawan, F. (2017). Profil Representasi Siswa SMP Terhadap Materi Plsv Ditinjau Dari Gaya Belajar Kolb. JournalofMedives, Volume 1, No.2, Juli 2017, 82-90.
Sofyana, U. M., & Kusuma, A. B. (2018). Upaya meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa menggunakan pembelajaran generative pada kelas VII SMP Muhammadiyah Kaliwiro. KONTINU: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, Vol: 2, No.2, Oktober 2018, 11-23.
Suraji, Maimunah, & Saragih, S. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV). Suska Journal of Mathematics Education, Vol 4, No 1, 9-16.
Wibowo, A. (2017). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik dan Saintifik terhadap Prestasi Belajar, Kemampuan Penalaran Matematis dan Minat Belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika 4 (1), 2017, 1-10.
Wijaya, A. (2012). Pendidikan matematika realistik : suatu alternatif pendekatan pembelajaran matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Zulkardi, & Putri, R. I. (2010). Pengembangan blog support untuk membantu siswa dan guru matematika indonesia belajar pendidikan matematika realistic indonesia (PMRI). Jurnal inovasi perekayasa pendidikan (JIPP), 2(1), 1-24.
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i1.4643
Refbacks
- There are currently no refbacks.
.png)

.png)