PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS KONTEKSTUAL DENGAN MODEL LOGAN AVENUE PROBLEM SOLVING (LAPS)–HEURUSTIC UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS

Wahyu Anggraini(1*), Nurhanurawati Nurhanurawati(2), Caswita Caswita(3),

(1) Universitas Lampung
(2) Universitas Lampung
(3) Universitas Lampung
(*) Corresponding Author


Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis kontekstual yang dikembangkan dengan model Logan Avenue Problem Solving (LAPS)–Heurustic untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang valid, dan efektif. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Research and Development dengan menggunakan model penelitian menurut Borg dan Gall. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, angket, dan tes instrumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, desain pengembangan LKPD berbasis kontekstual dengan model Logan Avenue Problem Solving (LAPS)–Heurustic untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis memiliki kriteria valid. Kedua, rata-rata indeks gain kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang menggunakan LKPD berbasis kontekstual dengan model Logan Avenue Problem Solving (LAPS)–Heurustic lebih tinggi dari rata-rata indeks gain kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang tidak menggunakan LKPD, sehingga LKPD berbasis kontekstual dengan model Logan Avenue Problem Solving (LAPS)–Heurustic efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.


Keywords


Logan Avenue Problem Solving–Heurustic, LKPD, Kemampuan Pemecahan Masalah

References


Agustyarini, Y., & Jailani. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Matematika dengan Pendekatan Kontekstual dan Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan EQ dan SQ Siswa SMP Akselerasi. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 135–147.

Amam, A. (2017). Penilaian Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Jurnal Teori Dan Riset Matematika (TEOREMA), 2(1).

Ariani, S. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika Menggunakan Strategi Abduktif-Deduktif di SMA Negeri 1 Indralaya Utara. Jurnal Elemen, 3(1), 1–10.

Asmawati, R., & Wuryanto. (2014). Keefektifan Model Pembelajaran LC 5E Dan TSTS Berbantuan LKPD Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Kreano, 5(1), 26–32.

Azwardi, G., & Sugiarni, R. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Model Pembelajaran Laps-Heuristik. Pi: Mathematics Education Journal, 2(2), 62–68.

Basilaia, G., & Kvavadze, D. (2020). Transition to online education in schools during a SARS-CoV-2 coronavirus (COVID-19) pandemic in Georgia. Pedagogical Research, 5(4), 1–9.

Bowen. (2016). The Mathematics Major’s Handbook. Wooster: The College Of Wooster.

Capriora, D. (2015). Problem Solving-Purpose and Means of Learning Mathematics in School. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 1(9), 1859–1864.

Hutagol, K. (2013). Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Ilmiah Program Studi Matrmatika STKIP Siliwangi Bandung, 2(1), 85–99.

Irawati, R. K. (2015). The Effect of Problem Solving and Problem Posing Models and Innate Ability to Students Achievment. Jurnal Pendidikan Sains, 2(4), 184–192.

Jamil, A. F., & Dintarini, M. (2021). Students’ Activity in Online Learning Application Using LAPS-Heuristic Model in Geometry Material. Mathematics Education Journals, 5(1), 1–10.

Kamid, Marzal, J., Syaiful, Remalisa, Y., & Dewi, R. K. (2021). The Effect of The Laps-Heuristic Learning Model on Students’ Problem Solving Abilities. Journal of Educational Science and Technology, 7(1), 9–17.

Kang Sup, L., Dong-jou, H., & Jong Jin, S. (2003). A development of the test for mathematical creative problem solving ability. Journal of the Korea Society of Mathematical Education Series D: Research in Mathematical Education, 7(3), 163–189.

Krawec, J. L. (2014). Problem Representation and Mathematical Problem Solving of Students of Varying Math Ability. Journal of Learning Disabilities, 47(2), 103–115.

Kurniati, A. (2016). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Kontekstual Terintegrasi Ilmu Keislaman. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 4(1), 43–58.

Mawardi, K., Dewi, E., Asmah, S., Pratiwi, T., Sari, U., & Putra, F. (2019). Developing Islamic Nuanced Linier Algebra Module With Guided-Inquiry Approach in The Matrix Material. Journal of Physics: Conference Series, 1155(1), 12080.

Mulenga, E. M., & Marban, J. M. (2020). Prospective Teacher’s Online Learning Mathematics Activities in The Age of COVID-19 : A Cluster Analysis Approach. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 16(9), 1–9.

Mustofa, Z., Susilo, H., & Muhdhar, M. H. I. Al. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Melalui Pendekatan Kontekstual Berbasis Lesson Study Untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMA. Jurnal Pendidikan : Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(5), 885–889.

Noer, S. H. (2019). Desain Pembelajaran Matematika Edisi 2. Bandar Lampung: Graha Ilmu.

Novitasari, & Putra, R. W. Y. (2018). Analisis Proses Berpikir Kritis Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Rational Dan Guardian. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 1–13.

Nurhayati, N. (2018). Pengembangan Perangkat Bahan Ajar Pada Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Fibonacci : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(2), 121–136.

Panaoura, A., Michael-Chrysanthou, P., Gagatsis, A., Elia, I., & Philippou, A. (2017). A Structural Model Related to the Understanding of the Concept of Function: Definition and Problem Solving. International Journal of Science and Mathematics Education, 15(4), 723–740. https://doi.org/10.1007/s10763-016-9714-1

Rahayu, N., & Ramdhani, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran LAPS-Heuristik. Indonesia Mathematics Education, 2ion(2), 83–94.

Rizkiah, A. W., Nasir, & Komarudin. (2018). LKPD Discussion Activity Terintegrasi Keislaman dengan Pendekatan Pictorial Riddle pada Materi Pecahan. Desimal : Jurnal Matematika, 1(1), 39–47.

Suhaeni, Tandiayuk, M. B., & Rizal, M. (2016). Analisis Pemecahan Masalah Siswa Berkemampuan Matematika Tinggi Dalam Menyelesaikan Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Dikelas VII SMP Negeri 12 Palu. Aksioma, 5(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i1.4641

Refbacks

  • There are currently no refbacks.