KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DITINJAU DARI KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR’AN

Rahmawati Ainun Tantri(1*), Slamet Soro(2),

(1) 
(2) Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
(*) Corresponding Author


Abstract


Penelitian ini merupakan penlitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil kemampuan berpikir kritis matematis ditinjau dari kemampuan menghafal Al-Qur’an. Penelitian dilakukan di kelas XI IPA 4 SMA IT YAPIDH Bekasi. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini adalah tes tertulis, wawancara dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan pedoman wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa peserta didik dengan kemampuan menghafal Al-Qur’an tinggi memiliki kemampuan bepikir kritis matematis yang lebih baik daripada peserta didik dengan kemampuan menghafal Al-Qur’an sedang, sedangkan peserta didik dengan kemampuan menghafal Al-Qur’an sedang memiliki kemampuan berpikir kritis matematis yang lebih baik daripada peserta didik dengan kemampuan menghafal Al-Qur’an rendah. Adapun 8 standar kemampuan berpikir kritis matematis cukup dapat dipenuhi oleh peserta didik dengan kemampuan rendah, sedang ataupun tinggi meskipun masih memiliki beberapa kesalahan.

This research is a descriptive research using a qualitative approach. This study aims to describe the profile of mathematical critical thinking skills in terms of the ability to memorize the Qur'an. The research was conducted in class XI IPA 4 SMA IT YAPIDH Bekasi. The techniques used to collect data in this study were written tests, interviews and documentation. The instruments used in this study were tests and interview guidelines. The data analysis technique used from Miles and Huberman model. The results showed that students with high Al-Qur'an memorization skills had better mathematical critical thinking skills than students with moderate Al-Qur'an memorization abilities, while students with moderate Al-Qur'an memorization abilities better mathematical critical thinking than students with low Al-Qur'an memorization skills. The eight standards of mathematical critical thinking skills are sufficient to be met by the students with high, moderate and low Al-Qur’an memorization skills although they still have some mistakes.


Keywords


Berpikir Kritis Matematis; Matriks; Menghafal Al-Qur’an

References


Adiwijayanti, D. D., Purwati, H., & Sugiyanti. (2020). Pengaruh Hafalan Al-Qur’an terhadap Prestasi Belajar Matematika Sisw MTs. Journal of Mathematics and Mathematics Education, 1(2), 109–116. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21580/square.2019.1.2.4771

Bassham, G., Irwin, W., Nardone, H., & Wallace, J. M. (2013). Critical Thinking A Student’s Introduction (4th ed.). Mc Graw Hill.

Chukwuyenum, A. N. (2013). Impact of Critical thinking on Performance in Mathematics among Senior Secondary School Students in Lagos State. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME), 3(5), 18–25.

Fatmawati, H., Mardiyana, & Triyanto. (2014). Analisis Berpikir Kritis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat ( Penelitian pada Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Sragen Tahun Pelajaran 2013 / 2014 ). Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(9), 911–922.

Hamidah, L. (2018). High Order Thinking Skills (Tim Penerbit (ed.); 1st ed.). Desa Pustaka Indonesia.

Hidayat, W., Triyana, V., & Sari, A. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Adversity Quotient Siswa SMP. Jurnal Elemen, 5(2), 242–252. https://doi.org/10.29408/jel.v5i2.1454

Maulana. (2017). Konsep Dasar Matematika (R. Irawati (ed.); 1st ed.). UPI Sumedang Press.

Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan, 3(2), 155–158. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/10490

Rosikhoh, D., Mardhiyatirrahmah, L., & Abdussakir. (2019). Analisis Level Metakognisi Siswa Sekolah Menengah Atas Penghafal Al-Qur’an dalam Memecahkan Masalah Matematika. Academic Journal of Math, 01(02), 103–118. http://journal.staincurup.ac.id/index.php/arithmetic

Rosmaiyadi. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Dalam Learning Cycle 7E Berdasarkan Gaya Belajar. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro, 6(1), 12–19.

Salih, M. (2013). Konsep Pemikiran dan Kemahiran Berpikir Kritis dalam Pemikiran Kritis dan Kreatif. Penerbit Universiti Pendidikan Sultan Idris.

Siyoto, S., & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian (Ayup (ed.); 1st ed.). Literasi Media Publishing.

Stiyamulyani, P., & Jumini, S. (2018). Pengaruh menghafal al- qur’an terhadap highorder thingking skils (hots) ditinjau dari motivasi berprestasi mahasiswa. Jurnal Kajian Pendidikan Sains, IV(01), 25–40.

Sugiono. (2017). Metode Penelitian (25th ed.). Penerbit Alfabeta Bandung.

Umam, K. (2018). Profil Berpikir Geometris Vanhiele Siswa Penghafal AL – Qur ’ an dalam Memahami Hubungan Antar Segiempat berdasarkan Gaya Belajar dan Tahap Perkembangan Kognitif Piaget Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi 2015 , 22-23 April 2015 , Bandung , Ind. Prosiding Seminar Nasional Sains Dan Teknologi 2015, April 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i1.4636

Refbacks

  • There are currently no refbacks.