PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTU PROGRAM VISUAL BASIC PADA MATERI BARISAN ARITMATIKA

Asnurul Isroqmi(1), Rohana Rohana(2*), Vivi Novi Anjani(3),

(1) Universitas PGRI Palembang
(2) Universitas PGRI Palembang
(3) Universitas PGRI Palembang
(*) Corresponding Author


Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan manghasilkan suatu media pembelajaran berbantuan pemrograman Microsoft Visual Basic pada materi barisan aritmatika yang valid, praktis dan efektif. Model pengembangan yang digunakan yaitu model ADDIE dengan teknik pengumpulan data berupa angket, tes dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini ialah peserta didik kelas VIII SMPN 34 Palembang. Dari penelitian ini diperoleh hasil analisis uji validasi sebesar 83,8% dengan kategori valid. Selanjutnya hasil analisis uji kepraktisan diperoleh presentase sebesar 93,3% dengan kategori baik yang artinya media yang dikembangkan dikatakan praktis. Hasil analisis uji keefektifan diperoleh presentase sebesar 86,6%, sehingga media yang dikembangkan dikatakan efektif. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbantuan pemrograman Microsoft Visual Basic yang telah dikembangkan valid, praktis dan efektif.

This study aims to develop and produce a learning media aided by Microsoft Visual Basic programming on arithmetic sequence material that is valid, practical and effective. The development model used is the ADDIE model with data collection techniques in the form of questionnaires, tests and documentation. The subjects in this study were students of class VIII SMPN 34 Palembang. From this study, the results of the analysis of the validation test were 83.8% with a valid category. Furthermore, the results of the analysis of the practicality test obtained a percentage of 93.3% with a good category, which means that the developed media is said to be practical. The results of the analysis of the effectiveness test obtained a percentage of 86.6%, so the media developed was said to be effective. Thus it can be concluded that the learning media assisted by Microsoft Visual Basic programming that has been developed is valid, practical and effective.


Keywords


Bahasa Pemrograman; Barisan Aritmatika; Media Pembelajaran; Visual Basic

References


Bernard, M. (2018). Meningkatkan kemampuan berpikir kreatif mahasiswa matematik melalui pendekatan problem posing berbantuan visual basic application for microsoft excel. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(1),, 69-78.

Chotimah, S., Bernard, M., & Wulandari, S. M. (2018). Contextual approach using VBA learning media to improve students’ mathematical displacement and disposition ability. Journal of Physics: Conference Series, 948(1).

Dalimunthe, E. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Pokok Bahasan Barisan Aritmatika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Di Kelas XI MAS Darul Mursyidi Tapanuli Selatan . (Doctoral Dissertation, IAIN Padangsidimpuan).

Damayanti, P., & Qohar, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Powerpoint Pada Materi Kerucut. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(2), 119-124.

Faruq, F., Dafik, D., Suharto, S., Fatahillah, A., & Murtikusuma, R. P. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Online Pokok Bahasan Barisan Aritmetika Berbantuan Microsoft Visual Basic. KadikmA, 9(2), 89-97.

Hardianto, D. (2012). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer. . Majalah Ilmiah Pembelajaran.

Kuswanto, J. ( 2017). Pengembangan Game Berhitung dengan Menggunakan Visual Basic 6.0 pada Mata Pelajaran Matematika Kelas II di SD Negeri. JURNAL EDUCATIVE: Journal of Educational Studies, 2(1), 59-67.

Lailiyah, N. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Online Menggunakan Schoology Berbantuan Microsoft Visual Basic Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel.

Mufakat, T., & Usman, M. R. (2020). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soalpola Bilangan Ditinjau Dari Adversity Quotient Kelas VIII SMP Negeri 26 Makassar. Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 75-85.

Nasution, H. M. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran VBA (Visual Basic Application) For Powerpoint Pada Materi Segi Empat di Kelas VII MTs Lab IKIP UMN AlWasliyah. Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Oktaviani, R., & Dewi, D. P. (2020). Analisis Motivasi Belajar Siswa SMPN 8 Cimahi Menggunakan Media Visual Basic for Application Berbasis Microsoft Excel pada Materi Pecahan. Analisis Motivasi Belajar Siswa SMPN 8 Cimahi Menggunakan Media Visual Basic for AppliJURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(2), 133-140.

Pertiwi, C. M., Jayanti, R. A., & Afrilianto, M. (2018). Asosiasi antara Kemampuan Generalisasi Matematik dengan Self-Concept Siswa SMP yang Menggunakan Strategi Pembelajaran Berbasis VBA Microsoft Excel. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 371-382.

Rahmah, N. (2013). Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1-10.

Rusdi. (2019). Penelitian Desain dan Pengembangan kependidikan Konsep, Prosedur dan sintesis Pengetahuan Baru. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik dalam Pembelajaran Matematika. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 2(1), 58-67.

Sugandi, A. I., & Maya, R. (2020). Pelatihan Menanamkan Konsep Bilangan Pecahan Untuk Guru-Guru Sd Dengan Menggunakan Visual Basic Application ((Vba)) For Microsoft Excel Di Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung. Abdimas Siliwangi, 3(1), 60-73.

Sutawidjaja, A., & Dahlan, J. A. (2014). Pembelajaran Matematika. Jakarta: UT Press.

Trilaksono, D., Darmadi, D., & Murtafi'ah, W. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Menggunakan Adobe Flash Professional Berbasis Literasi untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika , 7(2), 180-191.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i1.4633

Refbacks

  • There are currently no refbacks.