ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA BERDASARKAN TEORI PEMROSESAN INFORMASI DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF

Della Novalita(1*), Kamid Kamid(2), Haryanto Haryanto(3),

(1) UNIVERSITAS JAMBI
(2) Universitas Jambi
(3) Universitas Jambi
(*) Corresponding Author


Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan teori pemrosesan informasi ditinjau dari gaya kognitif siswa. Penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif yang bersifat desktiptif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes tertulis dan wawancara.Teknik analisis data yaitu  pertama pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan terakhir penarikan kesimpulan atau verifikasi. Instrument dalam penelitian ini adalah tes GEFT sebagai tes penentuan calon subjek penelitian, tes tertulis berupa soal cerita, dan pedoman wawancara. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 2 siswa yang memiliki gaya kognitif field independent (FI) dan 2 siswa yang memilki gaya kognitif field dependent (FD). Hasil penelitian menunjukkan bahwa informasi berupa soal cerita yang diterima siswa FI dan FD masuk ke sensory register melalui indra penglihatan. Siswa FI dan FD mampu memberi attention (perhatian) terhadap soal sehingga muncul perception (pendapat) tentang konsep/rumus dan mengaplikasikannya di short term memory. Saat retrieval (pemanggilan kembali) konsep yang dibutuhkan darilong term memorysiswa FD banyak mengalami kesulitan, sehingga terdapat siswa FD yang tidak mampu mengaplikasikan konsep yang dibutuhkan di short term memory. Faktor penyebab kesulitan siswa lebih banyak muncul dari dalam diri siswa dan lebih sedikit muncul dari luar diri siswa.

The purpose of this study was to describe students' difficulties in solving math story problems based on information processing theory in terms of students' cognitive styles. This research is a descriptive qualitative approach. Data collection techniques using written tests and interviews. The data analysis technique is the first data collection, data reduction, data presentation, and finally drawing conclusions or verification. The instruments in this study were the GEFT test as a test for determining prospective research subjects, a written test in the form of story questions, and interview guidelines. The subjects in this study consisted of 2 students who had a field independent cognitive style (FI) and 2 students who had a field dependent cognitive style (FD). The results showed that information in the form of story questions received by FI and FD students entered the sensory register through the sense of sight. FI and FD students are able to pay attention to the questions so that their perception about the concept/formula appears and apply it in short term memory. When retrieval (recall) the required concepts from long term memory FD students experience many difficulties, so there are FD students who are not able to apply the concepts needed in short term memory. Factors causing student difficulties arise more from within students and less from outside students.


Keywords


Cognitive style; Difficulty learning mathematics; Information processing theory; Math story problem.

References


Akramunnisa, Tahmir, S., & Dassa, A. (2017). Ability analysis based on math problem completing the early math skills and cognitive style on class VIII SMPN 13 Makassar. 5(1), 14–26.

Amamah, S., Sa’dijah, C., & Sudirman. (2016). Proses Berpikir Siswa Smp Bergaya Kognitif Field Dependent Dalam Menyelesaikan. Pendidikan, 1, 237–245.

Basir, M. A. (2015). Kemampuan Penalaran Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Gaya Kognitif. Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Unissula, 3(1), 106–114.

Gagne, R. M. (1985). The Condition of Learning Third edition. Rinehart and Winston, Inc.

Gurbin, T. (2015). Enlivening The Machinist Perspective: Humanising The Information Processing Theory With Social And Cultural Influences. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 197(February), 2331–2338. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.07.263

Handayani, K. I., M, D., & Kamid, K. (2021). Pemahaman Siswa Berdasarkan Teori APOS Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependence dan Field Independence. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1650–1660. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.659

Hikmawati, Kamid, & Syamsurizal. (2013). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Dan Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Viii Madrasah Tsanawiyah. Tekno-Pedagogi, 3(2), 1–11.

Istiqomah, N., & Rahaju, E. B. (2014). Proses Berpikir Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika berdasarkan Gaya Kognitif pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. Mathedunesa Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 144–149.

Kamid, Rusdi, M., Fitaloka, O., Basuki, F. R., & Anwar, K. (2020). Mathematical communication skills based on cognitive styles and gender. International Journal of Evaluation and Research in Education, 9(4), 847–856. https://doi.org/10.11591/ijere.v9i4.20497

Kusaeri, K. (2018). Proses Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Teori Pemrosesan Informasi. Suska Journal of Mathematics Education, 4(2), 125. https://doi.org/10.24014/sjme.v4i2.6098

Latipah, E. (2017). Psikologi dasar. PT Remaja Rosdakarya.

Nabillah, T., & Abadi, P. A. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Sesiomadika, 2(3), 659–663.

Ngilawajan, D. A. (2013). Proses berpikir siswa sma dalam field independent dan field dependent. Pedagogia, 2(1), 71–83.

Nurhikmayati, I. (2017). Analisis kesulitan belajar mahasiswa pada matakuliah matematika dasar. Theorems, 2(1), 74–85. http://jurnal.unma.ac.id/index.php/th/article/view/576

Pratiwi, D. D., Sujadi, I., & Pangadi. (2013). Kemampuan komunikasi matematis dalam pemecahan masalah matematika sesuai dengan gaya kognitif pada siswa kelas IX SMP Negeri 1 Surakarta tahun pelajaran 2012/2013 [Mathematical communication skills in solving math problems in accordance with the cognitive. 525–538.

Rumasoreng, M. I., & Sugiman. (2014). Analisis Kesulitan Matematika Siswa Sma/Ma Dalam Menyelesaikan Soal Setara Un Di Kabupaten Maluku Tengah. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 22. https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i1.2661

Solso, R. L., Maclin, O. H., & Maclin, M. K. (2008). Psikologi kognitif edisi kedelapan. PT Gelora Aksara Pratama.

Syahlan. (2017). Sepuluh Strategi dalam Pemecahan Masalah Matematika. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 4(6), 358–369.

Witkin. (1973). The role of cognitive style in academic performance and in teacher-student relations. Research Bulletin, 61.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i1.4632

Refbacks

  • There are currently no refbacks.