PENALARAN MATEMATIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN FUNGSI KUADRAT MENGGUNAKAN PMRI DAN COLLABORATIVE LEARNING BERBANTU MEDIA VIDEO
(1) 
(2) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis siswa setelah dilakukannya kegiatan pembelajaran yang menggunakan pendekatan PMRI dan collaborative learning berbantuan media video dengan materi pokok fungsi kuadrat. Selama proses pembelajaran peneliti menggunakan media video yang berisikan permasalahan sharing task dan jumping task guna memunculkan ide-ide kreatif siswa dan meningkatkan daya tarik siswa dalam belajar.Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX.4 SMP Negeri 1 Palembang yang berjumlah 22 dari 33 siswa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes tertulis dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Setelah dilakukannya penelitian di kelas IX.4 SMP Negeri 1 Palembang pada materi fungsi kuadrat dengan menggunakan media video melalui pendekatan PMRI dan collaborative leaning, diperoleh hasil bahwa kemampuan penalaran matematis siswa tergolong dalam kategori baik dengan rata-rata 61,41 dengan indikator yang paling sering muncul adalah manipulasi matematika dan indikator yang paling jarang muncul adalah indikator memeriksa keshahihan suatu argumen.
Kata Kunci: Collaborative Learning; Fungsi Kuadrat; Kemampuan Penalaran Matematis; Media Video; PMRI.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Akbarita, R., & Narendra, R. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Membantu Meningkatkan Kemampuan Penalaran Siswa SMK pada Materi Fungsi, Persamaan Fungsi Linier, dan Fungsi Kuadrat. BRILLIANT: Jurnal Riset dan Konseptual, 4(1), 1-4.
Aziz, H. E., & Hidayati, N. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP pada Materi Aritmatika Sosial. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika, (pp. 824-828).
Fitriyanti, dkk. (2021). Implementasi Metode Collaborative Learning Dalam Pembelajaran Statistika Untuk Meningkatkan Keterampilan 4C (Critical and Problem Solving Skills, Collaboration Skills, Communication Skills, And Creativity and Innovation Skills) Pada Siswa Kelas XI. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 249-259.
Hariati, P. N., dkk. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Video Animasi Terhadap Respon Siswa dalam Pembelajaran Matematika pada Materi Operasi Bilangan Bulat. Jurnal Pembelajaran dan Matematika Sigma (JPMS), 6(1), 18-22.
Hiltrimartin, C., & Pratiwi, Y. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Materi Fungsi Kuadrat Melalui Penerapan Model Inkuiri Terbimbing di Kelas IX.4 SMP Negeri 1 Palembang. Lentera Sriwijaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 46-54.
Isnurani. (2018). Pengembangan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Multi Representasi di SMP. Jurnal Saintika UNPAM, 1(1), 20-34.
Julaeha, S., & Kadarisma, G. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP pada Materi Fungsi Kuadrat. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(6), 663-670.
Lasmi. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Accelerated Instruction (TAI) yang Berorientasi Teori Apos pada Materi Fungsi Kuadrat di Kelas X-MIA MAN 2 Banda Aceh. Al Khawarizmi, 1(1), 33-50.
Lestari, I., dkk. (2016). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistic. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1(2), 45-50.
Madio, S. S. (2016). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Penalaran dan Komunikasi Matematis Siswa SMP dalam Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Sriwijaya, 10(2), 93-108.
Metrilova, A., & Putri, R. (2020). Learning Design Using PMRI to Teach Central Tendency Materials. IOP Conf. Series: J. Phys. Conf. Ser. 1470 (2020) 012086.
Mirlanda, E. P., dkk. (2020). Pengaruh Pembelajaran Flipped Classroom terhadap Kemampuan Penalaran Matematis ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 11-21.
Muthy, A. N., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Media Pembelajaran E-Learning melalui Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran Matematika di Rumah sebagai Dampak 2019-nCoV. Jurnal Math Educator Nusantara (JMEN), 6(1), 94-103.
Nur, A. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Collaborative Learning Berbasis Kearifan Lokal untuk Meningkatkan Karakter Nasionalisme dan Kreatif. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 1-10.
Nurdin, E., dkk. (2019). Pemanfaatan Video Pembelajaran Berbasis Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMK. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 87-98.
Octriana, I., dkk. (2019). Penalaran Matematis Siswa dalam Pembelajaran Pola Bilangan menggunakan PMRI dan LSLC. Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), 13(2), 131-142.
Priyati, & Mampouw, H. L. (2018). Pemberian Scaffolding untuk Siswa yang Mengalami Kesalahan dalam Menggambar Grafik Fungsi Kuadrat. JTAM, 2(1), 87-95.
Putra, R. C., dkk. (2017). Identifikasi Sikap dan Interaksi Sosial Siswa pada Pembelajaran Matematika dengan Model Collaborative Learning pada Pokok Bahasan Kubus dan Balok Kelas VIII di SMP Negeri 4 Jember. Kadikma, 8(2), 105-113.
Putri, RII. (2019). New School Mathematics Curricula, PISA and PMRI in Indonesia. School Mathematics Curricula. (pp. 39-49). Singapore: Springer.
Putri, RII., & Zulkardi. (2018). Noticing Students' Thinking and Quality of Interactivity During Mathematics Learning. Proceedings of First Indonesian Communication Forum of Teacher Training and Education Faculty Leaders International Conference on Education 2017 (ICE 2017). Paris: Atlantis Press.
Putri, RII., & Zulkardi. (2019). Designing Jumping Task on Percent Using PMRI and Collaborative Learning. International Journal on Emerging Mathematics Education, 3(1), 105-116.
Rahmayanti, A., dkk. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran Fungsi Komposisi Sebagai Alternative Bahan Ajar untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis. JUPITEK, 3(2), 57-64.
Sato, M. (2014). Dialog dan Kolaborasi di Sekolah Menengah Pertama ~Praktek "Learning Community". Jepang: JICA.
Siregar, S. (2017). Efektivitas Penggunaan Simulasi Geogebra pada Pembelajaran Grafik Fungsi Kuadrat. Edumatica, 7(1), 11-20.
Wibowo, A. (2017). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistic dan Saintifik terhadap Prestasi Belajar, kemampuan Penalaran Matematis, dan Minat Belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(1), 1-10.
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i1.4622
Refbacks
- There are currently no refbacks.
.png)

.png)