PEMBELAJARAN DIGITAL INTERAKTIF BERBASIS NETBOARD.ME DAN BOOKCREATOR
(1) 
(2) Universitas Negeri Gorontalo
(3) Universitas Negeri Gorontalo
(4) Universitas Negeri Gorontalo
(5) Universitas Muhammadiyah Sorong
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan efektivitas pembelajaran digital interaktif berbasis netboard.me dan bookcreator ditinjau dari aktivitas belajar, motivasi dan minat, serta hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain one grup pretest postest. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan matematika fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas muhammadiyah sorong, dengan sampel penelitian pada mahasiswa semester V mata kuliah transformasi geometri yang berjumlah 10 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar pengamatan aktivitas mahasiswa, lembar angket motivasi dan minat mahasiswa, serta tes hasil belajar mahasiswa (pretes-postest). Data hasil penelitian di analisis menggunakan statistik deskriptif dan infrensial dengan bantuan program SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan rata-rata skor hasil aktivitas mahasiswa setiap pertemuan kecuali pada pertemuan ke tiga dan keempat mempunyai rata-rata yang sama dengan total rata-rata mencapai 3,5 dengan persentase 70% dengan kategori “baik”, berdasarkan data hasil belajar menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar pada saat pretest dan postest dengan rata-rata skor pretest 5,8 meningkat menjadi 69,8 saat postest. hasil angket motivasi dan respon menunjukkan rata-rata skor minimal 2,5 dan rata-rata skor maksimal 3,1 dengan kategori setuju bahwa pelaksanaan pembelajaran berbasis digital interaktif berbasis netboard.me dan bookcreator dapat meningkatkan motivasi dan minat belajarnya. Hasil statistik infrensial menunjukkan bahwa hasil uji hipotesis menghasilkan nilai signifikansi 0,020 dengan taraf kesalahan 5%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran digital interaktif berbasis netboard.me dan bookcreator efektif diterapkan pada mahasiswa semester V program studi pendidikan matematika fakultas keguruan dan ilmu pendidikan Universitas Muhammadiyah Sorong dengan mata kuliah transformasi geometri.
Abstract
The purpose of this research is to describe the effectiveness of interactive digital learning based on netboard.me and bookcreator in terms of learning activities, students’ motivation, interests, and the outcomes. This is quantitative research and consist one group pretest-posttest design. The participant was the fifth-semester students of mathematics education program at the Muhammadiyah University of Sorong. It cinsisted of 10 students from geometry transformation subject. The instruments were observation of students’ activities, motivation, and interest, as well as student learning outcomes tests (pretest-posttest). The data analyzed by using statistic descriptive and inferential SPSS 25 program. It found the enhancement in average score of students’ activity in each meeting except third and fourth meetings which have same total average (3.5) in percentage 70% in the "good" category, based on learning outcomes data showed that there was enhancement in learning outcomes at pretest and posttest with average pretest score of 5.8 increased to 69.8 at the posttest. Furthermore, the motivation and response questionnaire showed average score of at least 2.5 and maximum avarage 3.1 with the category agreeing that implementation of interactive-based learning based on netboard.me and bookcreator are increasing motivation and interest in learning.
From the inferential statistics showed hypothesis test yield significance of 0.020 with an error rate of 5%. Thus, it can be said that interactive digital learning based on netboard. me and bookmakers is effective to be applied for fifth-semester students of mathematic education program at University of Muhammadiyah Sorong with the subject of geometric transformation.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Anangsetyo, Arie, Muhammad Syahrul Kahar, Rahmatullah Bin Arsyad, Muhammad Fathurrahman, Hilman DJafar, Wenny Hulukati, and Abdul Kadir Husain. 2021. “Motivasi Belajar Mahasiswa Dalam Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19.” Pedagogika 12(Nomor 1):13–20. doi: 10.37411/pedagogika.v12i1.608.
Annur, Muhammad Firman, and Hermansyah. 2020. “Analisis Kesulitan Mahasiswa Pendidikan Matematika Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan 11:195–201.
Asmuni, Asmuni. 2020. “Problematika Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19 Dan Solusi Pemecahannya.” Jurnal Paedagogy 7(4):281. doi: 10.33394/jp.v7i4.2941.
Dharmaadi, I. Putu Arya. 2021. “Mendukung Proses Pembelajaran Jarak Jauh Di Era.” 18(2):195–205.
Fauzy, Alwan, and Puji Nurfauziah. 2021. “Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi COVID-19 Di SMP Muslimin Cililin.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 5(1):551–61. doi: 10.31004/cendekia.v5i1.514.
Hanum, Numiek Sulistyo. 2013. “Keefetifan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran (Studi Evaluasi Model Pembelajaran e-Learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto).” Jurnal Pendidikan Vokasi 3(1):90–102. doi: 10.21831/jpv.v3i1.1584.
Hasanudin, Cahyo, RM Teguh Supriyanto, and Rahayu Pristiwati. 2020. “Elaborasi Model Pembelajaran Flipped Classroom Dan Google Classroom Sebagai Bentuk Self-Development Siswa Mengikuti Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Era Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).” Jurnal Intelegensia 8(2):85–97.
Layn, M. R., Setyo, A. A., & Musaad, F. (2022). Analisis Hasil Belajar dan Respon Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Matematika secara Blended Learning Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 215-222.
Lestari, Karunia Eka, and M. .. Yudhanegara. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. PT Refika Aditama: PT Refika Aditama.
Maemunah. 2018. “Kebijakan Pendidikan Pada Era Revolusi Industri 4.0.” Prosiding Seminar Nasional Pengambdian 2018 Univeristas Muslim Nusantara Al-Washliyah (September):1–8.
Masfingatin, Titin, Wasilatul Murtafiah, Ika Krisdiana, Reza Kusuma Setyansah, and Vera Dewi Susanti. 2021. “Multimodal Model Melalui E-Learning Pada Mata Kuliah Geometri Bidang Di Masa Pandemi Covid 19.” AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 10(1):73. doi: 10.24127/ajpm.v10i1.3414.
Meilani. H, Indra Satriadi, Sony Oktapriandi, Meilani, and Desi Aprianti. 2021. “PEMANFAATAN APLIKASI DIGITAL LEARNING ”NETBOARD.ME” DALAM PEMBELAJARAN DARING.” Vol.& No.1:1–8.
Sari, Atmira Qurnia, Y. L. Sukestiyarno, and Arief Agoestanto. 2017. “Batasan Prasyarat Uji Normalitas Dan Uji Homogenitas Pada Model Regresi Linear.” Unnes Journal of Mathematics 6(2):168–77. doi: 10.15294/ujm.v6i2.11887.
Satriani, Rafika Dewi, Muhammad Nur Wangid, and Purwono PA. 2020. “Pengaruh Edmodo Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Dan Kemandirian Belajar Mahasiswa.” AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 9(4):1137. doi: 10.24127/ajpm.v9i4.3181.
Siti Rodi’ah, Isatul Hasanah,. 2021. “Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Berbantu Media Book Creator Digital Dalam Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Siswa Pada Tingkat Sekolah Dasar.” Continuous Education: Journal of Science and Research 2(2):23–35. doi: 10.51178/ce.v2i2.225.
Untarti, Reni, and Anggun Badu Kusuma. 2018. “Melalui Lesson Study Pada Mata Kuliah.” Pendidikan Matermatika Dan IPA 9(1):15–30.
Yuliani, Refi Elfira, Rieno Septra Nery, Nila Kesumawati, and Universitas Muhammadiyah Palembang. 2021. “PENGEMBANGAN INSTRUMEN KESIAPAN GURU MATEMATIKA PADA PEMBELAJARAN DARING DALAM PERSPEKTIF TPACK Universitas Muhammadiyah Palembang , Indonesia Universitas PGRI Palembang , Indonesia PENDAHULUAN Eksponensial Digitalisasi Di Era Pandemi Corona Virus Disease.” 10(3):1360–72.
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i1.4610
Refbacks
- There are currently no refbacks.
.png)

.png)