PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DENGAN KONTEN NILAI ISLAM MATERI HIMPUNAN
(1) Universitas Muhammadiyah Palembang
(2) Universitas Muhammadiyah Palembang
(3) Universitas Muhammadiyah Palembang
(*) Corresponding Author
Abstract
Penelitian ini bertujuan menghasilkan LKPD berbasis CTL kelas VII MTs yang valid, praktis serta memiliki efek potensial terhadap hasil belajar. LKPD berbasis CTL ini dikembangkan dengan mengaitkan konten nilai Islam pada salah satu ayat Al-Qur’an yang relevan dengan materi himpunan. Dua tahap besar penelitian pengembangan ini yaitu : (1) Preliminary, dan (2) Formative Evaluation. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VII MTs Etika Estetika Semuntul sebanyak 23 orang. Pengumpulan data dengan walkthrough, dokumentasi dan tes. Analisis data berupa analisis produk LKPD dengan melihat hasil walkthrough dan dokumentasi tahap one to one, expert review serta small group,dan analisis data tes diperoleh dari tahap field test. Berdasarkan hasil analisis produk, diperoleh LKPD yang valid dan praktis. Valid terlihat dari hasil penilaian pakar (validator) isi/ konten (sesuai CTL dan konten nilai Islam), pakar konstruk (sesuai karakteristik LKPD), dan pakar bahasa (sesuai PEUBI). Praktis dilihat dari hasil penilaian peserta didik pada uji coba small group dimana peserta didik menyatakan LKPD yang diberikan mudah dipahami. Efek potensial dilihat dari hasil tes evaluasi. Berdasarkan analisis data tes, rata-rata nilai peserta didik yaitu 84,78%, menunjukkan hasil belajar peserta didik tergolong kategori baik. Sehingga disimpulkan LKPD yang telah dikembangkan memiliki efek potensial terhadap hasil belajar peserta didik
This study aims to produce a CTL-based LKPD for class VII MTs that is valid, practical and has a potential effect on learning outcomes. This CTL-based LKPD was developed by linking the content of Islamic values to one of the verses of the Qur'an that is relevant to the set material. The two major stages of this development research are: (1) Preliminary, and (2) Formative Evaluation. The research subjects were 23 students of class VII MTs Aesthetics Ethics Semuntul. Data collection by walkthrough, documentation and tests. Data analysis is in the form of LKPD product analysis by looking at the walkthrough and documentation of the one to one stage, expert review and small group, and analysis of test data obtained from the field test stage. Based on the results of product analysis, obtained valid and practical LKPD. Validity can be seen from the results of expert assessments (validators) of content (according to CTL and Islamic value content), construct experts (according to LKPD characteristics), and language experts (according to PEUBI). Practically seen from the results of student assessments in small group trials where students stated that the LKPD given was easy to understand. The potential effect is seen from the results of the evaluation test. Based on the analysis of test data, the average score of students is 84.78%, indicating that the learning outcomes of students are classified as good category. So it can be concluded that the LKPD that has been developed has a potential effect on student learning outcomes
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Akker, J. Van Den. (1999). Principles and Methods of Development Research. In Design Approaches and Tools in Educational and Training (pp. 1–14). Kluwer Academic Publisher.
Anggreni, W., Astuty Yensy B, N., & Muchlis Efrida, E. (2020). Penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning (ctl) untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 4(2), 229–237.
Arikunto, S. (2015). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta.
Fitriza, R., Szah Putra, M., & Samad, D. (2020). Pengembangan lembar kerja peserta didik berwawasan al-qur’an dan budaya minangkabau dalam pembelajaran matematika kelas x. Aksioma: jurnal program studi pendidikan matematika, 9(4), 1159–1171. https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/matematika/article/view/3212
Kemendikbud. (2018a). Salinan Lampiran I Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 35 Tahun 2018 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 58 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah. jdih.kemendikbud.go.id.
Kemendikbud, T. (2018b). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2018 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti Dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendi. Kemendikbud.
Manurung, M. M., Windria, H., & Arifin, S. (2018). Desain Pembelajaran Materi Himpunan Dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Untuk Kelas VII. Journal Derivat, 5(1), 19–29. https://journal.upy.ac.id/index.php/derivat/article/view/143/135
Martin Tessmer. (1993). Planning and Conducting Formative Evaluations Improving the Quality of Education andTraining. Kogan Page.
Munandar, A., & Rizki, S. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Komputer Menggunakan Flipbook Maker Disertai Nilai Islam pada Materi Peluang. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 262–269. https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/matematika/article/view/1957/pdf
Muslimin, Ratu Ilma Indra Putri, Zulkardi, & Aisyah, N. (2020). Learning_Integers_With_Realistic_Mathematics_Educa (Matematika Islam Internasional 1. Journal on Mathematics Education, 11(3), 363–384. https://www.researchgate.net/publication/343969972_LEARNING_INTEGERS_WITH_REALISTIC_Mathematics_Education_Approach_Based_On_Islamic_Values/link/5f4a8f11a6fdcc14c5e25719/download
MZ, Z. A., Anggraini, F., Kusnadi, K., & Alfiah, A. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (Lkpd) Matematis Berbasis Pbl Terintegrasi Nilai-Nilai Islam di Sekolah Dasar Islam Terpadu. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 3(2), 168–178. https://e-journal.adpgmiindonesia.com/index.php/jmie/issue/view/JMIE
Nihayati. (2017). Integrasi Nilai-Nilai Islam Dengan Materi Himpunan (Kajian Terhadap Ayat-Ayat Al-Qur’an). Jurnal Edumath, 3(1), 65–77. https://ejournal.umpri.ac.id/index.php/edumath/article/view/285
Oktaviana, D., Prihatin, I., & Fahrizar, F. (2020). Pengembangan Media Pop-Up Book Berbasis Contextual Teaching and Learning Dalam Pencapaian Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Smp. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 1. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2543
Pujiastuti, H., Haryadi, R., & Solihati, E. (2021). Pengembangan Modul Matematika Berbasis Kontekstual pada Materi Aljabar. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 63–72. https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/matematika/article/view/3392
Rahmawati, A., & Swaditya, R. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Nilai-Nilai Islam pada Materi Aritmatika Sosial. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(1), 81–88. https://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/matematika/issue/view/109
Wulandari, S., Febrini, D., & Santi Syafri, F. (2020). Pengembangan Modul Matematika yang Terintegrasi Nilai-Nilai Islam Berbasis Pendekatan Saintifik pada Materi Himpunan. Jurnal Equation: Teori Dan Penelitian Pendidikan Matematika, 3(2), 206–220. https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/equation/issue/view/372
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i1.4536
Refbacks
- There are currently no refbacks.
.png)

.png)