PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN READING TO LEARN TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA SISWA PADA MATERI PERSAMAAN KUADRAT

Fridgo Tasman(1*), Afifah Dewanti(2), Dhiyanti Wardani Hutapea(3), Putu Ayu Kurnia SN(4), Ahmad Sanusi Lubis(5),

(1) Jurusan Matematika, Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(3) Universitas Negeri Padang
(4) SMPN 6 Padang Panjang
(5) 
(*) Corresponding Author


Abstract


Kemampuan literasi matematika menjadi kemampuan yang dibutuhkan pada era society 5.0. Namun fakta di lapangan menyatakan bahwa tingginya tuntutan zaman terhadap kemampuan literasi matematika berbanding terbalik dengan tingkat kemampuan literasi matematika Indonesia yang masih rendah. Fakta ini dibuktikan oleh data hasil Programme for International Student Assesment (PISA) yang menunjukkan posisi Indonesia berada pada peringkat bawah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran Reading To Learn (R2L) terhadap peningkatan kemampuan literasi matematika siswa khususnya pada materi persamaan kuadrat. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pre-experimental design dengan desain one group pretest-posttest dan teknik pengambilan sampel menggunakan stratified random sampling dengan 15 orang siswa kelas IX SMPN 6 Padang Panjang sebagai sampel. Instrumen untuk mengumpulkan data berupa tes tertulis yang dibuat sesuai indikator keterampilan literasi matematika pada materi persamaan kuadrat sebanyak 5 soal dan disertai dengan wawancara. Data hasil analisis N-Gain menunjukkan rata – rata peningkatan hasil pretest dan posttest siswa yang berada pada skor 67,75% dengan kategori cukup efektif. Sehingga disimpulkan model pembelajaran Reading To Learn (R2L) cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan literasi matematika siswa.


Keywords


Reading To Learn, Literasi Matematis

References


Alfassi, M. (2004). Reading to learn: Effects of combined strategy instruction on high school students. Journal of Educational Research, 97(4), 171–185. https://doi.org/10.3200/JOER.97.4.171-185

Arikunto, S. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 120–123.

Baswedan. (2014). Gawat Darurat Pendidikan di Indonesia pendidikan Indonesia. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Borasi, R., & Siegel, M. (2013). Mathematics : Connections , New Questions , New Challenges *, 10(3), 9–16.

Brown, I. S., & Felton, R. H. (1990). Effects of instruction on beginning reading skills in children at risk for reading disability. Reading and Writing, 2(3), 223–241. https://doi.org/10.1007/BF00257973

Connolly, P., & Vilardi, T. (1989). Writing to learn mathematics and science. ERIC.

Fatwa, V. C., Septian, A., & Inayah, S. (2019). Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Instruction. Mosharafa, 8(3), 389–398.

Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(01), 30–41. https://doi.org/10.29408/jga.v4i01.2018

Hubner, N. (2019). Reading to Learn? The Co-Development of Mathematics and Reading During Primary School. Αγαη, 8(5), 55.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian pendidikan matematika. Bandung: PT Refika Aditama, 2(3).

Nadz, T. F. (2013). Pembelajaran Melalui Metode Problem Based Instruction ( Pbi ) Dengan Metode Konvensional. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(September), 191–202. Retrieved from https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv2n3_5/212

OECD. (2012). PISA 2012 Results in Focus.

OECD. (2016). Results from PISA 2015: Indonesia. Oecd, 1–8.

Retrieved from https://www.oecd.org/pisa/PISA-2015-Indonesia.pdf

OECD. (2019). PISA 2018 Results (Volume II): Where All Students Can Succeed. OECD Publishing (Vol. II). Retrieved from https://www.oecd.org/pisa/publications/PISA2018_CN_IDN.pdf

Prabawati, M. N. (2018). Analisis Kemampuan Literasi Matematik Mahasiswa Calon Guru Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 113–120. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.347

Ronis, D. L. (2008). Problem-based learning for math & science: Integrating inquiry and the internet. Corwin Press.

Rose, D. (2011). Beating educational inequality with an integrated reading pedagogy. Literacy and Social Responsibility: Multiple Perspectives, (March), 101–115. https://doi.org/10.1558/equinox.19396

Rose, D. (2018). Doing maths : ( de ) constructing procedures for maths processes Doing maths : ( de ) constructing procedures for maths processes. Studying Science: New Insights into Knowledge and Language in Education., (March). https://doi.org/10.13140/RG.2.2.19268.73604

Rose, D. (2020). Designing pedagogic registers: Reading to learn. Developing Theory: A Handbook in Appliable Linguistics and Semiotics, (July).

Smagorinsky, P. (2001). If meaning is constructed, what is it made from? Toward a cultural theory of reading. Review of Educational Research, 71(1), 133–169. https://doi.org/10.3102/00346543071001133

Sugiyono. (2009). Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta. Cet. Vii.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.4535

Refbacks

  • There are currently no refbacks.