ANALISIS PENYEBAB MISKONSEPSI SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI OPERASI HITUNG PECAHAN

Resti Komalasari(1*), Shanti Elsiana(2), Ani Sulastri(3), Enisri Eratika(4), Seni Sartika(5), Nova Jufriadi(6), Sulistio Sulistio(7),

(1) UINFAS Bengkulu
(2) Universitas Islam Negeri Fatmawati Soekarno, Bengkulu
(3) Universitas Islam Negeri Fatmawati Soekarno, Bengkulu
(4) Universitas Islam Negeri Fatmawati Soekarno, Bengkulu
(5) Universitas Islam Negeri Fatmawati Soekarno, Bengkulu
(6) Universitas Islam Negeri Fatmawati Soekarno, Bengkulu
(7) Universitas Islam Negeri Fatmawati Soekarno, Bengkulu
(*) Corresponding Author


Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penyebab miskonsepsi yang terjadi pada siswa kelas VA SDN 1 Bengkulu Tengah dalam menyelesaikan matematika dengan operasi aritmatika untuk tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 24 siswa kelas v A dimana 22 siswa mengalami miskonsepsi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes, observasi, wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa kelas 5 A mengalami tiga jenis miskonsepsi, yaitu miskonsepsi dasar, miskonsepsi sistematik, dan miskonsepsi hitung. Penyebab miskonsepsi yang dialami siswa berdasarkan hasil wawancara merupakan faktor internal yang terjadi dalam diri siswa.Seperti tidak memahami konsep dasar, kurangnya minat siswa dalam belajar matematika, kurangnya motivasi, siswa jarang belajar di rumah. Kurang teliti dalam menyelesaikan soal, sering lupa langkah-langkah dalam mengerjakan soal matematika. Pembelajaran online membuat banyak siswa yang tidak paham. berdasarkan hasil wawancara guru yaitu kurangnya variasi dalam pembuatan video sehingga tidak ada slide atau materi pendukung dari video tersebut. Dari segi orang tua siswa kurang perhatian orang tua dalam mendampingi anak belajar. Perekonomian kota terkendala, orang tua terkadang tidak paham dengan materi anak.berdasarkan hasil wawancara guru yaitu kurangnya variasi dalam pembuatan video sehingga tidak ada slide atau materi pendukung dari video tersebut. Dari segi orang tua siswa kurang perhatian orang tua dalam mendampingi anak belajar. Perekonomian kota terkendala, orang tua terkadang tidak paham dengan materi anak. berdasarkan hasil wawancara guru yaitu kurangnya variasi dalam pembuatan video sehingga tidak ada slide atau materi pendukung dari video tersebut. Dari segi orang tua siswa kurang perhatian orang tua dalam mendampingi anak belajar. Perekonomian kota terkendala, orang tua terkadang tidak paham dengan materi anak.
Kata kunci: Analisis Miskonsepsi 1; Soal Matematika 2; Penyebab Kesalahpahaman 3

 

The purpose of this study is to describe the causes of misconceptions that occur in class V A students of SDN 1 Bengkulu Tengah in solving math problems with theory fractional count operations for the 2020/2021 school year. This type of research uses qualitative research methods. The subjects in this study were 24 students of class v A where 22 students had misconceptions. Data collection techniques used in this study are tests, observations, interviews. The results of this study indicate that grade 5 A students experience three types of misconceptions, namely basic, systematic and calculation misconceptions. The causes of misconceptions experienced by students based on the results of student interviews are internal factors that occur within students. Such as not understanding basic concepts, lack of student interest in learning mathematics, lack of motivation, students rarely study at home. Less careful in solving problems, often forget the steps in doing math problems. Online learning makes many students do not understand. based on the results of teacher interviews, namely the lack of variety in making videos so that there are no slides or supporting material from the video. In terms of parents of students lack of parental attention in accompanying children to learn. The city's economy is constrained, parents sometimes don't understand the child's material.
Kata kunci: Penyebab miskonsepsi, Soal matematika, Analisis miskonsepsi.



Keywords


Cause of misconception, math problem, misconception analysis.



DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i1.4494

Refbacks

  • There are currently no refbacks.