ANALISIS RESPON MAHASISWA TERHADAP PENERAPAN PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA (POLA KAIN SASIRANGAN) PADA PEMBELAJARAN STRUKTUR ALJABAR

Dewi Sri Susanti(1*), Na'imah Hijriati(2), Rahmi Hidayati(3), Raihan Nooriman(4), Geofani Setiawan(5),

(1) Universitas Lambung Mangkurat
(2) Universitas Lambung Mangkurat
(3) Stikes Borneo Lestari
(4) PS Matematika FMIPA ULM
(5) PS Statistika FMIPA ULM
(*) Corresponding Author


Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas pembelajaran aljabar dengan menerapkan model discovery learning dengan pendekatan etnomatematika. Konsep etnomatematika yang dimaksud adalah dengan mengaitkan materi tentang grup dengan pola kain sasirangan yang merupakan kain khas dari Kalimantan Selatan. Respon mahasiswa atas proses pembelajaran tersebut diamati dari persepsi selama pembelajaran berlangsung dan hasil penilaian yang diperoleh setelah pembelajaran. Persepsi mahasiswa dirangkum melalui kuesioner yang didalamnya memuat komponen penilaian untuk dosen pengajar yaitu aspek pedagogis dan profesional, sedangkan tingkat pemahaman mahasiswa diukur melalui butir-butir pertanyaan yang memuat aspek afektif dan kognitif. Aspek psikomotorik dievaluasi melalui penilaian video pembelajaran yang dihasilkan mahasiswa. Efektivitas pembelajaran terukur melalui signifikasi peningkatan nilai ujian sebelum dan setelah metode pengajaran diterapkan. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa peserta pembelajaran mata kuliah Struktur Aljabar. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran mata kuliah Struktur Aljabar dengan pendekatan etnomatematika telah memberikan peningkatan kemampuan mahasiswa yang signifikan baik dari sisi kognitif, afektif dan psikomotorik. Hal ini terukur dari respon mahasiswa dalam angket pembelajaran, bukti penyelesaian tugas video pembelajaran dan hasil nilai yang diperoleh mahasiswa. Penilaian untuk dosen pengajar juga memberikan hasil yang positif dari sisi pedagogis dan sisi profesionalitas.

Improving the ability of mathematical understanding can be conduted by building different learning nuances. If so far the learning process has focused more on the teacher/lecturer (teacher center), a solution is needed to improve student understanding, one of which is by applying discovery learning learning techniques, where students can find their own formulas in learning & reasoning. Along with the desire to raise cultural values in the learning process, the ethnomathematical approach to learning is one of the best solutions to motivate students. This method is a collaborative discovery learning model with an ethnomathematical approach. namely the sasirangan cloth. After taking an ethnomathematical approach in the learning process, especially on topic of special groups, students are asked to provide an assessment of the learning process. The implementation of the Algebraic Structure learning course with an ethnomathematical approach has provided a significant increase in student abilities in terms of cognitive, affective and psychomotor. This is measured from student responses in learning questionnaires, evidence of completion of learning video assignments and the test results. Assessment for teaching lecturers also gave positive results from the pedagogical and professional side.


Keywords


Ethnomathematical Approach; Sasirangan Fabric Patterns; Student Response

References


Abdullah, Wardono, & Dwijanto. (2019). Peran Ethnomatematika pada Pembelajaran Visualization, Auditory, Kinesthetic (VAK) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Seminar NAsional Pascasarjana 2019. Semarang: ISSN: 2686-6404.

Abror, A. R. (1993). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Aldridge, S. & Rowley, J. (1998). Measuring customer satisfaction in higher education. Quality Assurance in Education, 6(4), 197-204.

Arikan, E., Ozkan, A., & Ozkan, E. (2015). An examination in Turkey : Error analysis of Mathematics students on group theory. Educational Research and Reviews, 2352–2361.

Campbel, D. T. (2002). Experimental and Quasi-Experimental Designs for Research. Boston: Houghton Mifflin Company.

Chang, C. S., Wong, W. T., & Chang, C. Y. (2011). Integration of Project-Based Learning Strategy with Mobile Learning : Case Study of Mangrove Wetland Ecology Exploration Project. Tamkang Journal of Science and Energy, 14(3), 265-273.

Gallian, J. (2017). Contemporary Abstract Algebra (9th ed.). Boston: Cengage Learning.

Heryan, U. (2018). Meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa SMA melalui pendekatan pembelajaran matematika realistik berbasis etnomatematika. Jurnal Pendidikan Matematika. 3(2), 94–106.

Hijriati, N., Susanti, Dewi S., Nooriman, R., Setiawan, G (2021). Application of a permutation group on sasirangan pattern. Jurnal Matematika Desimal. Vo 4 No 3. 305-314

Laurens, T. (2016). nalisis Etnomatematika dan Penerapannya dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Lemma 3 (1), 86-96.

Lee, J., Blackwell, S., Drake, J., & Moran, K. (2014). Taking a Leap of Faith : Redefinining Teaching and Learning in Higher Education Through Project-Based Learning. The Interdisciplinary Journal on Problem-Based Learning, 8(2), 19-34.

Mahananingtyas, E. (2017). Hasil Belajar Kognitif, Afektif Dan Psikomotor Melalui Penggunaan Jurnal Belajar Bagi Mahasiswa Pgsd. Prosiding Seminar Nasional HDPGSDI Wilayah IV, (pp. 192-200).

Mendenhall, W., Beaver, R. J., & Beaver, B. M. (2013). Introduction to Probability and Statistics. Kanada: Cengage Learning.

Pardiyono, R. (2020). Study Of Student Satisfaction From The Marketing Mix Aspect. Journal of Business, Management, & Accounting, 2(1), 109-115.

Pardiyono, R., & Puspita, H. D. (2020). Measurement of Student Satisfaction Using Customer Satisfaction. Journal of Research in Business, Economics, and Education, 2(6).

Peng, Ju Peng & Samah, Ainon Jauhariah Abu. (2006, January). Measuring Students’ Satisfaction For Quality. Unitar E-Journal Vol. 2, No. 1, 11-19.

Rosnawati, R. (2013). Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Smp Indonesia Pada Timss 2011. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA, (pp. M1 - M6). Yogyakarta.

Selden, J., & Selden, A. (1995). Unpacking The Logic of Mathematical Statements. Educational Studies in Mathematics 29 (pp. 123-151). Netherlands: Kluwer Academic Publishers.

Stavron, S. (2014). Common Errors and Misconceptions in Mathematical by Education Undergraduates. IUMPST, (pp. 1-8).

Sudjana, N. (2011). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Wahyuni, A., Aji, A., Tias, W., & Sani, B. (2013). Peran Etnomatematika dalam Membangun Karakter Bangsa. Jurnal Pendidikan Matematika. 978-989.

Weber, K. (2002). Student Difficulty In Constructing Proofs: The Need For Strategic Knowledge. Educational Studies in Mathematics, 101-119.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i1.4486

Refbacks

  • There are currently no refbacks.