PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEMAMPUAN AWAL TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN ONLINE
(1) Universitas Lampung
(2) Universitas Lampung
(3) Universitas Lampung
(*) Corresponding Author
Abstract
Pembelajaran online menyisakan banyak permasalahan terkait proses maupun hasil pembelajaran, diantaranya kurangnya motivasi belajar, terbatasnya media pembelajaran, kurang interaktif dan masalah psikologis lainya yang banyak dialami siswa. Hal ini pun terungkap dari studi pendahuluan yang dilakukan kepada guru matematika di Provinsi Lampung. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dalam pembelajaran online dapat dilakukan melalui pengkajian secara mendalam bagaimana kaitan kemampuan awal, kecerdasan emosional siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi ada tidaknya pengaruh dan besarnya pengaruh kecerdasan emosional dan kemampuan awal terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Metro Tahun Ajaran 2020/2021 yang terdistribusi dalam sembilan kelas dengan jumlah siswa 282 orang. Dari ke sembilan kelas tersebut dipilih secara random 4 atau 5 siswa dari setiap kelas untuk dijadikan sebagai sampel dengan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan awal dan kemampuan komunikasi matematis serta angket kecerdasan emosional siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah: (1) secara umum terdapat pengaruh yang signifikan antara kemampuan awal dan kecerdasan emosional terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa sebesar 23,4%; (2) secara parsial, pengaruh kecerdasan emosional terhadap keterampilan komunikasi matematis sebesar 34,6% dan pengaruh kemampuan awal terhadap kemampuan komunikasi matematis sebesar 19,6%.
Online learning leaves many related problems and learning outcomes, including lack of motivation to learn, limited learning media, lack of interactiveness and other psychological problems that many students experience. This was also revealed from a preliminary study conducted on mathematics teachers in Lampung Province. One of the efforts to improve students' mathematical communication skills in online learning can be done through an in-depth study of how the corellation between prior knowledge, emotional intelligence in the learning process. This study aims to identify whether or not the influence and magnitude of the influence of emotions and prior knowledge on students' mathematical communication skills. The study population was class VIII SMPN 1 Metro for the 2020/2021 academic year which was distributed in nine classes with a total of 282 students. From the nine classes, 4 or 5 students were randomly selected from each class to be used as samples with cluster random sampling technique. The instrument used is a test of prior knowledge and mathematical communication skills as well as a questionnaire on students' emotional intelligence. The conclusions of this study are: (1) in general there is a significant effect between prior knowledge and emotional intelligence on students' mathematical communication skills of 23.4%; (2) partially, the effect of emotional intelligence on mathematical communication skills is 34.6% and the effect of prior knowledge on mathematical communication skills is 19.6%.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Agustin, R. D. (2015). Deskripsi Hubungan Komunikasi Dan Kecerdasan Emosional Mahasiswa Pendidikan Matematika Dalam Memecahkan Masalah Matematis. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 4(2). Https://Doi.Org/10.21070/Pedagogia.V4i2.18
Amir, A. (2014). Pembelajaran Matematika SD Dengan Menggunakan Media Manipulatif. Forum Paedagogik, 6(1), 72–89.
Ansari, B. I. (2018). Komunikasi Matematik, Strategi Berpikir Dan Manajemen Belajar: Konsep Dan Aplikasi. Yayasan Pena.
Cahyani, K., & Masruroh, A. (2020). Pengaruh Kemampuan Awal Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. Prosding Seminar Nasional Sains, 462–471.
Darkasyi, M., Johar, R., & Ahmad, A. (2014). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Motivasi Siswa Dengan Pembelajaran Pendekatan Quantum Learning Pada Siswa SMP Negeri 5 Lhokseumawe. Jurnal Didaktik Matematika, 1(1), 21–34.
Deswita, R., & Kusumah, Y. S. (2018). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran CORE Dengan Pendekatan Scientific. Edumatika : Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1). Https://Doi.Org/10.32939/Ejrpm.V1i1.220
Endriani, Y., Mirza, A., & Nursang, A. (2017). Hubungan Antara Kecerdasan Emosional Dengan Kemampuan Komunikasi Matematis. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatlistiwa, 6(11).
Farhan, M., & Alfin, E. (2019). The Effect Of Emotional Intelligence And Self Effycacy Towards Students Achievement. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 8(1).
Https://Doi.Org/10.25273/Jipm.V8i1.4669
Festus, A. B., & Seraphina, K. M. (2015). Effects Of Emotional Intelligence Skills Acquisition On Students’ Achievement In Senior Secondary School Geometry In Keffi Education Zone, Nasarawa State, Nigeria. Asian Journal Of Education And E-Learning, 03(04).
Firmansyah, M. A. (2017). Peran Kemampuan Awal Matematika Dan Belief Matematikaterhadap Hasil Belajar. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1). Https://Doi.Org/10.31000/Prima.V1i1.255
Fitriani, S., Nurhanurawati, N., & Coesamin, M. (2021). Pengaruh Kemampuan Awal Dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 9(1).
Https://Doi.Org/10.23960/Mtk/V9i1.Pp31-41
Hevriansyah, P., & Megawanti, P. (2017). Pengaruh Kemampuan Awal Terhadap Hasil Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 2(1). Https://Doi.Org/10.30998/Jkpm.V2i1.1893
Laksananti, P. M., Setiawan, T. B., & Setiawan, S. (2017). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Menyelesaikan Masalah Pokok Bahasan Bangun Datar Segi Empat Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional Siswa Kelas Viii-D Smp Negeri 1 Sumbermalang. Jurnal Kadikma, 8(1), 88–96.
Lestari, W. (2017). Pengaruh Kemampuan Awal Matematika Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Analisa, 3(1). Https://Doi.Org/10.15575/Ja.V3i1.1499
Mulqiyono, S., Yuniar, D., & Anita, I. W. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Kelas Viii Pada Materi Bangun Datar Segitiga Dan Segi Empat. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4). Https://Doi.Org/10.22460/Jpmi.V1i4.P599-606
Nurmantoro, M. A. (2017). Pengaruh Kemampuan Awal, Kecerdasan Emosi Dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Prosiding Diskusi Panel Pendidikan “Menjadi Guru Pembelajar” Keluarga Alumni Universitas Indraprasta PGRI, Jakarta, 8 April 2017.
OECD. (2019). Programme For International Student Assessment (PISA) Results From PISA 2018. Oecd, 1–10. Https://Www.Oecd-Ilibrary.Org/Education/Pisa-2018-Results-Volume-Iii_Bd69f805-En%0Ahttps://Www.Oecd-Ilibrary.Org//Sites/Bd69f805-En/Index.Html?Itemid=/Content/Component/Bd69f805-En#Fig86
Prafitriyani, S., Magfirah, I., Amir, N. F., Irmawati, A., & Umanailo, M. C. B. (2019). Influence Of Emotional Intelligence On Mathematics Learning Outcomes Of Class VII Middle School 9 Buru Students. International Journal Of Scientific And Technology Research, 8(10).
Rohmah, S., & Rinaldi, A. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis : Dampak Kecerdasan Emosional Pada Materi Operasi Hitung Aljabar. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UIN Raden Intan Lampung, 199–210.
Rumiati, S. W. (2011). Instrumen Penilaian Hasil Belajar Matematika SMP : Belajar Dari PISA Dan TIMSS. Yogyakarta: Pusat Pengembangan Dan Pemberdayaan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika.
Salahuddin, I. (2018). Pengaruh Kemampuan Awal, Kepercayaan Diri, Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Proximal Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2).
Samawati, I., & Kurniasari, I. (2021). Students’ Mathematical Communication Skills In Solving Story Problems Based On Mathematical Abilities. International Journal Of Indonesian Education And Teaching, 5(1).
Setyawan, A. A., & Simbolon, D. (2018). Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Smk Kansai Pekanbaru. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(1). Https://Doi.Org/10.30870/Jppm.V11i1.2980
Shafira, R., Suanto, E., & Kartini, K. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Berorientasi Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1). Https://Doi.Org/10.31004/Cendekia.V5i1.416
Sukaesih, E., Nindiasari, H., & Fatah, A. (2020). Pengaruh Model Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (Core) Terhadap Kemampuan Koneksi Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematis. TIRTAMATH: Jurnal Penelitian Dan Pengajaran Matematika, 2(1), 86. Https://Doi.Org/10.48181/Tirtamath.V2i1.8734
Sukriadi, Kartono, & Wiyanto. (2015). Analisis Hasil Penilaian Diagnostik Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Dalam Pembelajaran PMRI Berdasarkan Tingkat Kecerdasan Emosional. Unnes Journal Mathematics Education, 4(2).
Umar, W. (2012). Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika. Infinity Journal, 1(1), 1. https://doi.org/10.22460/infinity.v1i1.2
Vale, I., & Barbosa, A. (2017). The Importance of Seeing in Mathematics Communication. Journal of the European Teacher Education Network, 12.
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i1.4464
Refbacks
- There are currently no refbacks.
.png)

.png)
