PENGEMBANGAN BUKU AJAR KALKULUS BERORIENTASI PADA UNITY OF SCIENCES (UoS)

Ayus Riana Isnawati(1*), Dinni Rahma Oktaviani(2),

(1) Universitas Islam Negeri Walisongo
(2) UIN Walisongo Semarang
(*) Corresponding Author


Abstract


Abstrak

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan buku ajar Kalkulus 1 yang berorientasi pada UoS serta sesuai dengan kurikulum di Jurusan Matematika UIN Walisongo. Subyek penelitian adalah mahasiswa jurusan Matematika UIN Walisongo Semarang. Teknik pengumpulan data adalah dengan kuesioner. Selanjutnya, data dianalisis menggunakan teknik analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan untuk mengembangkan buku ajar Kalkulus 1 di jurusan Matematika UIN walisongo adalah Research and Development (R&D), dengan model pengembangan Sadiman. Berdasarkan hasil uji validasi dan pengujian buku ajar kepada mahasiswa Jurusan Matematika UIN Walisongo Semarang, diperoleh bahwa buku ajar yang dihasilkan sangat layak untuk digunakan.

 

Kata kunci: buku ajar; kalkulus 1; unity of sciences

 

Abstract

This development research aims to produce a Calculus 1 textbook that is oriented towards UoS and is in accordance with the curriculum at the Mathematics Department of UIN Walisongo Semarang. The Research subject are the students of Mathematics Department of UIN Walisongo Semarang. Data collection techniques for this research is by questionnaires. Next, data are analyzed by qualitative data analysis techniques and quantitative data analysis tecniques. The research method used to develop the Calculus 1 textbook in the Mathematics Department of UIN Walisongo is Research and Development (R&D), with the Sadiman development model. Based on the results of the validation test and textbook testing for students of the Mathematics Department of UIN Walisongo Semarang, it was found that the resulting textbook was very feasible to use.

 

Keywords: calculus 1; textbook; unity of sciences

 


References


Abdussakir, & Rosimanidar. (2017). Model integrasi matematika dan Al-Quran serta praktik pembelajarannya. Seminar Nasional Integrasi Matematika Di Dalam Al-Quran, April, 1–16.

Amri M Nurhadi, Rasyidin Al, & Imran Ali. (2017). Integrasi Nilai-Nilai Keislaman dalam Pembelajaran Biologi di SMA Islam Al Ulum Terpadu Medan. Edu Riligia, 1(4), 487–501.

Ernadila, Z. U., Hendrika, T. P., & Hidayatullah, A. F. (2021). Implementasi Unity of Science terhadap Visi dan Misi UIN Walisongo Semarang. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial Dan Sains, 10(1), 7–13. https://doi.org/10.19109/intelektualita.v10i1.7139

Muspiroh, N. (2013). Integrasi Nilai Islam dalam Pembelajaran IPA (Perspektif Pendidikan Islam). Jurnal IAIN Syekh Nurjati Cirebon, XXVIII(3), 484–498.

Pramesti, S. L. (2017). Analisis Materi Dan Penyajian Buku Teks Matematika Sebagai Sumber Belajar Matematika. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 25. https://doi.org/10.31941/delta.v5i1.386

Resti Yulianti, Achyani, A. L. (2017). Pengembangan Modul Pengintegrasian Nilai Keislaman Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 79, 40–45.

Samsinar, S. (2019). Urgensi Learning Resources ( Sumber Belajar ). Jurnal Kependidikan, 13, 194–205.

Sari, D. P. (2018). Pengembangan Modul Kalkulus pada Materi Limit dengan Pendekatan Problem Based Learning Bernuansa Nilai-Nilai Keislaman.

Sari, F. A. (2019). Pengembangan Modul Terintegrasi Keislaman pada Materi Larutan Penyangga di SMA Swasta Darul Iman Kabupaten Aceh Tenggara. 111.

Septiana, S. L. (2017). Pengembangan Media Tunnel Book untuk Pembelajaran Mengidentifikasi Teks Fabel Siswa Kelas VII Semester Genap Di SMP Negeri 26 Surabaya. Bapala, 4(1), 3–6.

Septiana Wati, F., Lathifa, U., & Udaibah, W. (2019). Pengembangan Modul Kesetimbangan Kimia Berbasis Unity of Sciences (Uos) Dan Multilevel Representasi. Thabiea : Journal of Natural Science Teaching, 2(2). https://doi.org/10.21043/thabiea.v2i2.5972

Soe Soe, T. (2020). Applications of Calculus in Real Life. International Journal of Scientific and Research Publications (IJSRP), 10(7), 732–737. https://doi.org/10.29322/ijsrp.10.07.2020.p10381

Sulhatul Habibah. (2017). Implikasi Filsafat Ilmu Terhadap Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. DAR EL-ILMI : Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 4(1), 166–180.

Supriadi, S. (2017). Pemanfaatan Sumber Belajar Dalam Proses Pembelajaran. Lantanida Journal, 3(2), 127. https://doi.org/10.22373/lj.v3i2.1654

Yuliani, D. (2013). Pengembangan Modul Kalkulus 2 Pada Program Studi Pendidikan Matematika Di Stkip Pgri Sumatera Barat. Jurnal Pelangi, 6(1), 65–76. https://doi.org/10.22202/jp.2013.v6i1.288

Yusriyah, Y. (2015). the Reconstruction of Islamic Theology in the Unity of Sciences. Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 23(2), 401. https://doi.org/10.21580/ws.23.2.286




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i1.4461

Refbacks

  • There are currently no refbacks.