ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS TULIS SISWA SMP PADA SOAL CERITA BENTUK ALJABAR DALAM PEMBELAJARAN DARING
(1) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
(2) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
(*) Corresponding Author
Abstract
Berbagai kendala atau kesulitan dihadapi oleh guru selama proses pembelajaran secara daring, salah satunya adalah kendala pada perkembangan keterampilan komunikasi siswa. Keterampilan komunikasi matematis siswa perlu mendapatkan perhatian lebih selama pembelajaran daring dilaksanakan. Namun, berdasarkan wawancara dengan guru matematika kelas VII di SMP Negeri 50 Surabaya, kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa selama proses pembelajaran daring, siswa kurang mampu menuliskan proses pemecahan masalah pada materi aljabar dengan baik. Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan komunikasi matematis tulis siswa di SMP Negeri 50 Surabaya berdasarkan kemampuan matematika siswa selama pembelajaran daring. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui tes dan wawancara kepada siswa dengan kemampuan matematika tinggi, sedang, dan rendah. Adapun analisis data dilakukan dengan teknik analisis data deskriptif, meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, dapat ditarik kesimpulan bahwa siswa dengan kemampuan matematika tinggi memiliki kemampuan komunikasi matematis tulis yang baik, siswa dengan kemampuan matematis sedang memiliki kemampuan komunikasi matematis tulis yang cukup baik, dan siswa dengan kemampuan matematis rendah memiliki kemampuan komunikasi matematis tulis yang kurang baik.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ardina, F. R., & Sa’dijah, C. (2016). Analisis Lembar Kerja Siswa Dalam Meningkatkan Komunikasi Matematis Tulis Siswa. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(2), 171–180.
Baroody, A. J. (1993). Problem Solving, Reasoning, and Communicating, K-8. Helping Children think Mathematically. Macmillan Publishing Company.
Hidayanto, T., Subanji, & Erry, H. (2018). ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 2(1), 10.
Hodiyanto. (2017). KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DALAM PEMBELAJARAN( Hodiyanto ) AdMathEdu | Vol . 7 No . 1 | Juni 2017. AdMathEdu, 7(1), 9–18.
Husna, R., Roza, Y., & Maimunah, M. (2021). Identifikasi Kesulitan Guru Matematika Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(2), 428. https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.3333
Ikhtiar, M. A., Sudirman, S., & Hidayanto, E. (2021). Komunikasi Matematis Tulis Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(1), 14. https://doi.org/10.25273/jipm.v10i1.8398
Ismayanti, S., & Sofyan, D. (2021). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP Kelas VIII di Kampung Cigulawing. PLUSMINUS: Jurnal …, 1(1), 183–196. https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/plusminus/article/view/pv1n1_15
Laksananti, Meilinda Putri; Setiawan, Toto Bara; Setiawani, S. (2017). ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DALAM MENYELESAIKAN MASALAH POKOK BAHASAN BANGUN DATAR SEGI EMPAT DITINJAU DARI KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS VIII-D SMP NEGERI 1 SUMBERMALANG. Kadikma, 8(1), 88–96.
Luritawaty, I. P., & Nuraeni, R. (2018). Pembelajaran Inside-Outside-Circle Pada Materi Statistika Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Mts. Jurnal Petik, 3(1), 22. https://doi.org/10.31980/jpetik.v3i1.354
Maharani, R., Rasiman, R., & Rahmawati, N. D. (2019). Analisis Berpikir Kritis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Matematika Bentuk Cerita. Imajiner: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(4), 67–71. https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i4.3883
Mandasari, R., Chandra, T. D., & Dwiyana. (2018). Kemampuan Komunikasi Matematis Tulis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah. Jurnal Pendidikan, 3(1), 838–850.
Meiliyah, A., & Setianingsih, R. (2019). Profil Komunikasi Matematis Tulis Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Perbedaan Kemampuan Matematika. Jurnal Mathedunesa, 8(2), 318–327.
NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.
Nugraha, N., Kadarisma, G., & Setiawan, W. (2015). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Materi Bentuk Aljabar pada Siswa SMP Kelas VII. Journal On Education, 01(02), 323–334.
OECD. (2013). PISA 2012 Results: Ready to Learn (Volume III). In Pisa: Vol. III. http://www.oecd-ilibrary.org/%5Cnjsessionid=17l2ta26dj337.x-oecd-live-02content/book/9789264201170-en
Prayitno, S. H., Faizah, H., Wantika, R. R., & Purwasih, S. M. (2017). Dasar-dasar Proses Pembelajaran Matematika (D. D. Septiadi (ed.)). Unipa University Press.
Rohmah, S., & Rinaldi, A. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Dampak Kecerdasan Emosional pada Materi Hitung Aljabar. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), 199–210.
Sari, V. D. P., Purwaningrum, J. P., & Rahayu, R. (2021). Analisis Kemampuan Komuikasi Matematis Siswa Pada Pembelajaran Daring Berbantu Whatsapp Selama Masa Pandemi Covid-19. Koordinat Jurnal Pembelajaran Matematika Dan Sains, 2(1), 1–17.
Toharudin, M. (2020). Komunikasi dalam pembelajaran di era pandemi covid-19. Prosiding Seminar Nasional FIP 2020, 7(9), 238–248.
Wijaya, H. P. I., Sujadi, I., & Riadi. (2016). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sesuai Dengan Gender Dalam Pemecahan Masalah Pada Materi Balok Dan Kubus (Studi Kasus Pada Siswa Smp Kelas Viii Smp Islam Al-Azhar 29 Semarang). Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 4(9), 778–788. http://jurnal.fkip.uns.ac.id
Wijayanto, A. D., Fajriah, S. N., & Anita, I. W. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Smp Pada Materi Segitiga Dan Segiempat. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 97–104. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.36
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i1.4429
Refbacks
- There are currently no refbacks.
.png)

.png)