ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

Ully Hidayati(1*), Jahring Jahring(2),

(1) 
(2) Universitas Sembilanbelas November Kolaka
(*) Corresponding Author


Abstract


Koneksi matematis adalah salah satu kemampuan tingkat tinggi yang harus dimiliki siswa. Namun, setiap siswa memiliki kemampuan koneksi matematis yang berbeda tergantung pada kesesuaian model pembelajaran dengan gaya belajar siswa. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis ditinjau dari gaya belajar siswa kelas IX SMP Negeri 1 Tanggetada. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Subjek penelitian ini terdiri dari 33 siswa. Instrumen penelitian ini adalah tes kemampuan koneksi matematis dan questioner baku VARK edisi 8.01. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) dari 33 siswa terdapat siswa dengan gaya belajar auditory (A) sebanyak 5 siswa, read/write (R) sebanyak 5 siswa, kinestetic (K) sebanyak 6 siswa, quadmodal yaitu V-A-R-K  sebanyak 3 siswa, gaya belajar trimodal terdiri dari A-R-K sebanyak 2 siswa dan V-A-K sebanyak 2 siswa, dan gaya belajar bimodal terdiri dari A-K sebanyak 8 siswa dan V-K sebanyak 2 siswa; (2) Kemampuan koneksi matematis siswa kelas IX SMP Negeri 1 Tanggetada berada pada kategori kurang; (3) Rata-rata kemampuan koneksi matematis siswa dengan gaya belajar Auditory (A), Read/write (R) dan Kinestetic (K) berada pada kategori kurang, kemampuan koneksi matematis siswa dengan gaya belajar bimodal tipe A-K dan V-K berada pada kategori kurang, kemampuan koneksi matematis siswa dengan gaya belajar trimodal tipe A-R-K berada pada kategori kurang dan tipe V-A-K berada pada kategori  cukup, dan kemampuan koneksi matematis siswa dengan gaya belajar quadmodal yaitu V-A-R-K berada pada kategori kurang. Terlihat bahwa kemampuan koneksi matematis pada siswa kelas IX SMP Negeri 1 Tanggetada masih berada pada kategori kurang.

Keywords


Gaya Belajar; VARK; Koneksi Matematis

References


Apipah, S., & Kartono. (2017). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Berdasarkan Gaya Belajar Siswa pada Model Pembelajaran VAK dengan Self Assessment. Ujmer: Innes Journal of Mathematics Educatioan Research, 6(2), 148–156. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer/article/view/20472

Dwiwandira, N. R., & Tsurayya, A. (2021). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMA Kelas XI dalam Menyelesaikan Soal Materi Pengaplikasian Kalkulus pada Turunan. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2560–2569. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.898

Elisahaya, & Imami, A. I. (2020). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Pada Materi Segiempat. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 53–61. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2292

Haidar, I., & Jahring. (2020). The Effectiveness Of Methaporical Thinking Approach To Improve The Mathematical Representation Ability. In Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan MatematikaJurnal Inovasi Pendidikan Matematika (Vol. 8, Issue 1). https://doi.org/10.26858/jds.v8i1.13321

Hasratuddin. (2013). Membangun Karakter Melalui Pembelajaran Matematika. PARADIKMA Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 130–141.

Indrahapsari, B., Sujatmiko, P., & Chrisnawati, H. E. (2018). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis pada Materi Trigonometri Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas X SMKN 1 Surakarta Tahun Ajaran 2018-2019. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika (JPMM) Solusi, 2(6), 483–490.

Isnaeni, S., Ansori, A., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Jurnal On Education, 1(2), 309–316. https://doi.org/10.31004/joe.v1i2.68

Jahring, J. (2020). Kemampuan Koneksi Matematis Pada Model Pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending dan Numbered Head Together. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 182–189. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2667

Jahring, J., & Chairuddin, C. (2019). Preferensi Modalitas Belajar Mahasiswa Angkatan 2016 Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Sembilanbelas November Kolaka. Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education, 1(1), 27–32. https://doi.org/10.21580/square.v1i1.4039

K, I., Jahring, & Subawo, M. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar. Square : Journal of Mathematics and Mathematics Education, 3(1), 56–65. https://doi.org/10.21580/square.2021.3.1.7704

Manalu, A. C. S., Septiahani, A., Permaganti, B., Melisari, Jumiati, Y., & Hidayat, W. (2020). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMK pada Materi Fungsi Kelas XI. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 254–260. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.198

Mandur, K., Sadra, W., & Suparta, I. N. (2013). Kontribusi Kemampuan Koneksi, Kemampuan Representasi, dan Disposisi Matematis Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA Swasta Di Kabupaten Manggarai. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 2(2), 36–45. https://doi.org/10.23887/jppm.v2i2.885

Mashuri, S., Jahring, J., & Nasruddin, N. (2020). Student Teams Achievement Divisions (STAD) Dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 909–916. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.2979

NCTM. (2000). Principles and Standars for School Mathematics. VA NCTM.

Puteri, J. W., & Riwayati, S. (2017). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa pada Model Pembelajaran Connected Mathematics Project (CMP). FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(2), 161–168. https://doi.org/10.24853/fbc.3.2.161-168

Widyawati, S. (2016). Pengaruh Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditnjau Dari Gaya Belajar Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Siswa Kelas IX SMP Di Kota Metro. IQRA: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 1(1), 47–67. https://journal.iaimnumetrolampung.ac.id/index.php/ji/article/view/33




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4417

Refbacks

  • There are currently no refbacks.