THE DEVELOPMENT OF STUDENTS WORKSHEET STEM BASED ON MIKiR

Elsa Yulisra(1), Jesi Alexander Alim(2*), Eddy Noviana(3), Neni Hermita(4), Tomi Tanu Wijaya(5), Zetra Hainul Putra(6), Jerito Pareira(7),

(1) University Of Riau
(2) University of Riau
(3) University Of Riau
(4) University Of Riau
(5) Beijing Normal University Beijing
(6) University Of Riau
(7) Guangxi Normal University Guilin
(*) Corresponding Author


Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengembangan terhadap Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)  dengan model STEM berbasis MIKiR untuk tema 2 “Selalu Berhemat Energi” pada kelas IV Sekolah Dasar dengan menggunakan model Plomp (2013). Tahapan pengembangan yang dilakukan dengan tiga fase:  Preliminary Research Phase, Prototyping Phase, dan Assessment Phase. Data penelitian ini dikumpulkan dengan cara observasi, wawancara dan angket. Pengolahan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara analisis kuantitatif deskriptif dan kualitatif deskritif. LKPD yang telah dikembangkan divalidasi oleh tiga orang ahli yang terdiri dari ahli media dan ahli materi dan memperoleh persentase skor validasri rata-rata 93,52%. Sedangkan kepraktisan dilihat dari angket respon guru dengan persentase skor rata-rata sebesar 85,99%. Maka dapat disimpulkan LKPD STEM Berbasis MIKiR yang dikembangkan valid dan praktis dan dapat digunakan dalam pembelajaran.

 

This study aims to Development the Student Worksheet with the STEM based on MIKiR for theme 2 “Always Save Energy” in grade 4 Elementary School using the Plomp model (2013). The development stage is carried out in three stages: Preliminary Research Stage, Prototyping Stage, and Assessment Phase. The research data were collected using observation, interviews, and questionnaires. Data processing in this study was carried out using quantitative decriptive and qualitative decriptive analysis. The worksheets that were developed are validated by three experts consisting of media experts and material experts , with an avarage skore percentage is 93,52%. Meanwhile, practicality can be seen from the questionnaire responses of teachers, with an avarage skore percentage is 85,99%. In conclusion, the Student worksheet STEM based on MIKiR developed is valid and practical and can be used in learning.



Keywords


LKPD; MIKiR; STEM

Full Text:

PDF

References


Alim, J. A., Fauzan, A., Arwana, I. M., & Musdi, E. (2020). Model of Geometry Realistic Learning Development with Interactive Multimedia Assistance in Elementary School. Journal of Physics: Conference Series, 1471(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1471/1/012053

Alim, J. A., Hermita, N., Alim, M. L., Wijaya, T. T., & Pereira, J. (2021). Developing a Math Textbook using realistic Mathematics Education Approach to increase elementary students’ learning motivation. Jurnal Prima Edukasia, 9(2).

Amini, Q., Rizkyah, K., Nuralviah, S., & Urfany, N. (2020). Pengaruh Globalisasi Terhadap Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 2(3), 375–385. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa

Firdaus, M., & Wilujeng, I. (2018). Pengembangan LKPD inkuiri terbimbing untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar peserta didik Developing students worksheet on guided inquiry to improve critical thinking skills and learning outcomes of students. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 4(1), 26–40. http://journal.uny.ac.id/index.php/jipi

Hamzah, F. (2016). Studi Pengembangan Modul Pembelajaran Ipa Berbasis Integrasi Islam – Sains Pada Pokok Bahasan Sistem Reproduksi Kelas Ix Madrasah Tsanawiyah. Adabiyah : Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 41. https://doi.org/10.21070/ja.v1i1.163

Hidayati, Y. M., Septiani, T., Surakarta, U. M., & Surakarta, U. M. (2015). Studi kesiapan guru melaksanakan kurikulum 2013 dalam pembelajaran berbasis tematik integratif di sekolah dasar se kecamatan colomadu tahun ajaran 2014/2015. 49–58.

Jalinus, J., & Alim, J. A. (2019). Quality Review of Computer Based Interactive Mathematics Learning Media on Geometry Topics in Flat Fields for Elementary Students. Proceedings of the UR International Conference on Educational Sciences, 397–407.

Latifah, S., Setiawati, E., & Basith, A. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berorientasi Nilai-Nilai Agama Islam melalui Pendekatan Inkuiri Terbimbing pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 43–51. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.104

Leni, N. (2020). EFEKTIFITAS PELATIHAN METODOLOGI PEMBELAJARAN DENGAN PEMBELAJARAN AKTIF MIKiR. Lentera: Jurnal Diklat Keagamaan Padang, 5(1), 29–38.

Lestari, S., Syahrilfuddin, S., Hermita, N., & Putra, Z. H. (2019). The Effect of Realistic Mathematic Approach on Students’ Learning Motivation. Journal of Teaching and Learning in Elementary Education (Jtlee), 2(2), 145. https://doi.org/10.33578/jtlee.v2i2.7335

Marzuki. (2017). Prestasi Belajar Kelipatan Persekutuan Terkecil Dan Faktor Persekutuan Terbesar Dengan Mengunakan Alat Bantu Dekak-dekak Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 4 Bireuen. Jurnal Pendidikan Dasar (JUPENDAS), 2(1), 1–4.

Nareswari, Ni. L.,Suarjana, I, M., & Sumantri. (2021). Belajar Matematika dengan LKPD Berbasis Kontekstual. Jurnal mimbar ilmu, 26(2), 204–213.

Oktapiani, N., & Hamdu, G. (2020). Desain Pembelajaran STEM berdasarkan Kemampuan 4C di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 99. https://doi.org/10.30659/pendas.7.2.99-108

Oktoriyadi, O. (2020). The Implementation of Steam Integrated Thematic Learning Based on Local Wisdom of Kapuas Hulu in Elementary School. JP2D (Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar) UNTAN, 3(1), 42. https://doi.org/10.26418/jp2d.v3i1.97

Purnomo, H., & Wilujeng, I. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Dan Instrumen Penilaian Ipa Tema Indahnya Negeriku Penyempurnaan Buku Guru Dan Siswa Kurikulum 2013. Jurnal Prima Edukasia, 4(1), 67–78.

Safitri, N., Alim, J. A., Noviana, E., Ibrahim, B., & Hermita, N. (n.d.). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATERI FPB DI SEKOLAH DASAR. Tunjuk Ajar: Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 4(2), 118–139.

Sari, A. P. P., & Lepiyanto, A. (2016). Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (Lkpd) Berbasis Scientific Approach Siswa Sma Kelas X Pada Materi Fungi. BIOEDUKASI (Jurnal Pendidikan Biologi), 7(1), 41–48. https://doi.org/10.24127/bioedukasi.v7i1.489

Sari, N. A., Akbar, S., & Yuniastuti. (2018). Penerapan pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar. Journal.Um.Ac.Id, 3(12), 1572–1582. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/11796

Setiadi, H. (2016). Pelaksanaan Penilaian Pada Kurikulum 2013 - the Implementation of Assessment in the Curriculum 2013. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20(2).

Sujana, A., & Rachmatin, D. (2019). Literasi digital abad 21 bagi mahasiswa PGSD: apa, mengapa, dan bagaimana. Current Research in Education: Conference Series Journal, 1(1), 3–13.

Syah, R., & Muttaqin, E. E. (2019). Implementasi Pembelajaran Aktif Berorientasi Mikir (Mengamati, Interaksi, Komunikasi, dan Refleksi) di SD Muhammadiyah 12 Medan. 1(September), 55–63.

Wijaya, T. T., Li, L., Hermita, N., Putra, Z. H., & Alim, J. A. (2021). Helping Junior High School Student to Learn Fibonacci Sequence with Video-Based Learning. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 15(11), 183–191. https://doi.org/10.3991/ijim.v15i11.23097

Wijaya, T. T., Ying, Z., Purnama, A., & Hermita, N. (2020). Indonesian students’ learning attitude towards online learning during the coronavirus pandemic. Psychology, Evaluation, and Technology in Educational Research, 3(1), 17–25. https://doi.org/10.33292/petier.v3i1.56




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i1.4412

Refbacks

  • There are currently no refbacks.