KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIKA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE
(1) Universitas Labuhanbatu
(2) Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
(3) Institut Pendidikan Tapanuli Selatan
(4) IAIN Padangsidimpuan
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Ahmad, M. (2017). Efektivitas Penerapan Pembelajaran Berdasarkan Masalah untuk Membelajarkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa SMP. Jurnal Education and Development IPTS, 6(4), 34–40. https://doi.org/10.37081/ed.v6i4.262
Ahmad, M., Siregar, Y. P., Siregar, N. A., & Effendi, H. (2018). Realistic Math-Based Learning Model Based on Mandailing Culture. IJSBAR, 39(1), 67–78. https: //doi.org/10.17605/OSF.IO/4CP5Y
Aliyah, S.N. (2018) Penerapan TPS (Think Pair Share) untuk Meningkatkan Berfikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Geometri Siswa Kelas II SD. PGSD Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Retrieved From http://eprints.umsida.ac.id/2978/1/Siti%20Nur%20Aliyah_%28158620600200%29.pdf
As’ari, A.R., Mahmudi, A., & Nuerlaelah, E. (2017). Our Prospective Mathematics Teachers are Not Critical Thinkers Yet. Journal on Mathematics Education, 8(2), 145-156. https://doi.org/10.22342/jme.8.2.3961.145-156
Emda, A. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe TPS di SMA Negeri 12 Banda Aceh. Lantanida Journal, 1(1), 68–79. https://doi.org/10.22373/lj.v2i1.663
Gitawati, A. G., Retnaningrum, E., & Irmawan. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Intermathzo, 4(2), 87–93. Retrieved from http://jurnal.fkip.unla.ac.id/index.php/intermathzo/article/view/300
Hake, R. R. (1999). Analyzing change/gain scores, pp. 1–4. Retrieved from https://web.physics.indiana.edu/sdi/AnalyzingChange-Gain.pdf
Harahap, T., Rambey, M., & Ahmad, M. (2020). Efektivitas Pembelajaran Kooperatif tipe jigsaw Ditinjau dari Motivasi dan Self-Efficacy Siswa dalam Belajar Ekonomi, 8(4), 407–412. https://doi.org/10.37081/ed.v8i4.2146
Kurjum,M., Muhid, A & Thohir, M. (2020). Think-Pair-Share Model As Solution To Develop Students’ Critical Thinking in Islamic Studies: Is It Effective?. Cakrawala Pendidikan, 39(1), 144-155. https://doi.org/10.21831/cp.v39i1.28762
Klimoviene, G., Urboniene, J., & Barzdziukiene, R. (2006). Developing critical thinking through cooperative learning. Studies about Language, 8, 77-85. Retrieved From https://www.kalbos.lt/zurnalai/09_numeris/11.pdf
Lubis, R., Harahap, T., & Nasution, P. (2019). Pendekatan Open-Ended dalam Membelajarkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 399–410. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.547
Meltzer, D. E. (2002). The relationship between mathematics preparation and conceptual learning gains in physics: A possible ‘“hidden variable”’ in diagnostic pretest scores. American Association of Physics Teachers, 70(12), 1259–1268. https://doi.org/10.1119/1.1514215
Mendikbud. (2014). Permendikbud Nomor 59 tahun 2014 Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah. Depdiknas.
Muncarno, Astuti, N. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Blended Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Peserta Didik Sekolah Dasar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2784-2790. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4346
Nasution, D. P. (2017). Peningkatan Kemampuan Komunikasi dan Self-efficacy Matematis Siswa melalui Pendekatan Realistik di SMP N 4 Padangsidimpuan. Journal of Mathematics Paedagogic (JMP), II(1), 45–55. Retrieved from http://jurnal.una.ac.id/index.php/jmp/article/view/121/103
Nasution, I. S. (2017). Pengaruh Pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI di SD Muhammadiyah 12 Medan. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 8(2), 42–52. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v8i2.66
OECD. (2018). PISA 2015: Results in focus. Retrieved from https://www.oecd.org/.
Pamungkas, M. D. (2019). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Menggunakan Think Pair Share dengan Pendekatan Saintifik pada Matematika. Jurnal Theorems, 4(1), 115–124. https://doi.org/10.31949/th.v4i1.1315
Pangemanan, N. S. (2019). Penerapan Think Pair Share (TPS) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis, Motivasi, dan Hasil Belajar Matematika SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 7(2), 68–73. https://doi.org/10.21831/jpms.v7i2.26822
Paryanti. (2015). Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Think Pair Share untuk meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI SD Negeri Kaliwadas 01. Aksioma Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 72–83. https://doi.org/10.24127/ajpm.v4i2.296
Rachmantika, A.R. dan Wardono (2019) Peran Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Matematika dengan Pemecahan Masalah. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika. 439-443. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29029/12759
Rosidin, U., Kadaritna, N., Hasnunidah, N. (2019). Can Argument-Driven Inquiry Models Have Impact on Critical Thinking Skills For Students With Differentpersonality TYPES?. Cakrawala Pendidikan, 38(3), 511-526. https://doi.org/10.21831/cp.v38i3.24725
Rumapea, R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Pemberian Soal Open-Ended Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematika. Journal Pendidikan Matematika 12(1), 1-14. 10.22342/jpm.12.1.4551.1-14
Sabil, H. (2014). Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Pembelajaran Kooperatif tipe Think-Pair-Share pada Materi Penampang dan Jaring-jaring Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Jambi. Edumatica, 4(1), 23–29. https://doi.org/10.22437/edumatica.v4i01.1585
Samsiah. (2018). Upaya Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iv SD Negeri 6 Bengkalis Semester I Tahun Pelajaran 2016/2017 Melalui Model Kooperatif Tipe Think Pair Share. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(4), 715–726. https://doi.org/10.31004/jptam.v2i4.20
Saragih, S. (2015). Aplikasi SPSS dalam Statistik Penelitian Pendidikan. Medan: Perdana Publishing.
Sari, S. P., & Madio, S. S. (2013). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 37–54. Retrieved from https://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa/article/view/mv2n1_4
Scristia, Hiltrimartin, C., Santoso, B. (2018). Analisis Konsepsi Guru-Guru Matematika Sekolah Menengah tentang Hakikat Masalah Matematika dalam Pendekatan Students Centered Learning (Studi Kasus Dalam Pembelajaran Matematika Di Sma Kota Palembang). Journal Pendidikan Matematika 12(1), 79-88. https://doi.org/10.22342/jpm.12.1.5442.79-88
Simanjuntak, A. S. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Think Pair Share terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Di SMP Swasta HKBP Padangsidimpuan. Jurnal MathEdu, 3(2), 89–96. Retrieved from http://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/1163
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Valianty, M., & Hardini, A. T. A. (2019). Penerapan Model Think Pair Share Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 1073–1081. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.261
Winarni, S. & Lutan, R. (2020). Emphaty and Tolerance in Physical Education: Cooperative VS. Classical Learning. Cakrawala Pendidikan, 39(2), 332-345. https://doi.org/10.21831/cp.v39i2.31851
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i1.4408
Refbacks
- There are currently no refbacks.
.png)

.png)