HUBUNGAN PENGGUNAAN SMARTPHONE DAN KESIAPAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Nelly Astuti(1*), Muncarno Muncarno(2), Diah Mirantika(3), Victor Dinnata(4), Nur Ridha Utami(5),

(1) Universitas Lampung
(2) Universitas Lampung
(3) Universitas Lampung
(4) Universitas Lampung
(5) Universitas Lampung
(*) Corresponding Author


Abstract


Abstrak

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika. Tujuan penelitian ini untuk  mengetahui hubungan yang signifikan antara penggunaan smartphone dengan kesiapan belajar, penggunaan smartphone dengan hasil belajar matematika, kesiapan belajar dengan hasil belajar matematika serta penggunaan smartphone dan kesiapan belajar dengan hasil belajar matematika. Jenis penelitian ex-post facto korelasi. Populasi berjumlah 118 peserta didik dan sampel penelitian berjumlah 54 peserta didik. Instrumen pengumpul data berupa angket dengan skala likert, yang sebelumnya diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment dan multiple correlation. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan smartphone dan kesiapan belajar dengan hasil belajar matematika dengan koefisien korelasi sebesar 0,515 berada pada taraf “Cukup Kuat”.

 

Kata kunci: hasil belajar matematika, penggunaan smartphone, kesiapan belajar

 

Abstract

The problem in this study was the low mathematics learning outcomes. The purpose of this study was to determine the significant relationship between use smartphone using with learning readiness, smartphone using with mathematics learning outcomes, learning readiness with mathematics learning outcomes and smartphone using and learning readiness with mathematics learning outcomes. The type of this research was ex-post facto correlation. The population was 118 students and the research sample was 54 students. The data collection instrument was a questionnaire with a scale likert, which had previously been tested for validity and reliability. The data analysis used the product moment and multiple correlation. The results showed that there were a significant relationship between use smartphone and learning readiness with mathematics learning outcomes with a correlation coefficient of 0.515 at the "Strong Enough" level.

 

Keywords: mathematics learning outcomes, smartphone using, learning readiness


Keywords


DOAJ; Google Scholar; BASE; sinta; GARUDA; Crossref; Dimensions

References


Anugrahana, A. N. (2020). Hambatan , Solusi dan Harapan : Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289.

Darmadi. (2017). Pengembangan Model dan Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Sleman: Budi Utama.

Dong, C., Cao, S., & Lia, H. (2020). Young children’s online learning during COVID-19 pandemic: Chinese parents’ beliefs and attitudes. Children and Youth Services Review, 118(June), 105440.

Harahap, R. S., Elly, R., & Safiah, I. (2018). Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 12 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar KIP Unsyiah, 3(1), 119-126.

Heriyanto, A. P. (2016). Mobile Phone Forensics: Theory It’s edition- Mobile Forensics dan Security Series. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Iswidharmanjaya, D., & Agency, B. (2014). Bila Si Kecil Bermain Gadget. Yogyakarta: Bisakimia.

Kim, R., Lee, K.-J., & Choi, Y.-J. (2015). Mobile Phone Overuse Among Elementary School Students in Korea. Journal of Addictions Nursing, 26(2), 81-85.

Ma’shumah, F., & Muhsin. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar, Disiplin Belajar, Cara Belajar dan Interaksi Teman Sebaya terhadap Kesiapan Belajar. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 8(1), 318-332.

Mahitsa, M., & Mahardini, A. (2020). Analisis Situasi Penggunaan Google Classroom pada Pembelajaran Daring Fisika. Jurnal Pendidikan FIsika, 8(2), 215–224.

Mandias, G. F. (2017). Analisis Pengaruh Pemanfaatan Smartphone terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Fakultas Komputer Universitas Klabat. Cogito Smart Journal, 3(1), 83-90.

Mishra, L., Gupta, T., & Shree, A. (2020). Online teaching-learning in higher education during lockdown period of COVID-19 pandemic. International Journal of Educational Research Open, June, 100012.

Naibaho, C. D., & Wulandari, I. G. (2021). Kontribusi Intensitas Pemakaian Gadget dan Peran Orang Tua terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD . Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 4(1), 59-68.

Putri, A. E. (2019). Hubungan Kesiapan Belajar Siswa dan Bimbingan Belajar Orang Tua dengan Hasil Belajar Matematika Kelas V SDN Gugus Muhammad Syafi’i Margorejo Pati. Skripsi, Universitas Negeri Semarang: Semarang.

Ramadhani. (2020). Efek Penggunaan Smartphone Berkelanjutan pada Masa Pandemi COVID-19 terhadap Perilaku Anak. Jurnal Amal Pendidikan, 1: 96-105.

Rozalia, M. F. (2017). Hubungan Intensitas Pemanfaatan Gadget dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan SD, 5(2), 722-731.

Sari, E. M. (2019). Pengaruh Penggunaan Smartphone terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa SMK Swasta Bina Taruna 2 Medan Tahun Pelajaran 2018/2019. (Skripsi), Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara: Medan.

Satrianawati. (2017). Dampak Penggunaan Handphone terhadap Aktivitas Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar, 4(1), 54-61.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4401

Refbacks

  • There are currently no refbacks.