DEVELOPMENT OF CALCULUS LEARNING MEDIA BASED ON TIMOR ISLAND LOCAL WISDOM WITH SCILAB IMPLEMENTATION

Zulkaidah Nur Ahzan(1*), Justin Eduardo Simarmata(2),

(1) Universitas Timor
(2) Universitas Timor
(*) Corresponding Author


Abstract


Abstract :

This study aims to develop learning media for calculus based on the local wisdom of Timor Island with the implementation of Scilab. In addition, the research conducted simulations and compared the conventional methods and Scilab programming language to solve calculus problems. It is crucial to provide knowledge and insight to students to perform various types of simulations related to mathematics using Scilab or other open-source-based programming languages, besides the students become accustomed to solving mathematical problems with the help of programming languages. Twenty-three students of the Department of Mathematics Education in the University of Timor participated in this study to define, design, and develop a learning media in the form of handouts and powerpoints. The subject experts assessed the developed media as "excellent" in the aspect of content and language and "good" for the presentation. Meanwhile, the media experts gave an "excellent" rating for each aspect. Then after the media was tested on students, the media got “excellent” rating for each aspect.

Abstrak :

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran berbasis kearifan lokal pulau Timor pada mata kuliah Kalkulus dengan implementasi Scilab. Selain itu pada penelitian ini akan dilakukan simulasi dengan menggunakan Scilab dan melakukan perbandingan penyelesaian masalah-masalah kalkulus yang dilakukan dengan metode konvensional dan metode pembelajaran dengan menggunakan bahasa pemrograman Scilab. Penelitian ini sangat penting untuk memberikan pengetahuan dan wawasan kepada mahasiswa untuk melakukan berbagai jenis simulasi yang berkaitan dengan matematika yang menggunakan media Scilab atau bahasa pemrograman lainnya yang berbasis open-source, selain itu para mahasiswa menjadi terbiasa menyelesaikan masalah matematika dengan bantuan bahasa pemrograman. Penelitian ini melibatkan 23 orang mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Timor. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan langkah-langkah penelitian ini adalah define, design, dan development. Penelitian ini mengembangkan media yang berupa handout dan powerpoint. Adapun hasil yang diperoleh dari media yang dikembangkan mendapatkan penilaian “sangat baik” untuk aspek isi dan bahasa serta penilaian “baik” untuk aspek penyajian dari ahli materi. Sedangkan dari ahli media mendapatkan penilaian “sangat baik” untuk setiap aspek. Kemudian setelah media diujikan kepada mahasiswa, media mendapatkan respon “sangat baik” dari setiap aspek penilaian.


Keywords


calculus; local wisdom; media development; Scilab software

Full Text:

PDF

References


Aditya, P. T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web Pada Materi Lingkaran Bagi Siswa Kelas Viii. Jurnal Matematika Statistika Dan Komputasi, 15(1), 64. https://doi.org/10.20956/jmsk.v15i1.4425

Amin, A. K., & Mayasari, N. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbentuk Aplikasi Android Berbasis Weblog Pendidikan Matematika Ikip Pgri Bojonegoro. Journal Magistra, 27(94), 12–23.

Anam, K., & Arnas, Y. (2019). METODA CRAMER UNTUK SOLUSI ANALISA RANGKAIAN LISTRIK MENGGUNAKAN SCILAB. Jurnal Ilmiah Aviasi Langit Biru, 12(1), 61–68.

Ardhiyah, M. A., & Radia, E. H. (2020). Pengembangan Media Berbasis Adobe Flash Materi Pecahan Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 479. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i3.28258

Arfinanti, N. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matakuliah Metode Numerik dengan Implementasi Scilab Berbantuan Software Latex. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 6(2), 121–138. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v6i2.370

Astuti, E. P., & Ismadi, -. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Dasar-Dasar Desain Berbasis Kearifan Lokal Bagi Mahasiswa Pendidikan Seni Rupa. Imaji, 11(2). https://doi.org/10.21831/imaji.v11i2.3838

Ekayati, D.A.Y.,Karim, A., & Wiratomo, Y. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Pocket Book Berbasis Kearifan Lokal pada Pelajaran Matematika SMP Kelas VII. Prosiding Seminar Nasional Dan Diskusi Panel Pendidikan Matematika Universitas Indraprasta PGRI, 263–272.

Ferdianto, F., & Setiyani, S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Media Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Mahasiswa Pendidikan Matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 37. https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i1.781

Gond, S., & Pardeshi, S. (2016). USE OF SCILAB IN LINEAR ALGEBRA. International Engineering Journal For Research & Development, 2(5), 1–6.

Handayani, D. N. S., Pramudya, Y., Suparwoto, S., & Muchlas, M. (2018). The Application of Scilab Software in Frequency Mode Simulation on the Circular Membrane. Journal of Physics: Theories and Applications, 2(2), 83. https://doi.org/10.20961/jphystheor-appl.v2i2.31274

Lestari, A. W. (2019). PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI KAWASAN WISATA GOA KREO PADA MATERI EKOSISTEM KELAS X. Phenomenon, 09(1), 1–9. https://journal.walisongo.ac.id/index.php/Phenomenon/article/view/3113/2119

Normalasarie, & Aulia, S. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Ilmu Sosial Budaya Berbasis Kearifan Lokal (Kain Sasirangan Khas Kalimantan). Elementa: Jurnal Prodi Pgsd Stkip Pgri Banjarmasin, 1(1), 61–70.

Nurafni, A., Pujiastuti, H., & Mutaqin, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Trigonometri Berbasis Kearifan Lokal. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 4(1), 71. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v4i1.978

Nurhikmayati, I., & Sunendar, A. (2020). Pengembangan Project Based Learning Berbasis Kearifan Lokal Berorientasi pada Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kemandirian Belajar. Mosharafa : Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 1–12.

Nurrita, T. (2018). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Mysikat, 03(01), 171–187.

Randjawali, E. (2017). Desain Simulasi Pembentukan Bayangan Pada Cermin Cembung Menggunakan Gui Builder Scilab 5.5.0. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 7(2), 102. https://doi.org/10.26740/jpfa.v7n2.p102-114

Ratnaningsih, D. (2019). BAHAN AJAR KAJIAN PUISI BERBASIS KEARIFAN LOKAL (PIIL PESENGGIRI) DENGAN DUKUNGAN MEDIA INTERAKTIF PREZI PRESENTATION. Edukasi Lingua Sastra, 17(2), 27–34.

Rijali, A. (2019). Analisis Data Kualitatif (Qualitative Data Analysis). Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif , kualitatif dan r & d. 456.

Sumargiyani. (2018). PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA PADA MATA KULIAH KALKULUS DIFERENSIAL MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 155–161.

Supriyadi, E., & Rustam, A. H. (2020). Pengenalan komputasi matematika scilab kepada siswa sekolah menengah Kejuruan. Jurnal Analisa, 6(2), 173–186. https://doi.org/10.15575/ja.v6i2.9811

Syarifuddin, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Saintifik Approacd Berbasis Media Pembelajaran Kearifan Lokal pada Mata Kuliah Dasar-Dasar Sosiologi dalam Membangun Karakter dan Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Sosiologi Universitas Muhammadiyah Makassar. Jurnal Etika Demokrasi, 3(2), 75–85.

Wardani, S., & Endahati, N. (2019). Animasi Media Pembelajaran Bermuatan Kearifan Lokal. Seri Prosiding Seminar Nasional Dinamika Informatika Universitas PGRI Yogyakarta, 68–73.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4385

Refbacks

  • There are currently no refbacks.