PENGGUNAAN QUIZZIZZ DALAM MENGINTENSIFKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS
(1) 
(2) IKIP PGRI PONTIANAK
(3) IKIP PGRI PONTIANAK
(*) Corresponding Author
Abstract
Dengan mengikuti perkembangan zaman dan kecanggihan teknologi banyak aplikasi digital yang dapat menunjang proses perkuliahan secara intensif apalagi yang dapat mengintensifkan proses perkuliahan secara daring selama pandemic covid-19. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk melihat apakah penggunaan quizzizz dapat mengintensifkan pemahaman konsep matematis terhadap mahasiswa calon guru pendidikan matematika, selain itu tujuan dalam penggunaan quizzizz ini adalah untuk meningkatkan kretivitas dosen dan memberikan inovasi yang baru bagi mahasiswa dalam belajar. Dalam melakukan observasi ini di lingkungan IKIP PGRI Pontianak khususnya pada prodi pendidikan matematika semester 6 yang mana subjeknya dipilih secara non-probability sampling, dengan membagikan angket dengan menggunakan google form yang dibagikan pada 4 kelas sehingga diperoleh sebanyak 21 mahasiswa sebagai subjek dalam penelitian ini. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif non eksperimen. Penelitian ini merupakan penelitian survey dimana peneliti ingin mengidentifikasi secara terukur keadaan sekarang untuk dibandingkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Quizzizz dapat memberikan efektivitas yang dapat menunjang pemahaman konsep matematis mahasiswa pendidikan matematika dengan presentase sebesar 126,2 % yang berarti bahwa Quizzizz dapat mengintensifkan pemahaman konsep matematis mahasiswa calon guru pendidikan matematika.
By following the times and technological sophistication, there are many digital applications that can support the lecture process intensively, especially those that can intensify the online lecture process during the COVID-19 pandemic. This study also aims to see whether the use of quizzizz can intensify the understanding of mathematical concepts for prospective students of mathematics education teachers, besides that the purpose of using quizzizz is to increase lecturers' creativity and provide new innovations for students in learning. In conducting this observation in the IKIP PGRI Pontianak environment, especially in the 6th semester of mathematics education study program, the subjects were selected by non-probability sampling, by distributing questionnaires using google forms which were distributed to 4 classes so that 21 students were obtained as subjects in this study. This research includes non-experimental quantitative research. This research is a survey research where the researcher wants to identify measurably the current situation for comparison. The results showed that the use of Quizzizz can provide an effectiveness that can support the understanding of mathematical concepts of mathematics education students with a percentage of 126.2% which means that Quizzizz can intensify the understanding of mathematical concepts of prospective mathematics education teacher students.
Keywords
References
Darma, Y., Suratman, D., Yani, A., and Susiaty, U.D. (2019). Balance of Soft Skills and Hard Skills: Development of Subject Specific Pedagogic Based on Heuristic Strategy with Character Contents in Learning. IICMA 4th: International Conference-Indo MS.
Harahap, T. H., & Nasution, M. D. (2021). Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Connected Methematics Project (CMP). Journal Mathematics Education Sigma [JMES], 2(1), 8-12.
Matematika, 3(1), 64-73.
Kurniawan, A. D. (2013). Metode inkuiri terbimbing dalam pembuatan media pembelajaran biologi untuk meningkatkan pemahaman konsep dan kreativitas siswa SMP. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2(1).
Mawaddah, S., & Maryanti, R. (2016). Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP dalam pembelajaran menggunakan model penemuan terbimbing (discovery learning). EduMat: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1).
Mulyati, S., & Evendi, H. (2020). Pembelajaran matematika melalui media game quizizz untuk meningkatkan hasil belajar matematika SMP. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 64-73
Nikat, R. F., Algiranto, A., Loupatty, M., & Henukh, A. (2022). Pemahaman Konsep Dinamika dan Kinematika Berdasarkan Conceptual Knowledge Melalui Aplikasi Game Quizizz. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 10(2), 218-230.
Permata, C. A. M., & Kristanto, Y. D. (2020). Desain Pembelajaran Matematika Berbasis Gamifikasi untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(2), 279-291.
Pranajaya, D., Nurhayati, N., & Prihatingtyas, N. C. (2020). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Pada Materi Himpunan Kelas Vii Smp Negeri 8 Singkawang. Journal of Educational Review and Research, 3(2), 86-98.
Purwanti, R. D., Pratiwi, D. D., & Rinaldi, A. (2016). Pengaruh pembelajaran berbatuan geogebra terhadap pemahaman konsep matematis ditinjau dari gaya kognitif. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 115-122.
Putra, A., Syarifuddin, H., & Zulfah, Z. (2018). Validitas Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Penemuan Terbimbing dalam Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Penalaran Matematis. Edumatika: Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 56-62.
Rosiyanti, H., Widyasari, R., Ardiansyah, A. F., & Istiqomah, S. (2020, December). Pengaruh Pemberian Soal Pemahaman Berbantuan Media Quizizz Terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP Labschool FIP UMJ. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ (Vol. 1, No. 1).
Wihartanti, L. V., Wibawa, R. P., Astuti, R. I., & Pangestu, B. A. (2019, September). Penggunaan aplikasi quizizz berbasis smartphone dalam membangun kemampuan berpikir kritis mahasiswa. In Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran 2019 (pp. 362-368).
Yana, A. U., Antasari, L., & Kurniawan, B. R. (2019). Analisis pemahaman konsep gelombang mekanik melalui aplikasi online quizizz. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 7(2), 143-152.
Yerizon, Y., Wahyuni, P., & Fauzan, A. (2021). Pengaruh Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Gender Dan Level Sekolah. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 105-116.
Yulistiarawati, D. N., Umayaroh, S., & Linguistika, Y. (2021). Analisis Minat Belajar Siswa dalam Penggunaan Aplikasi Belajar Quizizz pada Pembelajaran Tematik Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(7), 573-584.
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i1.4378
.png)

.png)