PENGEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN STATISTIKA BERBASIS REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME)

Silvia Silvia(1*), Ahmad Fauzan(2), Edwin Musdi(3), Elita Zusti Jamaan(4),

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(3) Universitas Negeri Padang
(4) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author


Abstract


Statistika merupakan ilmu yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari, namun peserta didik masih mengalami kesulitan dalam memahami materi statistika. Peserta didik lebih cenderung dikenalkan dengan penggunaan rumus tanpa melibatkan penemuan konsep dari pengalaman peserta didik sehari-hari. Hal tersebut berdampak pada kemampuan penalaran matematis peserta didik yang masih rendah. Kemampuan penalaran matematis merupakan kemampuan yang harus dimiliki peserta didik dalam belajar matematika. Upaya yang harus dilakukan untuk memaksimalkan pembelajaran di sekolah dengan mendesain pembelajaran berbasis Realistic Mathematics Education (RME) yang diimplementasikan dalam buku guru dan buku siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah mendesain alur belajar statistika berbasis RME pada kelas VIII SMP yang valid dan praktis. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Design Research dengan menggunakan dua model pengembangan yaitu model pengembangan Gravemeijer and Cobb dan model Plomp. Model pengembangan Plomp memiliki tiga fase yaitu preliminary, protopyping, dan assesment yang dikombinasikan dengan tiga fase Gravemeijer & Cobb yaitu preparing for the experiment, conducting the experiment, and retrospective analysis. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Siak. Teknik analisis data dalam penelitian ini, data kuantitatif didapatkan melalui angket, sedangkan data kualitatif dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan catatan lapangan serta soal tes akhir. Hasil dari penelitian ini adalah peserta didik mampu menemukan konsep statistika dari buku peserta didik berbasis RME. Hasil penelitian menenjukkan desain pembelajaran statistika berbasis RME untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis sudah valid dan praktis.


Keywords


HLT; Penalaran Matematis; Realistic Mathematic Education; Statistika.

References


Afriadi, J. (2019). Pengembangan Desain Pembelajaran Topik Rata-Rata Hitung Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) di Kelas IX SMP/MTs. Math Educa Journal, 2(1), 91–102. https://doi.org/10.15548/mej.v2i1.179

Andrews-Larson, C., Wawro, M., & Zandieh, M. (2017). A hypothetical learning trajectory for conceptualizing matrices as linear transformations. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 48(6), 809–829. https://doi.org/10.1080/0020739X.2016.1276225

Cárcamo Bahamonde, A. D., Fortuny Aymemí, J. M., & Gómez i Urgellés, J. V. (2017). Mathematical modelling and the learning trajectory: tools to support the teaching of linear algebra. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 48(3), 338–352. https://doi.org/10.1080/0020739X.2016.1241436

Daro, P., Mosher, F. A., & Corcoran, T. (2011). Learning Trajectories in Mathematics Education: A Foundation for Standards, Curriculum, Assessment, and Instruction. CPRE Research Report #RR-68, 81–89. http://dx.doi.org/10.1207/s15327833mtl0602_1

Dewi, D. K., Khodijah, S. S., & Zanthy, L. S. (2020). Analisis Kesulitan Matematik Siswa SMP pada Materi Statistika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 1–7. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.148

Fauzan, A., & Yerizon, Y. (2013). Pengaruh Pendekatan RME dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemamampuan Matematis Siswa. Prosiding SEMIRATA 2013, 1(1).

Gravemeijer, K. (2010). A decade of PMRI in Indonesia. Tenbrink Utrecht.

Laurens, T., Batlolona, F. A., Batlolona, J. R., & Leasa, M. (2017). How does realistic mathematics education (RME) improve students’ mathematics cognitive achievement? Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(2), 569–578.

Maryati, I. (2017). Peningkatan Kemampuan Penalaran Statistis Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Pembelajaran Kontekstual. 6, 129–140.

Maryati, I., & Nanang Priatna. (2017). Analisis Kesulitan Dalam Materi Statistika Ditinjau Dari Kemampuan Penalaran Dan Komunikasi Statistis. Prisma, 6(2), 173–179. https://doi.org/10.35194/jp.v6i2.209

Masthura, L., Salasi, R., & Zaura, B. (2016). Penerapan Metode Drill pada Materi Statistika Kelas VII SMP Negeri 10 Banda Aceh Tahun Pelajaran 2015 / 2016. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika, 1(1), 86–97.

Mullis, I. V. S., Martin, M. O., Foy, P., & Arora, A. (2012). TIMSS 2011 international results in mathematics. ERIC.

Nisa, S., Zulkardi, Z., & Susanti, E. (2019). Kemampuan Penalaran Statistis Siswa Pada Materi Penyajian Data Histogram Melalui Pembelajaran Pmri. Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 21–40. https://doi.org/10.22342/jpm.13.1.5460.21-40

OECD. (2015). PISA 2015 Results in Focus. OECD, 1–31.

Rangkuti, A. N. (2015). Pengembangan Alur Pembelajaran Topik Pecahan di Sekolah Dasar dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Padang: Program Pascasarjana UNP.

Sari, R. M., Amir M.Z., Z., & Risnawati, R. (2017). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Untuk Memfasilitasi Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(1), 66–74. https://doi.org/10.30998/formatif.v7i1.1108

Sari, S. K. (2017). Pengembangan Desain Pembelajaran Statistika Berbasis IT Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematics Education untuk Kelas VIII SMP. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 1(2), 290. https://doi.org/10.33603/jnpm.v1i2.495

Smith, J. P., Vogeli, B. R., Walker, E., & Wasserman, N. H. (2011). Design Research in the Netherlands: Introducing Logarithms Using Realistic Mathematics Education. Journal of Mathematics Education at Teachers College, 2(1), 47–52. https://doi.org/10.7916/jmetc.v2i1.708

Stacey, K. (2011). The PISA view of mathematical literacy in Indonesia. Journal on Mathematics Education, 2(2), 95–126. https://doi.org/10.22342/jme.2.2.746.95-126

Wijaya, A. (2012). Pendidikan Matematika Realistik, Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4362

Refbacks

  • There are currently no refbacks.