EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI MASA PANDEMI COVID 19 PADA MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA UNIVERSITAS FLORES

Kristianus Jago Tute(1), Lely Suryani(2*),

(1) 
(2) Universitas Flores
(*) Corresponding Author


Abstract


Pada masa covid-19, sistem pembelajaran yang dahulunya tatap muka berubah menjadi pembelajaran berbasis online atau yang kita kenal dengan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Banyak platform digital yang yang dimanfaatkan dalam PJJ ini, salah satunya adalah e-learning yang digunakan oleh Universitas Flores. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran jarak jauh di masa pandemi Covid-19 pada mahasiswa pendidikan matematika universitas flores. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan pendekatan kuantitatif bersifat deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah  mahasiswa pendidikan matematika Universitas Flores semester 2, 4, 6 dan 8 sebanyak 185 yang diambil secara random. Dari hasil analisis data dan pengujian hipotesis dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Variabel Fasilitas tidak mempengaruhi secara signifikan terhadap Variabel sosial, 2) Variabel Fasilitas sangat berpengaruh secara signifikan terhadap variabel ekonomi, 3) Variabel Fasilitas sangat berpengaruh terhadap variabel sumber daya manusia, 4) Variabel ekonomi sangat berpengaruh terhadap variabel sumber daya manusia, 5) Variabel Sosial sangat berpengaruh terhadap variabel Ekonomi dan 6) Variabel Sosial tidak  berpengaruh secara signifikan terhadap variabel Sumber daya manusia.

 


Keywords


Efektivitas1; pembelajaran jarak jauh2; pendidikan matematika3

References


Arizona, K., Abidin, Z., & Rumansyah, R. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 64–70. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.111

Baety, D. N., & Munandar, D. R. (2021). Analisis Efektifitas Pembelajaran Daring dalam Menghadapi Wabah Pandemi COVID-19. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 880–889. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/476

Damayanthi, A. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid 19 pada Perguruan Tinggi Keagamaan Katolik. JURNAL SOSIAL :Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 21(3), 53–56. http://sosial.unmermadiun.ac.id/index.php/sosial/article/view/61

Damayanti, S. (2020). Analisis Efektifitas Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Daring “Mengembangkan Kemampuan Riset Dan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Yang Berkualitas, 1, 29–35.

Dewantara, J. A., & Nurgiansah, T. H. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID 19 Bagi Mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Basicedu, 5(1), 367–375. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.669

Halima, & Wasia, S. (2020). Efektifitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di SMAN 1 Lambandia. Jurnal Universitas Muhammadiyah Kendari, 4.

Hasanah, A., Sri Lestari, A., Rahman, A. Y., & Danil, Y. I. (2020). Analisis Aktivitas Belajar Daring Mahasiswa Pada Pandemi COVID-19. Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid-19 UIN Sunan Gunung Djati Bandung Tahun 2020, 4–8. http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/30565

Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi COVID-19. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70. https://doi.org/https://doi.org/10.21009/jtp.v22i1.15286

Hikmat, Hermawan, E., Aldim, & Irwandi. (2020). Efektivitas Pembalajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 : Sebuah Survey Online. Digital Library, UIN SUnan Gung Djati, Bandung, 1–7. http://digilib.uinsgd.ac.id/30625/

Irhandayaningsih, A. (2020). Pengukuran literasi digital pada peserta pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. Anuva, 4(2), 231–240.

Nugroho, P. B., Badawi, B., & Prihatmojo, A. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbentuk Video Pembelajaran Berbasis Data Covid-19 Untuk Meningkatkan Kewaspadaan Mahasiswa Terhadap Hoaks. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 467. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3519

Purwanti, E., & Krisnadi, I. (2020). Implementasi Sistem Perkuliahan Daring Berbasis ICT Dalam Masa Pandemi Wabah Covid -19. Implementasi Sistem Perkuliahan Daring Berbasis ICT Dalam Masa Pandemi Wabah Covid -19., 1(1), 1–12.

Purwasih, R., & Elshap, D. S. (2021). Belajar Bersama Covid-19:Review Impelementasi, Tantangan Dan Solusi Pembelajaran Daring Pada Guru-Guru Smp. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 940. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3545

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Suhada, I., Kurniati, T., Pramadi, A., & Listiawati, M. (2020). Pembelajaran Daring Berbasis Google Classroom Mahasiswa Pendidikan Biologi pada Masa Wabah Covid-19. Jurnal Pembelajaran Daring, 2019, 1–9. http://digilib.uinsgd.ac.id/30584/

Sulata, M. A., & Hakim, A. A. (2020). Gambaran Perkuliahan Daring Mahasiswa Ilmu Keolahragaan Unesa Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Kesehatan Olahraga, 8, 147–156.

Syarifuddin, S., Basri, H., Ilham, M., & Fauziah, A. F. (2021). Efektifitas Pembelajaran Daring Mahasiswa Pendidikan Matematika ditengah Pandemi Covid-19. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v1i1.16

Wahyuni, S., & Noch, M. Y. (2020). Efektifitas Pembelajaran Daring (Online Learning) Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kota Jayapura. G-Literasi. http://jurnal1.uniyap.ac.id/uyp/index.php/gljkg/article/view/49

Wibawa, K. A., & Payadnya, I. P. A. A. (2021). Learning Effectiveness Through Video Presentations and Whatsapp Group (Wag) in the Pandemic Time Covid-19. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 710. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i2.3451




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4354

Refbacks

  • There are currently no refbacks.