KEMAMPUAN TPACK MAHASISWA CALON GURU MATEMATIKA PADA MATA KULIAH PRAKTIKUM PEMBUATAN ALAT PERAGA MATEMATIKA

Budi Murtiyasa(1), Mega Dwi Atikah(2*),

(1) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Surakarta
(*) Corresponding Author


Abstract


Abstrak

Pesatnya perkembangan teknologi menuntut guru untuk dapat mengintegrasikan teknologi ke dalam proses pembelajaran. Selain itu, dibutuhkan ilmu bagi guru untuk mengelola pembelajaran. Guru tidak dapat mengelola pembelajaran dengan baik apabila tidak menguasai materi yang akan disampaikan. Kemampuan Technological, Pedagogical, Content Knowledge (TPACK) yang menyatukan ketiga pengetahuan tersebut penting untuk dikuasai oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan kemampuan TPACK mahasiswa calon guru matematika pada mata kuliah Praktikum pembuatan Alat Peraga Matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian dalam penelitian ini yaitu mahasiswa yang mengambil mata kuliah Praktikum Pembuatan Alat Peraga Matematika. Instrumen utama pada penelitian ini yaitu peneliti sendiri dan instrumen pendukung yang digunakan berupa kuesioner dan wawancara yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Setiap pernyataan dan pertanyaan pada instrumen didasarkan pada setiap aspek TPACK. Subjek wawancara dipilih masing-masing satu mahasiswa yang memiliki skor tinggi, sedang dan rendah pada kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan TPACK mahasiswa calon guru matematika berada pada kategori baik dengan rata-rata 3.81. Hal ini menunjukkan bahwa mahasiswa calon guru matematika telah memahami aspek-aspek pada kemampuan TPACK.

 

Kata kunci: Alat Peraga; Calon Guru; TPACK.

 

Abstract

The rapid development of technology requires teachers to be able to integrate technology into the learning process. In addition, knowledge is needed for teachers to manage learning. Teachers cannot manage learning well if they do not master the material to be delivered. Technological, Pedagogical, Content Knowledge (TPACK) capabilities that unite these three knowledges are important for teachers to master. This study aims to analyze and describe the TPACK ability of prospective mathematics teacher students in the practical course of making Mathematics Teaching Aids. This research is a qualitative research with a descriptive approach. The research subjects in this study were students who took the Mathematics Teaching Aids Making Practicum course. The main instrument in this study is the researcher himself and the supporting instruments used are questionnaires and interviews which have been tested for validity and reliability. Every statement and question on the instrument is based on every aspect of TPACK. The interview subject was selected by one student each who had high, medium and low scores on the questionnaire. The results of this study indicate that the TPACK ability of prospective mathematics teacher students is in the good category with an average of 3.81. This shows that the prospective mathematics teacher students have understood aspects of the TPACK ability.

 

Keywords: Pre-service Teacher; Props; TPACK.


Keywords


Alat Peraga; Calon Guru; TPACK

References


Anggriawan, Y. (2020). Analisis Kemampuan Tpack Pada Guru Matematika Dalam Penerapan Metode Discovery Learning Di Smp Negeri Se Kec. Tuntang Kab. Semarang Tahun Pelajaran 2020. Skripsi. Program Studi Tadris Matematika IAIN Salatiga. Salatiga

http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/id/eprint/4267

Annisah, S. (2014). Alat Peraga Pembelajaran Matematika. Jurnal Tarbawiyah, 11(1), 1–15.

Aviyanti, I. (2016). Penerapan Technological Pedagogical Content Knowledge ( Tpack ) Dalam Pembelajaran Ditinjau Dari Status Sertifikasi , Lama Mengajar , Dan Bidang Studi Guru. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ekonomi Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta.

Furqon Arbianto, U., Widiyanti, W., & Nurhadi, D. (2019). Kesiapan Technological, Pedagogical And Content Knowledge (Tpack) Calon Guru Bidang Teknik di Universitas Negeri Malang. Jurnal Teknik Mesin Dan Pembelajaran, 1(2), 1. https://doi.org/10.17977/um054v1i2p1-9

Gazali, R. Y. (2016). Pembelajaran Matematika Yang Bermakna. Math Didactic, 2(3), 181–190. https://doi.org/10.33654/math.v2i3.47

Hayati, E., Rahmadi, I. F., & Nursyifa, A. (2019). Analisis Technological Pedagogical and Content Knowledge (TPACK) Calon Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn). Prosiding Seminar Nasional Enhancing Innovations for Sustainable Development: Dissemination of Unpam’s Research Result, 1–13.

Kozikoğlu, İ., & Babacan, N. (2019). The investigation of the relationship between Turkish EFL teachers’ technological pedagogical content knowledge skills and attitudes towards technology. Journal of Language and Linguistic Studies, 15(1), 20–33. https://doi.org/10.17263/jlls.547594

Kurniawan, A., & Astuti, A. P. (2017). Deskripsi Kompetensi Pedagogik guru dan Calon Guru Kimia SMA Muhammadiyah 1 Semarang. Seminar Nasional Pendidikan, Sains Dan Teknologi, 1–7.

Lestari, M. (2021). Keahlian khusus seorang tenaga pendidik. Seri Publikasi Pembelajaran: Profesi Kejuruan, 1(2), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.31219/osf.io/hnyz7

Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459

Malichatin, H. (2019). Analisis Kemampuan Technological Pedagogical and Content Knowledge Mahasiswa Calon Guru Biologi Melalui Kegiatan Presentasi Di Kelas. Journal Of Biology Education, 2(2), 162. https://doi.org/10.21043/jbe.v2i2.6352

Maryono. (2016). Profil Pedagogical Content Knowledge (PCK) Mahasiswa Calon Guru Matematika Ditinjau dari Kemampuan Akademiknya. Jurnal Review Pembelajaran Matematika, 1(1), 1–16. https://doi.org/10.15642/jrpm.2016.1.1.1-16

Mudiono, A. (2016). Keprofesionalan Guru Dalam Menghadapi Pendidikan Di Era Global. Prosiding Seminar Nasional KSDP Prodi S1 PGSD “Konstelasi Pendidikan Dan Kebudayaan Indonesia Di Era Globalisasi,” 43–50. http://pgsd.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2017/01/5.pdf

Nasar, A., & Daud, M. H. (2020). ANALISIS KEMAMPUAN GURU IPA TENTANG TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE PADA SMP / MTs DI KOTA ENDE. OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika, 4(1), 9–20.

Nevrita, Asikin, N., & Amelia, T. (2020). Analisis Kompetensi TPACK pada Media Pembelajaran Guru Biologi SMA. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 8(2), 203–217. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i2.16709

Nofiani, M., & Julianto, T. (2018). Efektivitas Pelaksanaan Program Magang Pembelajaran terhadap Kemampuan TPACK ( Technological Pedagogical Content Knowledge ) Mahasiswa Calon Guru Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Proceeding Biology Education Conference, 15, 577–582.

Nurhalimah, Baisa, H., & Asmahasanah, S. (2020). PENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI MI I’ANATUSSHIBYAN. Jurnal Pendidikan Guru, 1(1), 29–41.

Nurtanto, M. (2016). Mengembangkan kompetensi profesionalisme guru dalam menyiapkan pembelajaran yang bermutu. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan Inovasi Pembelajaran Berbasis Karakter Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN, 10, 553–565. http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/snip/article/viewFile/8975/6535

Omoso, E., & Odindo, F. (2020). TPACK in Teacher Education: Using Pre-Service Teachers’ Self-Reported TPACK To Improve Pedagogic Practice. International Journal of Education and Research, 8(5), 125–138. www.ijern.com

Rahmadi, I. F. (2019). Penguasaan technological pedagogical content knowledge calon guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 16(2), 122–136. https://doi.org/10.21831/jc.v16i2.20550

Reski, A., & Sari, K. (2020). Analisis Kemampuan TPACK Guru Fisika Se-Distrik Merauke. Jurnla Kreatif Online, 8(1), 1–8.

Rusmawati. (2017). Penggunaan Alat Peraga Langsung pada Pembelajaran Matematika dengan Materi Pecahan Sederhana untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, Dan Humaniora, 3(2), 307–314. http://103.193.19.206/index.php/suaraguru/article/view/3607/2128

Sa’adah, S., & Kariadinata, R. (2018). Profil Tecnological Pedagogical and Content Knowledge Mahasiswa Calon Guru Biologi. Jurnal BIOEDUIN : Program Studi Pendidikan Biologi, 8(2), 17–28. https://doi.org/10.15575/bioeduin.v8i2.3186

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sujarweni, V. W. (2014). Metode Penelitian: Lengkap, praktis, dan mudah dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Sukaesih, S., Ridlo, S., & Saptono, S. (2017). Analisis kemampuan technological pedagogical and content knowledge(TPACK) calon guru. Seminar Nasional Pendidikan Sains, 21, 58–64.

Supriyadi, Bahri, S., & Waremra, R. S. (2018). Kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Mahasiswa Pada Matakuliah Strategi Belajar Mengajar Fisika. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 8(2), 1–9. https://doi.org/10.21067/jip.v8i2.2632

Surani, D. (2019). Studi Literatur : Peran Teknolog Pendidikan Dalam Pendidikan 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 456–469. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/5797

Sutama. (2019). Metode Penelitian Pendidikan: kuantitatif, kualitatif, penelitian tindakan kelas, mix method, r&d (Cetakan 1). CV. Jasmine.

Suyamto, J., Masykuri, M., & Sarwanto, S. (2020). Analisis Kemampuan Tpack (Technolgical, Pedagogical, and Content, Knowledge) Guru Biologi Sma Dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran Materi Sistem Peredaran Darah. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 9(1), 46. https://doi.org/10.20961/inkuiri.v9i1.41381

Voogt, J., & McKenney, S. (2017). TPACK in teacher education: are we preparing teachers to use technology for early literacy? Technology, Pedagogy and Education, 26(1), 69–83. https://doi.org/10.1080/1475939X.2016.1174730

Wiguna, R., Fitri, Z., & Erlindawati. (2017). Kompetensi Technological Pedagogical And Content Knowledge Pada Mahasiswa Program Praktik Lapangan Program Studi Pendidikan Kimia Keywords : Technological Pedagogical and Content Knowledge , Internship students Abstrak Technological Pedagogical and Conten. Jurnalilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia, 2(2), 117–126.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4351

Refbacks

  • There are currently no refbacks.