PENGARUH MOTIVASI, SIKAP, DAN IKLIM BELAJAR TERHADAP MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MASA PANDEMI COVID-19

Nursalam Nursalam(1*), Andi Kusumayanti(2), Andi Dian Angriani(3),

(1) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
(2) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
(3) Universitas islam Negeri Alauddin Makassar
(*) Corresponding Author


Abstract


Rendahnya prestasi belajar menandakan bahwa proses pembelajaran secara konvensional masih belum bisa memberikan hasil yang optimal. Prestasi belajar dipengaruhi oleh motivasi, sikap, iklim, dan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran tertentu. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar, sikap belajar, iklim belajar, terhadap minat dan prestasi belajar matematika peserta didik SMP/MTs pada masa pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan desain penelitian, yaitu model analisis jalur (path analysis). Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengukur motivasi, sikap, iklim, dan minat belajar adalah angket dengan jawaban tertutup. Sementara prestasi belajar matematika peserta didik dilihat berdasarkan nilai rapor peserta didik. Teknik analisis data statistika yang digunakan adalah statistika deskriptif dan statistika inferensial dengan analisis jalur (path analysis). Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar peserta didik memiliki motivasi belajar kategori sedang, sikap belajar kategori sedang, iklim belajar kategori tinggi, minat belajar kategori tinggi, dan prestasi belajar kategori tinggi. Hasil perhitungan uji linearitas menunjukkan bahwa terdapat pengaruh langsung antara prestasi dan motivasi belajar, sikap belajar, iklim belajar, dan minat belajar.

Low learning achievement indicates that the conventional learning process is still not able to provide optimal results. Learning achievement is influenced by learners' motivation, attitudes, climate, and learning interests in a particular subject. This research was conducted to find out the influence of learning motivation, learning attitudes, learning climate, on the interests and achievements of learning mathematics of junior high school students/MTs during the Covid-19 pandemic. This type of research is correlational research with the design of the research, namely the path analysis model. The data collection technique that researchers used in this study was a questionnaire. Research instruments used to measure motivation, attitudes, climate, and learning interests are questionnaires with closed answers. While the achievement of learning mathematics learners are seen based on the value of the report card of learners. Statistical data analysis techniques used are descriptive statistics and inverse statistics with a path analysis approach. The results showed that most learners have moderate category learning motivation, moderate category learning attitudes, high category learning climate, high category learning interest, and high category learning achievement. The results of linearity test calculations show that there is a direct influence between learning achievement and motivation, learning attitudes, learning climate, and learning interests.


Keywords


Motivasi Belajar; Sikap Belajar; Iklim Belajar; Minat Belajar; Prestasi Belajar

References


Abdillah, A., & Fajar, D. M. (2020). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa di Kelas VIII SMP Negeri 1 Ajung Melalui Praktikum GLB dan GLBB. EKSAKTA : Jurnal Penelitian dan Pembelajaran MIPA, 5, 48–54.

Alinsunurin, J. (2020). School learning climate in the lens of parental involvement and school leadership: lessons for inclusiveness among public schools. Smart Learning Environments, 7(25). https://doi.org/10.1186/s40561-020-00139-2

Atsani, L. G. M. Z. (2020). Transformasi Media Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam, 1(1).

Cleopatra, M. (2015). Pengaruh Gaya Hidup Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 5(2).

Filgona, J., Sakiyo, J., Gwany, D. M., & Okoronka, A. U. (2020). Motivation in Learning. Asian Journal of Education and Social Studies, 10(4), 16–37. https://doi.org/10.9734/ajess/2020/v10i430273

Guido, R. M. D. (2013). Attitude and Motivation towards Learning Physics. International Journal of Engineering Research & Technology (IJERT), 2(11), 2087–2094.

Hamzah, B. U. (2014). Teori Motivasi & Pengukurannya. In Personnel Review.

Hidayatullathifah, H., & Sujadi, A. A. (2017). Peningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Make A Match Siswa Kelas VII F SMP 1 Banguntapan. Union: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(3). https://doi.org/10.30738/.v5i3.1253

Higgins, K., Huscroft-D’Angelo, J., & Crawford, L. (2019). Effects of Technology in Mathematics on Achievement, Motivation, and Attitude: A Meta-Analysis. Journal of Educational Computing Research, 0(0), 1–37. https://doi.org/10.1177/0735633117748416

Islamiah, I. (2019). Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Di SMKN 1 Cihampelas. Journal on Education, 1(2), 451–457.

Jemudin, F. D. E., Makur, A. P., & Ali, F. A. (2019). Hubungan Sikap Belajar dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMPN 6 Langke Rembong. Jurnal Honai Math, 2(1), 1–11.

Lomu, L., & Widodo, S. A. (2018). Pengaruh motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia.

Minggi, I., Dinar, M., & Hasnainah. (2020). Pengaruh Sikap pada Pelajaran Matematika dan Kebiasaan Belajar Matematika ditinjau dari Gaya Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SLTP Berorientasi Islam di Makassar. 4(2), 113– 125.

Purnomo, Y. (2017). Pengaruh Sikap Siswa pada Pelajaran Matematika dan Kemandirian Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 2(1).

Putri, A. P., Rahhayu, R. S., Meidawati, S., & Ningsih, P. A. R. (2021). Strategi Pembelajaran Melalui Daring Dan Luring Selama. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 1–8.

Salsabila, A., & Puspitasari. (2020). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan, 5(2), 191.

Suprihatin, S. (2015). Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Promosi (Jurnal Pendidikan Ekonomi), 3(1), 73–82. https://doi.o

rg/10.24127/ja.v3i1.144

Suryaningsih, A. (2020). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Secara Online Pada Pelajaran. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1). https://doi.org/10.51169/ideguru.v5i1.143

Suwarni, D. I., Kurniasih, S., & Rostikawati, R. T. (2018). Penerapan model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) dan demonstrasi reciprocal untuk meningkatkan hasil belajar ekosistem Siswa SMP PGRI Suryakencana Cileungsi Kabupaten Bogor. Jurnal Pendidikan Ilmiah.

Syah, M. (2010). Psikologis Pendidikan. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya.

Thapa, A., Cohen, J., Guffey, S., & Higgins-D’Alessandro, A. (2013). A Review of School Climate Research. In Review of Educational Research (pp. 357–385). https://doi.org/10.3102/0034654313483907

Yana, Y., & Sari, D. P. (2021). Investigasi Minat Dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Di Era Covid-19. Statmat : Jurnal Statistika dan Matematika, 3(1), 19–28. https://doi.org/10.32493/sm.v3i1.8184

Yulia, H. (2017). Readiness for Blended Learning viewed from the Students’ Attitude towards Learning Aspects. International Journal of Active Learning, 2(1), 15–26. https://doi.org/10.15294/ijal.v2i1.9106




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i4.4348

Refbacks

  • There are currently no refbacks.