PENGEMBANGAN VIDEO INTERAKTIF BERMUATAN MASALAH AUTENTIK UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP

Ni Made Suwarnisi(1*), Sariyasa Sariyasa(2), I Nengah Suparta(3),

(1) Universitas Pendidikan Ganesha
(2) Universitas Pendidikan Ganesha
(3) Universitas Pendidikan Ganesha
(*) Corresponding Author


Abstract


Proses pembelajaran yang kurang kreatif membuat belajar menjadi membosankan dan terkesan kurang bermanfaat bagi siswa sehingga menurunkan minat dan prestasi belajar. Melalui penelitian ini dihasilkan sebuah video pembelajaran interaktif bermuatan masalah autentik untuk meningkatkan minat dan prestasi belajar matematika siswa SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model ADDIE. Subjek dalam penelitian ini yaitu satu kelas siswa kelas VIII yang berjumlah 40 orang pada salah satu SMP Negeri di Ubud dan melibatkan ahli media dan ahli materi sebagai validator. Data mengenai video pembelajaran yang valid diperoleh melalui hasil validasi dari dua orang validator. Data mengenai keefektifan video pembelajaran diperoleh melalui hasil angket minat belajar matematika dan tes prestasi belajar matematika. Pengembangan penelitian ini melalui lima tahapan, yaitu analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Karakteristik dari video pembelajaran yang dikembangkan mengandung unsur interaktif dan bermuatan masalah autentik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa video yang dihasilkan merupakan video yang valid dengan berdasarkan penilaian validator yaitu dengan rata-rata skor 3,63 dari skor maksimum 4,0 sehingga layak digunakan dan video yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan minat dan prestasi belajar matematika dengan nilai angket minat belajar matematika siswa menunjukkan bahwa minat siswa tinggi dengan rata-rata skor 2,97 dari skor maksimum 3,0. Serta tes prestasi belajar matematika siswa memperoleh rata-rata 78,88 dari skor maksimum 100 yang tergolong kategori tuntas.

Keywords


Masalah Autentik; Minat Belajar; Prestasi Belajar; Video Interaktif.

References


Andriani, S., Sunismi, & Fuady, A. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Interaktif Berbasis Realstik pada Materi Aritmatika Kelas VII SMP. Jurnal Penelitian, Pendidikan, Dan Pembelajaran, 14(7), 1–7.

Anitawulandari, P., (2020) Pengembangan Interactive Video Lecture Berorientasi Masalah Autentik Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Aritmetika Sosial Di SMP Kelas VII. Undergraduate Thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

Ario, M. & Asra, A. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran Materi Integral Pada Pembelajaran Flipped Classroom. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 20-31. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1709

Fitri, N. R. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Dengan Adobe Flash Pada Materi Peluang. Skripsi Sarjana, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang.

Dewi, N.W.I.S., Suarsana, I.M., Suryawan, I.P.P. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif Berbantuan Masalah Autentik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 12(1), 219.

Karina P., Degeng, I.N.S., Adi, E.P. (2019) Pengembangan Suplemen Video Pembelajaran Adaptasi Makhluk Hidup Untuk Siswa Tunarungu SLB-B YPLB Blitar. JKTP Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(4), 268-277.

Rakhmawati, R. (2016). Aktivitas Matematika Berbasis Budaya pada Masyarakat Lampung. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 221–230. https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i2.37

Riduwan. (2014). Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta, cet. ke-10.

Saman, Ma’rufi, & Tiro A. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Dalam Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Matematika: Pedagogy, 4(1), 1-12.

Setyosari. (2015). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. (4 ed) Jakarta: Prenadamedia Grup

Sholehah, S. H., Handayani, D. E., & Prasetyo, S. A. (2018). Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas IV SD Negeri Karangroto 04 Semarang. Mimbar Ilmu, 23(3), 237–244. https://doi.org/10.23887/mi.v23i3.16494

Sofiyullah, N. (2018). Pengembangan Video Pembajaran Interaktif Berbasis Materi dan Soal Sebagai Suplemen Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Mata Pelajaran IPA. Skripsi. Universitas Negeri Semarang, 69–73.

Surat Edaran Permendikbud. Diakses pada 23 September 2020 dengan alamat https://disdikpora.baliprov.go.id.

Suseno, P. U., Ismail, Y., & Ismail, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Video Interaktif berbasis Multimedia. Jambura Journal of Mathematics Education, 1(2), 59–74. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v1i2.7272

Yensy, N. A. (2020). Efektifitas Pembelajaran Statistika Matematika melalui Media Whatsapp Group Ditinjau dari Hasil Belajar Mahasiswa (Masa Pandemik Covid 19). Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05(02), 65–74.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i1.4345

Refbacks

  • There are currently no refbacks.