PENGARUH PERAN ORANG TUA TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Maria Goretty Diciloam Bantas(1*), Yasinta Yenita Dhiki(2), Stefanus Notan Tupen(3),

(1) Flores University
(2) Universitas Flores
(3) Universitas Flores
(*) Corresponding Author


Abstract


Abstrak

Tujuan Penelitian ini adalah untuk melihat peran serta dari orang tua dalam meningkatkan minat belajar anak untuk mata pelajaran matematika yang berpengaruh terhadap hasil belajar matematika anak setelah masa pandemic berakhir. Penelitian yang digunakan merupakan deskriptif kualitatif, yang menjadi subjek dlaam penelitian ini adalah peserta didik/I SMP yang bertempat tinggal di wilayah RT. 003, RW. 003 Kelurahan Tetandara Kabupaten Ende dengan jumlah 17 orang yang terdiri dari 9 peserta didik dan 8 siswi dengan sekolah yang berbeda dan orang tua yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan peran yang diberikan orang tua dalam proses pembelajaran matematika berupa memberikan bimbingan dan arahan, memberikan nasihat, mengawasi proses belajar, dan memenuhi fasilitas anak sebagai peserta didik dapat menumbuhkan minat anak yang dlihat dari perasaan senang, perhatian, ketertarikan dan keterlibatan anak dalam proses pembelajaran matematika yang dilaksanakan secara online.

 

Kata kunci: Pembelajaran matematika; peran orang tua; minat belajar.

 

Abstract

The purpose of this study was to see the role of parents in increasing children's interest in learning mathematics which affects children's mathematics learning outcomes after the pandemic period ended. The research used is descriptive qualitative, the subjects of this research are junior high school students who live in the RT area. 003, RW. 003 Tetandara Village, Ende Regency with a total of 17 people consisting of 9 students and 8 students from different schools and different parents. The results showed that the role given by parents in the mathematics learning process in the form of providing guidance and direction, providing advice, supervising the learning process, and fulfilling children's facilities as students can foster children's interest which can be seen from feelings of pleasure, attention, interest and involvement of children in the process. mathematics learning carried out online.

 

Keywords: Learning mathematics; role of parents; interest in learning.


Keywords


Learning Mathematics; Role of Parents; Interest in Learning.

References


Aji, R. H. S. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5), 395–402. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314

Andriana, AR, R. A., & Yahya, A. (2021). ANALISIS PERANAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS 8 MTS DDI TINIGI DALAM BIDANG MATEMATIKA. Elips: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 124–134.

Fane, A., & Sugito, S. (2019). Pengaruh Keterlibatan Orang Tua, Perilaku Guru, dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 53–61. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.15246

Fauzy, A., & Nurfauziah, P. (2021). Kesulitan Pembelajaran Daring Matematika Pada Masa Pandemi COVID- 19 di SMP Muslimin Cililin. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(01), 551–561.

Handayani, S. (2016). Pengaruh Perhatian Orangtua Dan Minat Belajar. Jurnal Formatif, 6(2), 141–148. Retrieved from https://media.neliti.com/.../234830-pengaruh-perhatian-orangtua-dan-minat-be-bb3ab.

Harahap, H. S., Hrp, N. A., Nasution, I. B., Harahap, A., Harahap, A., & Harahap, A. (2021). Hubungan Motivasi Berprestasi, Minat dan Perhatian Orang Tua Terhadap Kemandirian Siswa. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1133–1143. Retrieved from https://edukatif.org/index.php/edukatif/index

Kemendikbud. Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). , Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2O2O § (2020).

Marbun, Y. M. R. (2021). Pengaruh Perhatian orang Tua dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP. Jurnal Matematics Paedagogic, 5(2), 111–120.

Mayyustita, E. N., & Aini, I. K. (2021). Peran Orang Tua dalam Pembelajaran Anak Kesulitan Belajar Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Khusus, 16(2), 1–10.

Na’im, Z., & Ahsani, E. L. F. (2021). Peran Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring. Pedagogika, 12(Nomor 1), 32–52. https://doi.org/10.37411/pedagogika.v12i1.621

Safriana, C., Nasriadi, A., & Rahamattullah. (2021). Pengaruh motivasi Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Alafan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 2(1).

Satria, T. G. (2021). Hubungan Perhatian dari Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 30(1), 71–76.

Solikhah, L. F., & Pujiastuti, H. (2021). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Educatio, 7(3), 668–673. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i3.1181

Sumartini, A., & Fitri, A. (2021). Analisis Minat Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Tulis Pada Pembelajaran Matematika Secara Daring. Konferensi Ilmiah Pendidikan Universitas Pekalongan, 179–186. Retrieved from https://proceeding.unikal.ac.id/index.php/kip

Sumiyati, T., Amri, B., & Sukayasa. (2017). Pengaruh Perhatian Orang Tua, Konsep Diri, dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Tentang Matematika Kelas VIII SMP Negeri Di Kecamatan Sausu Kabupaten Parigi Moutong. Jurnal Mitra Sains, 5(2), 84–94.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4335

Refbacks

  • There are currently no refbacks.