PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KALKULUS INTEGRAL BERBASIS PENDEKATAN COMPUTATIONAL THINKING

Fariz Setyawan(1*), Dwi Astuti(2),

(1) 
(2) Universitas Ahmad Dahlan
(*) Corresponding Author


Abstract


Dampak pendemi memaksa mahasiswa lebih menyukai pembelajaran dengan menggunakan elearning ataupun whatsapp dibandingkan dengan platform lain. Hal ini mendorong peneliti untuk menyediakan bahan ajar yang terintegrasi dengan teknologi terkini yang bersifat adaptif dan dapat diakses secara kapanpun dan dimanapun oleh mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar mata kuliah Kalkulus Integral berbasis pendekatan Computational Thinking (CT). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model Plomp. Bahan ajar tersebut diuji coba untuk menilai kevalidan dan kepraktisan bahan ajar yang dikembangkan oleh peneliti.

Bedasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa mahasiswa merasakan kebermanfaatan dari penggunaan modul yang diintegrasikan pada e-learning melalui pendekatan CT. Bedasarkan hasil validasi diperoleh bahwa bahan ajar sangat valid. Pada analisis kepraktisan bahan ajar diperoleh sebanyak 66,7% mahasiswa menilai dengan kategori baik pada aspek bahasa, 40% mahasiswa memilih menilai dengan kategori baik dalam kejelasan informasi yang ada di modul, 60% mahasiswa menilai dengan kategori baik pada kejelasan tujuan pembelajaran, 73,3% mahasiswa menilai dengan kategori baik pada aspek kejelasan materi,  33,3% mahasiswa menilai dengan kategori baik pada aspek motivasi belajar, 40% mahasiswa menilai dengan kategori cukup pada pemahaman materi yang diberikan, 46,7% mahasiswa menilai dengan kategori baik pada aspek kejelasan huruf dan simbol, 33,3% mahasiswa menilai dengan kategori baik pada aspek ketertarikan terhadap penyajian gambar dan video yang diberikan, 66,7 % mahasiswa menilai dengan kategori baik pada aspek rujukan bahan ajar sebagai sumber belajar utama, dan 53,3% mahasiswa menilai dengan kategori baik pada aspek keterkaitan materi terhadap masalah kontekstual. Melalui bahan ajar yang telah dikembangkan mahasiswa dapat menjadi sumber ajar yang dapat menumbuhkan motivasi mahasiswa untuk belajar terutama pada mata kuliah Kalkulus Integral.


Keywords


bahan ajar; kalkulus integral; valid; praktis

References


Akker, J. van den, Brenda, B., Anthony, E. K., Nienke, N., & Tjeerd, P. (2013). Educational Design Research. In N. Nieveen & T. Plomp (Eds.), Educational Design Research, Part A: An introduction (Part A, p. 72). https://doi.org/10.1007/978-1-4614-3185-5_11

Angeli, C., & Giannakos, M. (2020, April 1). Computational thinking education: Issues and challenges. Computers in Human Behavior, Vol. 105, p. 106185. https://doi.org/10.1016/j.chb.2019.106185

Bartle, R. G. (2018). Return to the Riemann Integral. Https://Doi.Org/10.1080/00029890.1996.12004798, 103(8), 625–632. https://doi.org/10.1080/00029890.1996.12004798

Domingo, M. G., & Garganté, A. B. (2016). Exploring the use of educational technology in primary education: Teachers’ perception of mobile technology learning impacts and applications’ use in the classroom. Computers in Human Behavior, 56, 21–28. https://doi.org/10.1016/j.chb.2015.11.023

Hanifah, H. (2021). Practicality test of student worksheet (SWS) based on: Action, Process, Object, Schema (APOS model) assisted on Geogebra the subject of Riemann sum. Journal of Physics: Conference Series, 1731(1), 012035. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1731/1/012035

Joseph Agbo, F., Sunday Oyelere, S., Adewumi, S., & Suhonen, J. (2019). A Systematic Review of Computational Thinking Approach for Programming Education in Higher Education Institutions. Proceedings of the 19th Koli Calling International Conference on Computing Education Research, 10, 1–10. https://doi.org/10.1145/3364510

Juniantari, M. (2017). PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERORIENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DENGAN MODEL TREFFINGER BAGI SISWA SMA. Journal of Education Technology, 1(2), 71–76. https://doi.org/10.23887/JET.V1I2.11742

Nedaei, M., Radmehr, F., & Drake, M. (2021). Exploring undergraduate engineering students’ mathematical problem-posing: the case of integral-area relationships in integral calculus. Mathematical Thinking and Learning. https://doi.org/10.1080/10986065.2020.1858516

Setyawan, F., & Istiandaru, A. (2019). Implementasi Self Regulated Flipped Classroom pada Mata Kuliah Kalkulus. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(1), 119–124. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i1.699

Setyawan, F., Sumargiyani, S., & Hamzah, R. (2017). LESSON STUDY : GALLERY WALK TO SUPPORT STUDENTS. The First AD INTERCOMME. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.

Son, A. L., Darhim, D., & Fatimah, S. (2020). Students’ Mathematical Problem-Solving Ability Based on Teaching Models Intervention and Cognitive Style. Journal on Mathematics Education, 11(2), 209–222. https://doi.org/10.22342/JME.11.2.10744.209-222

Yadav, A., Zhou, N., Mayfield, C., Hambrusch, S., & Korb, J. T. (2011). Introducing computational thinking in education courses. SIGCSE’11 - Proceedings of the 42nd ACM Technical Symposium on Computer Science Education, 465–470. https://doi.org/10.1145/1953163.1953297

Yanuarni, R., Yuanita, P., & Maimunah, M. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Problem Based Learning Terintegrasi Keterampilan Abad 21. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 536–549. https://doi.org/10.24127/AJPM.V10I2.3331

Zapalska, A. M., Nowduri, S., Imbriale, P., & Wroblewski, B. (2018). A Framework for Critical Thinking Skills Development Across Business Curriculum Using the 21 st Century Bloom ’ s Taxonomy Keywords. Interdisciplinary Education and Psychology, 2(1), 1–14.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4308

Refbacks

  • There are currently no refbacks.