PENGARUH PENGGUNAAN KOMBINASI MODEL PROBING PROMPTING DAN METODE RESITASI TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA
(1) Universitas Muhammadiyah Jakarta
(2) Universitas Muhammadiyah Jakarta
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan serta menguji perbedaan pada penggunaan kombinasi model pembelajaran probing prompting dan metode resitasi terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Metode penelitian menggunakan metode eksperimen dengan desain quasi experimental design tipe posttest control only design. Hasil uji validitas dan uji reliabilitas dengan jumlah responden 29 siswa diperoleh nilai Conbrach’s Alpha sebesar 0,8681 > 0,6 dari 2 soal yang valid. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling sehingga terpilih kelas X MIPA 2 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X MIPA 3 sebagai kelompok kontrol yang masing-masing kelompok memiliki ukuran sampel sebesar 36 siswa di SMA Negeri 12 Kota Tangerang Selatan. Karena data tidak berdistribusi normal sehingga dilakukan uji Mann Whitney dan diperoleh hasil Zhitung > Ztabel = 2,64101 > 1,96 atau tolak H0 yang berarti bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep matematis siswa pada penggunaan kombinasi model pembelajaran probing prompting dan metode resitasi dengan model pembelajaran konvensional. Hal ini juga terbukti dari nilai indeks pembanding d = 0,790231 yang dikategorikan sedang, Hal ini berarti bahwa kombinasi model pembelajaran probing prompting dan metode resitasi lebih efektif dibanding model pembelajaran konvensional untuk digunakan dalam pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Alfiati. (2020). Penggunaan Video Tutorial Sebagai Model Pembelajaran Menulis Puisi Bagi Siswa Sma Di Masa Pandemi Virus Corona. Jurnal An-Nuha, 7(1),53–66. https://doi.org/10.36835/annuha.v7i1.344
Azizah, G. N., & Sundayana, R. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Sikap Siswa Terhadap Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Air Dan Probing-Prompting. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 305–314. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i3.285
Ismatullah, K. (2017). Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi dalam Pembelajaran Matematika Dasar. Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika, 1(1), 24–28. https://doi.org/10.29408/edumatic.v1i1.734
Kadir. (2019). Statistika Terapan: Konsep, Contoh dan Analisis Data dengan Program SPSS/Lisrel dalam Penelitian. Depok: Rajawali Pers.
Mukharom & Aravik, H. (2020). Kebijakan Nabi Muhammad Saw Menangani Wabah Penyakit Menular dan Implementasinya dalam Konteks Menanggulangi Coronavirus Covid-19. Jurnal Sosial & Budaya Syar-i, 7(3), 239–246. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i3.15096
Mona, N. (2020). Konsep Isolasi Dalam Jaringan Sosial Untuk Meminimalisasi Efek Contagious ( Kasus Penyebaran Virus Corona Di Indonesia). Jurnal Sosial Humaniora Terapan, 2(2), 117–125. https://doi.org/10.7454/jsht.v2i2.86
Nurdin, E., Ma’aruf, A., Amir, Z., Risnawati, R., Noviarni, N., & Azmi, M. P. (2019). Pemanfaatan video pembelajaran berbasis Geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMK. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 6(1), 87–98. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.18421
Sari, A., & Yuniati, S. (2018). Penerapan Pendekatan Realistic Mathematics Education (Rme) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 71–80. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i2.49
Sari, M., Habibi, M., & Putri, R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pairs-Share Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Pengembangan Karakter Siswa SMA Kota Sungai Penuh. Edumatika : Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 7. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v1i1.221
Setyosari, Punaji. (2016). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan (Edisi Keempat). Bandung: Alfabeta.
Siregar, Syofian. (2017). Statistika Terapan untuk Perguruan Tinggi (Edisi Kesatu. Cetakan Kedua). Jakarta: KENCANA.
Siregar, Syofian. (2019). Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif: Dilengkapi dengan Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 2017. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Yulia, P., & Ningsih, S. U. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Probing Prompting dan Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Edumatika : Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 56–62. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v1i1.218
Yusuf Aditya, D. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), 165–174. https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1023.
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i1.4300
Refbacks
- There are currently no refbacks.
.png)

.png)