PERKULIAHAN HYBRID BERBASIS SELF-REGULATED LEARNING STRATEGIES UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA CALON GURU MATEMATIKA
(1) Universitas Wiralodra
(2) Universitas Wiralodra
(*) Corresponding Author
Abstract
Penerapan Self-regulated learning strategies dalam perkuliahan, baik yang dilaksanakan secara daring maupun luring dapat membantu meningkatkan kemandirian belajar mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah peningkatan kemandirian belajar mahasiswa setelah mengikuti perkuliahan berbasis Self-regulated learning strategies. Penelitian ini adalah penelitian mix method. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester 2, 4, dan 6, Prodi Pendidikan Matematika Universitas Wiralodra semester genap tahun ajaran 2020/2021 yang diperoleh dengan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, kuisioner, dan wawancara. Data kuisioner dinalisis dengan menentukan peningkatan kemandirian belajar melalui penghitungan skor gain ternormalisasi. Hasil penghitungan skor gain ternormalisasi dikonfirmasi dengan hasil wawancara mengikuti langkah analisis data kualitatif, yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi. Hasil analisis data menunjukkan terjadi peningkatan kemandirian belajar mahasiswa dengan interpretasi rendah setelah mengikuti perkuliahan berbasis Self-regulated learning strategies. Implikasi dari hasil tersebut adalah perkuliahan berbasis Self-regulated learning strategies dapat diterapkan oleh dosen untuk mengembangkan kemandirian belajar mahasiswa sehingga mahasiswa dapat lebih berhasil dalam belajarnya dan meraih prestasi akademik yang lebih baik.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Amalia, S. R & Purwaningsih, D. (2020). Pengaruh Self Regulated Learning dan Web Course Berbantuan Google Classroom, Whatsapp Group Terhadap Pemahaman Konsep. AKSIOMA, 9(4), 917-925. DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3009.
Ana & Achdiani, Y. (2015). Penerapan Self Regulated Learning Berbasis Internet untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Mahasiswa. INVOTEC, XI(1), 15-22.
Aryani, T. D & Hasyim, M. (2018). Pengaruh Kecemasan Matematis, Problem Stress Matematika dan Self-Regulated Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. AKSIOMA, 7(2), 243-252. DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v7i2.1422.
Azka, R & Santoso, R. H. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kalkulus untuk Mencapai Ketuntasan dan Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(1), 78 - 91. DOI: http://dx.doi.org/10.21831/jrpm.v2i1.7152.
Yanto, B & Retnawati, H. (2018). Dapatkah Model Blended Learning Mempengaruhi Kemandirian Belajar Matematika Siswa?. AKSIOMA, 7(3), 324-333. DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v7i3.1559.
Dinata, P. A. C., Rahzianta, & Zainuddin, M. (2016). Self Regulated Learning Sebagai Strategi Membangun Kemandirian Peserta Didik Dalam Menjawab Tantangan Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains (SNPS) 2016: Peningkatan Kualitas Pembelajaran Sains dan Kompetensi Guru Melalui Penelitian & Pengembangan dalam Menghadapi Tantangan Abad-21, 139-146.
Effeney, G., Carroll, A., & Bahr, N. (2013). Self-Regulated Learning: Key Strategies and Their Sources in a Sample of Adolescent Males. Australian Journal of Educational & Developmental Psychology, 13, 58-74.
Fasikhah, S. S & Fatimah, S. (2013). Self-Regulated Learning (SRL) Dalam Meningkatkan Prestasi Akademik pada Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 1(1), 145-155.
Fitrianna, A. Y & Novtiar, C. (2020). Worksheet Berbantuan Maple untuk Meningkatkan Algebraic Reasoning dan Self-Regulated Learning. AKSIOMA, 9(2), 378-386. DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2772.
Hake, R. R. (1998). Interactive-Engagement Versus Traditional Methods: A Six Thousand-Student Survey of Mechanics Test Data for Introductory Physics Courses. American Journal Physics, 66(1), 64-74.
Hidayat, W & Sumarmo, U. (2013). Kemampuan Komunikasi dan Berpikir Logis Matematik Serta Kemandirian Belajar: Eksperimen terhadap Siswa SMA Menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah dan Strategi Think-Talk-Write. Delta-Pi: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(1), 1-14.
Lestari, W. D., Aisah, L. S., & Luthfiyati, N. (2020). What is The Relationship Between Self-Regulated Learning and Students’ Mathematical Understanding in Online Lectures During The Covid-19 Pandemic?. J. Phys. Conf. Ser. 1657 012065.
Miles, M. B., & Huberman, M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook 2nd ed. California: SAGE Publications Inc.
Nugroho, A. A., Juniati, D., & Siswono, T. Y. E. (2020). Self-Regulated Learning Of Prospective Mathematics Teachers With Different Learning Styles. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 13(1), 81-103. DOI: https://doi.org/10.20414/betajtm.v13i1.344.
Octaria, D., Fitriasari, P., & Sari, N. (2020). Blended Learning dengan Macromedia Flash untuk Melatih Kemandirian Belajar Mahasiswa. Jurnal Elemen, 6(1), 25-38. DOI: https://doi.org/10.29408/jel.v6i1.1596.
Putra, D. P. W. (2019). Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Self-Regulated Learning untuk Membangun Kemandirian Belajar Siswa. SQUARE: Journal of Mathematics and Mathematics Education, 1(1), 49-54. DOI : https://doi.org/10.21580/square.2019.1.1.4121.
Qohar, A & Sumarmo, U. (2013). Improving Mathematical Communication Ability and Self Regulation Learning Of Yunior High Students by Using Reciprocal Teaching. IndoMS. J.M.E, 4(1), 59-74. DOI: https://doi.org/10.22342/jme.4.1.562.59-74.
Wong, J., Baars, M., Davis, D., Zee, T. V. D., Houben, G., & Paas, F. (2019). Supporting Self-Regulated Learning in Online Learning Environments and MOOCs: A Systematic Review. International Journal of Human–Computer Interaction, 35(4–5), 356–373. DOI: https://doi.org/10.1080/10447318.2018.1543084.
Zimmerman, B. J. (1990). Self-Regulated Learning and Academic Achievement: An Overview. Educational Psychologist, 25(1), 3-17.
Zimmerman, B. J. (2002). Becoming a Self–Regulated Learner: An Overview. Theory into Practice, 41(2), 64-70.
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4290
Refbacks
- There are currently no refbacks.