ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATI DAN KESALAHAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MENGGUNAKAN PROSEDUR NEWMAN

Tahir Tahir(1*), Marniati Marniati(2),

(1) universitas sembilanbelas november kolaka
(2) Universitas Sembilanbelas November Kolaka
(*) Corresponding Author


Abstract


This research is a descriptive study, which aims to see the ability of students' conceptual understanding and errors made in solving story problems on fractional material using the Newman procedure. The subjects of this research were the fifth grade students in SD Negeri in Lalolae totaling 54 students. The instrument used in this study was an essay test which was developed and tested for feasibility. From the results of the research, from 54 students of the research subjects, the average value of students' conceptual understanding ability was 41.48 or in the low category. From the results of the categorization of students' conceptual understanding abilities, the majority of the students have concept understanding abilities in the low and very low categories with 74% in total. Furthermore, from the results of student error analysis using the Newman procedure, the students made 215 errors and the most errors made by students were Comprehension errors

References


Abrar, A. Ika Prasasti. (2018). “Jenis-Jenis Belajar Matematika.” Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam 3(1):51–62. doi: 10.24256/jpmipa.v3i1.218.

Amalia, Yuli. (2019). “Soal Matematika Pada Materi Peluang Kelas Xi.” Genta Mulia X(1):11–22.

Astuti, Fitri Novi, Edy Yusmin, and Dede Suratman. (2015). “Analisis Kesulitan Pemahaman Konseptual Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Peluang Di Man Sanggau.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 4(10):1–10.

Cahani, Khoirunnisa, and Kiki Nia Sania Effendi. (2019). “Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Kelas IX Pada Materi Bangun Datar Segiempat.” Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019 (2008):120–28.

Elfi Rahmadhani, Septia Wahyuni, Lola Mandasari. (2021). “MATEMATIKA BERORIENTASI REACT DAN STEM IAIN Takengon , Aceh Tengah , Indonesia E-Mail : Abstrak PENDAHULUAN Pemahaman Merupakan Suatu Kemampuan Untuk Menangkap Makna Dan Arti Dari Bahan Yang Dipelajari , Seperti Menafsirkan , Menjelaskan Atau Meringkas Se.” Aksioma 10(2):615–29.

Elza Nora Yuliani, Zulfah. (2018). “Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas Viii Smpn 1 Kuok Melalui Model Pembelajaran.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 2(2):91–100.

Fajar, Ayu Putri, Kodirun Kodirun, Suhar Suhar, and La Arapu. (2019). “Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Kendari.” Jurnal Pendidikan Matematika 9(2):229. doi: 10.36709/jpm.v9i2.5872.

Fitriatien, Sri Rahmawati. (2019). “Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Newman.” JIPMat 4(1). doi: 10.26877/jipmat.v4i1.3550.

Jarmita, Nida. (2014). “Kesulitan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Di Kelas Awal Sekolah Dasar.” PIONIR: Jurnal Pendidikan 4:1–16.

Kadir. (2015). Statistika Terapan: Konsep, Contoh Dan Analisis Data Dengan Program SPSS/Lisrel Dalam Penelitian. Jakarta: Rajawali.

Mawaddah, Siti, and Ratih Maryanti. (2016). “Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning).” EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika 4(1):76–85. doi: 10.20527/edumat.v4i1.2292.

Moleong., Lexy J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, Cetakan Ke-36. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Oktaviana, Dwi. (2018). “Analisis Tipe Kesalahan Berdasarkan Teori Newman Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Mata Kuliah Matematika Diskrit.” Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika 5(2):22. doi: 10.23971/eds.v5i2.719.

Puspitasari, Mery, and Rafiq Zulkarnaen. (2021). “Analisis Kesalahan Siswa Kelas Vii Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Teori Newman Ditinjau Dari Aspek Problem Representation Dan Solution Execution.” Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif 4(3):609–18. doi: 10.22460/jpmi.v4i3.609-618.

Rahmawati, Dinda, and Laelatul Dhian Permata. (2018). “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Program Linear Dengan Prosedur Newman.” Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika ISSN: 2339-1685 Http://Jurnal.Uns.Ac.Id/Jpm 5(2):173–85.

Rudtin, Nur Afrianti. (2013). “Penerapan Langkah Polya Dalam Model Problem Based Instruction Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa.” Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako 01(01):17–31.

Setyaningrum, Vivi Fajar, Putriaji Hendikawati, and Sugeng Nugroho. (2018). “Peningkatan Pemahaman Konsep Dan Kerja Sama Siswa Kelas X Melalui Model Discovery Learning.” Prisma 1:810–13.

Siahaan, Matdio, Prodi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Bhayangkara, Jakarta Raya, Jl Raya Perjuangan, Marga Mulya, and Bekasi Utara. (2020). “Halaman: 1-3 Terakreditasi Peringkat 5 (SINTA 5) Sesuai SK RISTEKDIKTI Nomor.” Edisi Khusus 1(1):1410–9794.

Siswandi, Erlan, and Imam Sujadi. (2016). “Analisis Kesalahan Siswa Damam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Ditinjau Dari Perbedaan Gender ( Studi Kasus Pada Siswa Kelas VII SMPN 20 Surakarta ).” Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika 4(7):633–43.

Sobana. (2020). “Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap Pendidikan Dan Pelatihan Aparatur.” Jurnal Pendidikan Indonesia 1(2):166–75. doi: 10.36418/japendi.v1i2.18.

Wulandari, Dwi Putri. (2010). “Siswa Sd Melalui Pembelajaran Dengan Pendekatan Problem Posing.” Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sd Melalui Pembelajaran Dengan Pendekatan Problem Posing (2).




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4289

Refbacks

  • There are currently no refbacks.