ANALISIS KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATI DAN KESALAHAN MENYELESAIKAN SOAL CERITA MENGGUNAKAN PROSEDUR NEWMAN
(1) universitas sembilanbelas november kolaka
(2) Universitas Sembilanbelas November Kolaka
(*) Corresponding Author
Abstract
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abrar, A. Ika Prasasti. (2018). “Jenis-Jenis Belajar Matematika.” Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam 3(1):51–62. doi: 10.24256/jpmipa.v3i1.218.
Amalia, Yuli. (2019). “Soal Matematika Pada Materi Peluang Kelas Xi.” Genta Mulia X(1):11–22.
Astuti, Fitri Novi, Edy Yusmin, and Dede Suratman. (2015). “Analisis Kesulitan Pemahaman Konseptual Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pada Materi Peluang Di Man Sanggau.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran 4(10):1–10.
Cahani, Khoirunnisa, and Kiki Nia Sania Effendi. (2019). “Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP Kelas IX Pada Materi Bangun Datar Segiempat.” Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019 (2008):120–28.
Elfi Rahmadhani, Septia Wahyuni, Lola Mandasari. (2021). “MATEMATIKA BERORIENTASI REACT DAN STEM IAIN Takengon , Aceh Tengah , Indonesia E-Mail : Abstrak PENDAHULUAN Pemahaman Merupakan Suatu Kemampuan Untuk Menangkap Makna Dan Arti Dari Bahan Yang Dipelajari , Seperti Menafsirkan , Menjelaskan Atau Meringkas Se.” Aksioma 10(2):615–29.
Elza Nora Yuliani, Zulfah. (2018). “Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas Viii Smpn 1 Kuok Melalui Model Pembelajaran.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 2(2):91–100.
Fajar, Ayu Putri, Kodirun Kodirun, Suhar Suhar, and La Arapu. (2019). “Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 17 Kendari.” Jurnal Pendidikan Matematika 9(2):229. doi: 10.36709/jpm.v9i2.5872.
Fitriatien, Sri Rahmawati. (2019). “Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Newman.” JIPMat 4(1). doi: 10.26877/jipmat.v4i1.3550.
Jarmita, Nida. (2014). “Kesulitan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Di Kelas Awal Sekolah Dasar.” PIONIR: Jurnal Pendidikan 4:1–16.
Kadir. (2015). Statistika Terapan: Konsep, Contoh Dan Analisis Data Dengan Program SPSS/Lisrel Dalam Penelitian. Jakarta: Rajawali.
Mawaddah, Siti, and Ratih Maryanti. (2016). “Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Dalam Pembelajaran Menggunakan Model Penemuan Terbimbing (Discovery Learning).” EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika 4(1):76–85. doi: 10.20527/edumat.v4i1.2292.
Moleong., Lexy J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif, Cetakan Ke-36. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Oktaviana, Dwi. (2018). “Analisis Tipe Kesalahan Berdasarkan Teori Newman Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Mata Kuliah Matematika Diskrit.” Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains & Matematika 5(2):22. doi: 10.23971/eds.v5i2.719.
Puspitasari, Mery, and Rafiq Zulkarnaen. (2021). “Analisis Kesalahan Siswa Kelas Vii Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Teori Newman Ditinjau Dari Aspek Problem Representation Dan Solution Execution.” Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif 4(3):609–18. doi: 10.22460/jpmi.v4i3.609-618.
Rahmawati, Dinda, and Laelatul Dhian Permata. (2018). “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Program Linear Dengan Prosedur Newman.” Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika ISSN: 2339-1685 Http://Jurnal.Uns.Ac.Id/Jpm 5(2):173–85.
Rudtin, Nur Afrianti. (2013). “Penerapan Langkah Polya Dalam Model Problem Based Instruction Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa.” Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako 01(01):17–31.
Setyaningrum, Vivi Fajar, Putriaji Hendikawati, and Sugeng Nugroho. (2018). “Peningkatan Pemahaman Konsep Dan Kerja Sama Siswa Kelas X Melalui Model Discovery Learning.” Prisma 1:810–13.
Siahaan, Matdio, Prodi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Bhayangkara, Jakarta Raya, Jl Raya Perjuangan, Marga Mulya, and Bekasi Utara. (2020). “Halaman: 1-3 Terakreditasi Peringkat 5 (SINTA 5) Sesuai SK RISTEKDIKTI Nomor.” Edisi Khusus 1(1):1410–9794.
Siswandi, Erlan, and Imam Sujadi. (2016). “Analisis Kesalahan Siswa Damam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Ditinjau Dari Perbedaan Gender ( Studi Kasus Pada Siswa Kelas VII SMPN 20 Surakarta ).” Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika 4(7):633–43.
Sobana. (2020). “Dampak Pandemi Covid 19 Terhadap Pendidikan Dan Pelatihan Aparatur.” Jurnal Pendidikan Indonesia 1(2):166–75. doi: 10.36418/japendi.v1i2.18.
Wulandari, Dwi Putri. (2010). “Siswa Sd Melalui Pembelajaran Dengan Pendekatan Problem Posing.” Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sd Melalui Pembelajaran Dengan Pendekatan Problem Posing (2).
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4289
Refbacks
- There are currently no refbacks.