ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN HABITS OF MIND SISWA SMA PADA PEMBELAJARAN DARING

Rahmatya Nurmeidina(1*), Iin Ariyanti(2), Fitria Lestari(3),

(1) Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
(2) Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
(3) Universitas Muhammadiyah Lampung
(*) Corresponding Author


Abstract


Due to the COVID-19 pandemic, the implementation of learning has become limited both in terms of learning time and the learning process. However, presence of COVID-19 does not mean to become an obstacle for students to practice creative thinking skills. Creative thinking which is a cognitive aspect has an affective aspect called habits of mind. By moving the learning process from offline to online, it becomes the basis for research to determine and analyze the condition of students' creative thinking abilities and habits of mind during online learning.The purpose of this study was to determine and analyze the creative thinking skills and habits of mind of high school students in online learning. This type of research method is descriptive qualitative research. The main instruments in this study were a test of the description of creative thinking skills and a Habits of mind questionnaire. The results of this study are the Habits of mind of students in the high category are only 5.88% or only one person, the rest 94.22% are in the medium category. The creative thinking ability of students who are in the low category is 17.65%, the medium is 70.58%, high is 11.76%. In general, students are in the category of moderate creative thinking abilities. 70.59% of students both have the medium category for creative thinking skills and habits of mind. This shows that most of the students' creative thinking ability test results show a relationship with students' habits of mind.


Adanya pandemi covid-19, pelaksanaan pembelajaran menjadi terbatas baik dari segi waktu belajar maupun proses belajar. Namun, bukan berarti bahwa adanya covid-19 menjadi hambatan bagi siswa dalam melatihkan kemampuan berpikir kreatif. Berpikir kreatif yang merupakan aspek kognitif ini memiliki aspek afektif yang disebut habits of mind. Dengan perpindahan proses pembelajaran dari luring menjadi daring, menjadi dasar perlu dilakukannya penelitian untuk mengetahui kondisi kemampuan berpikir kreatif dan habits of mind siswa pada saat pembelajaran daring. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis kemampuan berpikir kreatif dan habits of mind siswa SMA pada pembelajaran daring. Jenis metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen utama dalam penelitian ini adalah tes uraian kemampuan berpikir kreatif  dan angket Habits of mind. Hasil penelitian ini adalah Habits of mind siswa yang berkategori tinggi hanya 5,88 % atau satu orang saja, selebihnya 94,22% berada pada kategori sedang. Kemampuan berpikir kreatif siswa yang berada di kategori rendah ada 17,65 %, sedang 70,58 %, tinggi 11,76 %. Pada umumnya siswa berada pada kategori kemampuan berpikir kreatif sedang. 70,59% siswa sama-sama memiliki kategori sedang untuk kemampuan berpikir kreatif dan habits of mind. Hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar hasil tes kemampuan berpikir kreatif siswa memiliki keterkaitan dengan habits of mind siswa.




Keywords


creative thinking, habits of mind, online learning; Berpikir kreatif, habits of mind, pembelajaran daring

References


Abidin, J., Rohaeti, E. E., & Afrilianto, M. (2018). Analisis Kemampuan Berfikir Kreatif Matematis Siswa Smp Kelas Viii Pada Materi Bangun Ruang. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 779. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i4.p779-784

Astutik, S., & Prahani, B. K. (2018). The Practicality and Effectiveness of Collaborative Creativity Learning (CCL) Model by Using PhET Simulation to Increase Students’ Scientific Creativity. 11(4), 409–424.

Azwar, S. (2015). Penyusunan Skala Psikologi. Pustaka Pelajar.

Costa, A. L., & Kallick, B. (2000). Describing 16 Habits of Mind Metacognition Perception. January 2000.

Costa, A. L., & Kallick, B. (2008). Learning and Leading with Habits of Mind: 16 Essential Characteristics for Success. ASCD.

Faelasofi, R. (2017). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Pokok Bahasan Peluang. JURNAL E-DuMath, 3(2), 155–163. https://doi.org/10.26638/je.460.2064

Fardah, D. K. (2012). Analisis Proses dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Matematika Melalui Tugas Open-Ended. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 3(2), 91–99. https://doi.org/10.15294/kreano.v3i2.2616

Hamidah, J., Nurmeidina, R., & Rafidiyah, Di. (2021). PEMBELAJARAN DI ERA COVID-19, TANGGAPAN MAHASISWA DAN DOSEN. Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 6(2), 1–9.

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills. In Refika Aditama.

Hendriana, H., & Soemarmo, U. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Refika Aditama.

Hidayati, K., & Listyani, E. (2013). IMPROVING INSTRUMENTS OF STUDENTS’ SELF-REGULATED LEARNING. Jurnal Pendidikan Matematika Univertias Negeri Yogyakarta.

Hodiyanto, H., & Firdaus, M. (2020). The Self Regulated Learning, Habit of Mind, and Creativity As High Order Thinking Skills Predictors. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 21. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2589

Karim. (2013). Berpikir Kreatif Siswa Membuat Koneksi Matematis dalam Pemecahan Masalah. Penguatan Peran Matematika Dan Pendidikan Matematika Untuk Indonesia Yang Lebih Baik, November, 363–370.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 21 Tahun 2016 Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah, 20 1 (2016).

Kentucky Department of Education Open-Response Released Items and Scoring Rubrics. (1991). Kentucky holistic scoring rubric for grade 12 math.

Mahmudi, A., & Sumarmo, U. (2015). Pengaruh Strategi Mathematical Habits of Mind Mhm Berbasis Masalah Terhadap Kreativitas Siswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2, 216–229. https://doi.org/10.21831/cp.v0i2.4229

Miliyawati, B. (2014). Urgensi Strategi Disposition Habits of Mind Matematis. Infinity Journal, 3(2), 174. https://doi.org/10.22460/infinity.v3i2.62

Neng Hanipah, Yuliani, A., & Maya, R. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa MTS pada Materi LIngkaran. In Aksioma, Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Universitas Muhammadiyah Metro (Vol. 7, Issue 1, pp. 81–86).

Nurmasari, N., & Kusmayadi, T. A. (2014). ANALISIS BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI PELUANG DITINJAU DARI GENDER SISWA KELAS XI IPA SMA NEGERI 1 KOTA BANJARBARU KALIMANTAN SELATAN. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 2(4), 351–358.

Puspitasari, L., In’am, A., & Syaifuddin, M. (2018). Analysis of Students’ Creative Thinking in Solving Arithmetic Problems. International Electronic Journal of Mathematics Education, 14(1), 49–60. https://doi.org/10.12973/iejme/3962

Putra, H. D., Akhdiyat, A. M., Setiany, E. P., & Andiarani, M. (2018). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa SMP di Cimahi. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(1), 47–53. https://doi.org/10.15294/kreano.v9i1.12473

Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. Parama Publishing.

Reynaldi, R., Sugianto, & Astuti, D. (2016). Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dikaji dari tingkat disposisi matematis di madrasah aliyah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Katulistiwa, 5(10), 1–15.

Sariningsih, R., & Herdiman, I. (2017). Mengembangkan kemampuan penalaran statistik dan berpikir kreatif matematis mahasiswa di Kota Cimahi melalui pendekatan open-ended. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 239. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.16685

Sugandi, A. I., Sofyan, D., Maesaroh, S., Linda, & Sumarmo, U. (2021). Efektivitas Pendekatan Induktif Deduktif Berbantuan Geogebra terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Masa Pandemi. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(Maret), 367–376.

Trisnawati, I., Pratiwi, W., Nurfauziah, P., & Maya, R. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Sma Kelas Xi Pada Materi Trigonometri Di Tinjau Dari Self Confidence. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 383. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.p383-394




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i1.4283

Refbacks

  • There are currently no refbacks.