PENGARUH KEMANDIRIAN DAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN GOOGLE CLASSROOM TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS
(1) Pendidikan Matematika Universitas Peradaban
(2) pendidikan matematika
(3) pendidikan matematika
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemandirian dan aktivitas model PBL berbantuan google classroom terhadap kemampuan pemahaman konsep. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa prodi pendidikan matematika semester V Universitas Peradaban sejumlah 16. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket observasi dan tes. Teknik analisis data penelitian ini adalah uji regresi. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh antara kemandirian dan aktivitas pada model PBL berbantuan google classroom terhadap kemampuan pemahaman konsep.
Abstract
This study aims to determine the effect of independence and activities of the PBL model assisted by google classroom on the ability to understand concepts. This research is a quasi-experimental research. The subjects used in this study were 16 students of the fifth semester of the Mathematics Education Study Program at the University of Civilization. The data collection techniques used in this study were observation questionnaires and tests. The data analysis technique of this research is regression test. The results of this study are that there is an influence between independence and activity in the PBL model assisted by google classroom on the ability to understand concepts.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Afridiani, T., Soro, S., & Faradillah, A. (2020). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Euclid, 7(1), 12. https://doi.org/10.33603/e.v7i1.2532
Amalia, S. R., Purwaningsih, D., & Utami, W. B. (2021). Problem Based Learning Berbantu Google Classroom terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Aksioma : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(2), 1110–1117.
Dalim, Rosita, C. D., & Dewi, I. L. K. (2019). Pembelajaran Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Snpm, 1(1), 166–173.
Hastjarjo, D. (2008). ANALYSIS ISSUES FOR FIELD SETTINGS . Houghton Mifflin Company : Boston . 1–15.
Krisna, E. D., & Mery Marlinda, N. L. P. (2020). Implementasi Problem Based Learning berbantuan Google Classroom Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika. PENDIPA Journal of Science Education, 4(3), 91–97. https://doi.org/10.33369/pendipa.4.3.91-97
Muhamad, I. (2018). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Perhatian Orang Tuaterhadap Pemahaman Konsep Matematika (Survey Pada SMANegeri Kota Tangerang Selatan). Alfarisi, 1(3), 285–193. https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/alfarisi/article/view/8248
Muslik, A. (2019). Google Classroom sebagai Alternatif Digitalisasi Pembelajaran Matematika di Era Revolusi Industri 4.0. Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan Dan Keagamaan, 7(2), 246–255. https://doi.org/10.36052/andragogi.v7i2.98
Rahmadani. (2019). Metode Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learnig (Pbl). Lantanida Journal, 7(1), 75. https://doi.org/10.22373/lj.v7i1.4440
Rahmadani, H., & Acesta, A. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Pemahaman Konsep Siswa. 2(1), 1–9.
Solahudin, I. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran dan Kemandirian Belajar terhadap Pemahaman Konsep Matematika. METATIKA: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 12–24.
Tristanti, L. B. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI dan Problem Based Learning (PBL) terhadap Pemahaman Konsep Bangun Ruang Siswa. Aksioma : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 6(3), 338–349.
Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 17–23. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i1.2100
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4279
Refbacks
- There are currently no refbacks.