ANALISIS PENGARUH KETERAMPILAN DOSEN MENGAJAR DARING TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN MAHASISWA DALAM PERKULIAHAN ANALISIS REAL I

Irvandi Gorby Pasangka(1*), Jusrry Rosalina Pahnael(2),

(1) Universitas Nusa Cendana
(2) Universitas Nusa Cendana
(*) Corresponding Author


Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh keterampilan dosen mengajar daring terhadap tingkat pemahaman mahasiswa pada mata kuliah Analisis Real I. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling dan teknik pengambilan data dalam penelitian ini adalah menggunakan kuesioner dengan pengukuran skala likert. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu keterampilan dosen menggunakan aplikasi pembelajaran daring , keterampilan dosen menjelaskan materi secara daring , keterampilan dosen memanfaatkan internet untuk memberikan materi pembelajaran , dan tingkat pemahaman mahasiswa dalam memahami mata kuliah Analisis Real I . Hasil penelitian diperoleh model , di mana koefisien dari  dan  bernilai positif, artinya jika  dan  meningkat, maka  juga akan meningkat. Nilai Koefisien determinasi berganda  yang diperoleh adalah , yang berarti variabel  dan  memiliki pengaruh sebesar  terhadap variabel , dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termuat dalam penelitian ini.


Keywords


keterampilan mengajar; pembelajaran daring; regresi linier berganda

References


Annur, M. F., & Hermansyah. (2020). Analisis kesulitan mahasiswa pendidikan matematika dalam pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 11(2), 195-201.

Febrilia, B. R., Nissa, I. C., Pujilestari, & Setyawati, D. U. (2020). Analisis keterlibatan dan respon mahasiswa dalam pembelajaran daring menggunakan google classroom di masa pandemi covid-19. Fibonacci, 6(2), 175-184.

Fitri, E. N. (2021). Keterampilan mengajar dosen secara daring terhadap kepuasan belajar mahasiswa pada mata kuliah pengantar akuntansi. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan, 4(1), 163-172.

Helma. (2010). Peningkatan kualitas perkuliahan analisis real II melalui strategi pemecahan masalah terstruktur menggunakan lembaran tugas terpadu. Eksakta, 2(1), 113-121.

Jamil, S. H., & Aprilisanda, I. D. (2020). Pengaruh pembelajaran daring terhadap minat belajar mahasiswa pada masa pandemik covid-19. Behavioral Accounting Journal, 3(1), 37-46.

Mardiatmoko, G. (2020). Pentingnya uji asumsi klasik pada analisis regresi linier berganda (studi kasus penyusunan persamaan allometrik kenari muda [canarium indicum l.]). Barekeng, 14(3), 333-342.

Mustafid. (2003). Statistika elementer metode dan aplikasi dengan SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro.

Niani, C. R., & Rahma, C. (2020). Analisis kendala sistem belajar daring terhadap pembelajaran matematika di kampus. Math Educa Journal, 4(2), 114-122.

Nugroho, M. H., Ningsih, I. W., Wahyuni, E., & Ahmaddien, I. (2020). Analisis pengaruh pandemi dan pembelajaran secara daring terhadap prestasi melalui variabel intervening keadaan ekonomi mahasiswa universitas sangga buana ypkp bandung. Jurnal EBI, 2(2), 11-19.

Riadi, S., Normelani, E. N., Efendi, M., Safitri, I., & Tsabita, G. F. (2020). Persepsi mahasiswa Prodi S1 Geografi FISIP ULM terhadap kuliah online di masa pandemi covid-19. Padaringan: Jurnal Pendidikan Sosiologi Antropologi, 2(2), 219-227.

Seto, S. B., Suryani, L., & Bantas, M. G. (2020). Analisis Efikasi diri dan hasil belajar berbasis e-learning pada mahasiswa program studi pendidikan matematika. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1(2), 147-152.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Administrasi dilengkapi dengan Metode R&D. Bandung: Alfabeta.

Sur, W. A., Hasanah, M., & Mustofa, M. R. (2020). Analisis motivasi belajar mahasiswa dengan sistem pembelajaran daring selama masa pandemi covid-19. Jurnal Equation: Teori dan Penelitian Pendidikan Matematika, 3(2), 157-171.

Tarno, & Ispriyanti, D. (2008). Modul buku ajar analisis regresi. Semarang: Universitas Diponegoro.

Wahyuniar, L. S., Rochana, S., Mahdiyah, U., Shofia, N., & Widodo, S. (2021). Pengaruh pembelajaran daring dengan google classroom dan google meet terhadap minat belajar matematika diskrit. Aksioma, 10(2), 1063-1073.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4261

Refbacks

  • There are currently no refbacks.