PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION POKOK BAHASAN BANGUN RUANG

Ernawati Ernawati(1*),

(1) Universitas Muhammadiyah Makassar
(*) Corresponding Author


Abstract


Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) yang bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran pada pokok bahasan Bangun Ruang sisi lengkung di kelas IX SMP Muhammadiyah 12 Makassar dengan pendekatan matematika realistik. Perangkat pembelajaran yang dihasilkan dalam penelitian ini meliputi: Buku Siswa, Lembar Kegiatan Siswa (LKS), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Penelitian ini dilaksanakan di SMP Muhammadiyah12 Makassar, dan subjek penelitiannya adalah siswa kelas IX dengan jumlah siswa 22 orang. penelitian ini, hanya dilakukan ujicoba terbatas sehingga masih perlu dikembangkan untuk mengukur efektivitas pembelajaran pada pokok bahasan bangun ruang sisi lengkung di kelas IX SMP dengan pendekatan matematika realistik. Pengembangan perangkat pembelajaran ini menggunakan model Thiagarajan yang terdiri dari 4 (empat) tahap, yaitu pendefinisian, perancangan pengembangan danpenyebaran. Instrumen yang di gunakan pada penelitian ini berupa RPP, LKS, dan Buku Siswa yang sudah di validasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) perangkat pembelajaran yang meliputi Buku Siswa, LKS, dan RPP berada pada kriteria valid, sehingga dapat di gunakan; (2) skor rata-rata pada tes hasil belajar berada pada skor sedang yaitu;9,09%dengan standar deviasi 1,36% dari skor ideal 100, dengan siswa sebanyak 22 orang (2) aktivitas siswa dan aktivitas guru cenderung positif; (3) respon siswa terhadap perangkat pembelajaran yang di buat dalam kegiatan pembelajaran matematika cenderung positif; dan (4) siswa aktif dan kreatif mengikuti kegiatan pembelajaran. Dari hasil penelitian di atas dapat di simpulkan bahwa dengan menggunakan pendekatan Realistic Mathematic Education Pokok Bahasan bangun ruang siswa kelas IX SMP Muhammadiyah 12 makassar maka kesiapan dan pemahaman siswa dalam proses pembelajaran dapat berkembang dengan baik


Keywords


Model Thiagarajan; Pengembangan; Realistic Mathematic Education

References


Aji, W. N. (2016). Model Pembelajaran Dick and Carrey Dalam Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia. Kajian Linguistik Dan Sastra, 1(2), 119. https://doi.org/10.23917/kls.v1i2.3631

Evi, S. (2011). Pendekatan Matematika Realistik (PMR) untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Siswa di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, Edisi Khus(2), 154–163.

Heruman. (2012). Model Pembelajran Matematika di Sekolah Dasar (4th ed.). PT Remaja Rosdakarya.

Hikmah, H. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik pada Siswa Kelas V SD. Saintifik, 3(1), 24–30. https://doi.org/10.31605/saintifik.v3i1.108

Irnawati, I., Halimah, A., & Abrar, A. I. P. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan RME Setting Kooperatif Tipe STAD Pokok Bahasan Persamaan Linear Dua Variabel Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Sungguminasa. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 6(1), 57–66. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v6i1.411

Lestari, F., & Andriani, D. G. (2019). Analisis Uji Coba Terbatas Pada Pengembangan Modul Statistika Matematika Berbasis Literasi. Prosiding Sendika, 5(1), 658–661.

Lestari, K. E. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika (3rd ed.). Refika Adhitama.

Martianingtiyas, E. D. (2019). Research and Development (R&D): Inovasi Produk dalam Pembelajaran. Researchgate, August, 1–8. https://www.researchgate.net/publication/335227473

Mustadi, M., Afif, A., & Angriani, A. D. (2017). Perbandingan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Make a Match Dan Scramble Pada Peserta Didik Kelas Iv Sd Inpres Tanah Karaeng. MaPan, 5(1), 18–31. https://doi.org/10.24252/mapan.2017v5n1a2

Ningsih, S. (2014). Realistic Mathematics Education: Model Alternatif Pembelajaran Matematika Sekolah. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 73. https://doi.org/10.18592/jpm.v1i2.97

Widari, I. G. A. A., Putra, I. G. N. N., & Suwija, I. K. (2013). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Sebagai Upaya Meningkatkan Aktivitas Dan Prestasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Bangun Ruang Pada Siswa Kelas Iva Sdn 9 Sesetan Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP), 3(2), 189–212. https://doi.org/10.36733/jsp.v3i2.494

Wijaya, A. (2011). Pendidikan Matematika Realistik (Pertama). Graha Ilmu.

Zulkardi. (2002). Developing A Learning Environment On Realistic Mathematics Education For Indonesian Student Teacher (Doctoral disertation, University of Twente, Enschede). Thesis University of Twente, Enschede. - With refs. - With summary in Ducth.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4256

Refbacks

  • There are currently no refbacks.