PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP BEPIKIR KREATIF MATEMATIS
(1) Universitas Peradaban
(2) pendidikan matematika
(3) Pendidikan Matematika
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah penerapan model PBL berbasis etnomatematika meningkatkan kemampuan berpikir kreatif. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain The One Group Pretest-Post test. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester program studi pendidikan matematika Universitas Peradaban Bumiayu. Pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji paired t test. Hasil penelitian ini adalah penerapan model PBL berbasis etnomatematika meningkatkan kemampuan berpikir kreatif.
Abstract
The purpose of this study is the application of the ethnomathematical-based PBL model to improve creative thinking skills. This research is an experimental study with the design of The One Group Pretest-Post test. The subjects in this study were semester students of the mathematics education study program at the Bumiayu Civilization University. The data collection used is a test. The data analysis technique used in this study is the paired t test. The result of this study is the application of the ethnomathematical-based PBL model to improve creative thinking skills.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abdullah, D. I., Mastur, Z., & Sutarto, H. (2015). Keefektifan Model Pembelajaran Problem Based Learning Bernuansa Etnomatematika Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas Viii. Unnes Journal of Mathematics Education., 4(3). https://doi.org/10.15294/ujme.v4i3.9056
Abdurrozak, R., & Jayadinata, A. K. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 871–880. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.3580
Akmalia, N. N., Pujiastuti, H., & Setiani, Y. (2016). Identifikasi Tahap Berpikir Kreatif Matematis Melalui Penerapan Model Problem Based Learning. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 9(2), 183–193.
Amalia, S. R., & Isnani. (2019). Representasi Matematis dalam Pembelajaran dengan Model Problem-Based Learning Berbasis Etnomatematika Ditinjau dari Tipe Kepribadian. 5(2), 190–205. https://doi.org/10.29408/jel.v5i2.1325
Amalia, S. R., & Widodo, A. N. ami. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa Melalui Model Pbl Berbasis Etnomatematika Ditinjau dari Kepribadian Topologi Hippocrates , Galenus Tipe Cholearis dan Phlegmantis. Aksioma, 9(1), 1–10.
Cahyono, A. E. Y. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Problem-Based Learning Berorientasi pada Kemampuan Berpikir Kreatif dan Inisiatif Siswa. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 1–11.
Dewi, N. R., & Masrukan. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa Program Magister. Prisma, Prosicing Seminar Nasional Matematika, 1, 539–546.
Elizabeth, A., & Sigahitong, M. M. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik SMA. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 6(2), 66. https://doi.org/10.33394/j-ps.v6i2.1044
Fahrudin, F. A. (2017). Efektivitas Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa Program Studi Tadris Matematika UIN Mataram. JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 1(1), 41. https://doi.org/10.31764/jtam.v1i1.185
Meika, I., & Sujana, A. (2017). Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sma. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 8–13. https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2025
Muntaha, A., & Hartono. (2013). Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan. Journal of Primary Educational, 2(2).
Novellia, M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Untuk Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Tematik. Journal for Lesson and Learning Studies, 1(2), 149–156. https://doi.org/10.23887/jlls.v1i2.14760
Noviyana, H. (2017). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa. JURNAL E-DuMath, 3(2). https://doi.org/10.26638/je.455.2064
Nugroho, I. A., & Chotim, M. (2013). Keefektifan Pendekatan Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik. Unnes Journal of Mathematics Education., 2(1). https://doi.org/10.15294/ujme.v2i1.3319
PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA, 1 (2009).
Ratminingsih, N. made. (2010). Experimental Research in Second Language. PRASI, 6(11), 30–40.
Siviani, R., Zubainur, C. M., & Subianto, M. (2018). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP melalui Model Problem Based Learning. Jurnal Didaktik Matematika, 5(1), 27–39. https://doi.org/10.24815/jdm.v5i1.10125
Ulfa, F. M., & Asriana, M. (2018). Keefektifan Model PBL dengan Pendekatan Open-ended pada Pencapaian Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Disposisi Matematis Siswa. Prisma, Prosicing Seminar Nasional Matematika, 1, 289–298.
Utomo, T., Wahyuni, D., Hariyadi, S., Studi, P., Biologi, P., Keguruan, F., & Unej, U. J. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah ( Problem Based Learning ) Terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa ( Siswa Kelas VIII Semester Gasal SMPN 1 Sumbermalang Kabupaten Situbondo Tahun Ajaran 2012 / 2013 ) ( The Effect of Pro. Jurnal Edukasi UNEJ, 7, 5–9.
Yusup, F. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 17–23. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i1.2100
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4255
Refbacks
- There are currently no refbacks.