EKSPLORASI ETNOMATEMATIKA SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATEMATIKA DI KABUPATEN ENDE
(1) Universitas Flores
(2) Universitas Flores
(*) Corresponding Author
Abstract
Abstrak
Pendidikan dan budaya adalah sesuatu yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Etnomatematika hadir untuk menjembatani antara budaya dan pendidikan khususnya dalam pembelajaran matematika.Tanpa disadari masyarakat telah melakukan berbagai aktivitas dengan meggunakan konsep dasar matematika dan ide-ide matematis.Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis eksplorasi etnomatematika budaya dan adat istiadat kabupaten Ende agar diperoleh informasi dasar dalam pengembangan ilmu etnomatematika terhadap pembelajaran matematika. Penelitian ini merupahkan penelitian Deskriptif Kualitatif, menggunakan metode studi lapangan, wawancara dan studi dokumen. Analisis data yang digunakan adalah analisis model Miles and Huberman. Aktivitas dalam analisis data yaitu data reduction, data display, dan conclusion drawing/verification.Berdasarkan kajian terhadap budaya Ende di peroleh beberapa unsur Etnomatematika di antaranya geometri bidang, Geometri Ruang, pola bilangan dan satuan berat.Penelitian sebenarnya masih belum mendalami, di sarankan bagi peneliti lanjutan agar di galih lebih mendalam terkait sruktur, filosofis dalam kehidupan masyarakat Kabupaten Ende.
Kata kunci: Eksplorasi; etnomatematika; sumber belajar.
Abstract
Education and culture are something that cannot be separated in everyday life. Ethnomathematics is here to bridge between culture and education, especially in learning mathematics. Without realizing it, the community has carried out various activities using basic mathematical concepts and mathematical ideas. This study aims to study and analyze the ethnomathematical exploration of the culture and customs of Ende district in order to obtain basic information in the development of ethnomathematical science towards learning mathematics. This research is a qualitative descriptive research, using the methods of field studies, interviews and document studies. Analysis of the data used is the analysis of the Miles and Huberman model. Activities in data analysis are data reduction, data display, and conclusion drawing/verification. further researchers to explore more deeply related to structure, philosophy in the life of the people of Ende Regency.
Keywords: Ethnomathematics; exploration; learning resources.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Amalia, A., Syamsuri, S., & Ihsanudin, I. (2021). Eksplorasi Etnomatematika Batik Krakatoa Cilegon sebagai Sumber Belajar Matematika SMP. Wilangan: Jurnal Inovasi Dan …, 2(1), 36–43. Retrieved from https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/wilangan/article/view/11640
Fouze, A. Q., & Amit, M. (2021). Teaching Geometry by Integrating Ethnomathematics of Bedouin Values. Creative Education, 12, 402–421. https://doi.org/10.4236/ce.2021.122029
Hardiarti, S. (2017). Etnomatematika : Aplikasi Bangun Datar. Aksioma, 8(2), 99–110.
Hasanah, D. I. I., Syarif, A., Ni’mah, L., Cahya, N. D., Mukti, S. A., & Bambang Eko Susilo. (2022). Pendekatan Etnomatematika pada Materi Bangun Datar dengan Berbantuan Media Batik. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, (5), 910–913. Retrieved from https://journal.unnes.sc.id/sju/index.php/prisma/
Manapa, I. Y. H. (2021). ETNOMATEMATIKA : KEKAYAAN BUDAYA KABUPATEN ALOR SEBAGAI SUMBER MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Numeracy, 8(1), 1–24.
Marina, M., & Izzati, N. (2019). Eksplorasi Etnomatematika pada Corak Alat Musik Kesenian Marawis sebagai Sumber Belajar Matematika. Jurnal Gantang, 4(1), 39–48. https://doi.org/10.31629/jg.v4i1.1027
Nuryadi. (2020). Pendidikan Matematika Berbasis Etnomatematika di Era 4.0. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 5–12. Yogyakarta: Universitas Mercubuana.
Pertiwi, I. J., & Budiarto, M. T. (2020). Eksplorasi Etnomatematika Pada Gerabah Mlaten. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 438–453. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.257
Putra, R. Y., Wijayanto, Z., & Widodo, S. A. (2020). Etnomatematika: Masjid Soko Tunggal Dalam Pembelajaran Geometri 2D. Jurnal Riset Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Matematika (JRPIPM), 4(1), 10–22. https://doi.org/10.26740/jrpipm.v4n1.p10-22
Putri, L. I. (2017). Eksplorasi Etnomatematika Kesenian Rebana Sebagai Sumebr Belajar Matematika pada Jenjang MI. Jurnal Ilmiah “Pendidikan Dasar,” IV(1), 21–31.
Riski, Y., Tito, V., & Krister, P. (2020). Kajian Etnomatematika Anyaman Bambu Yogyakarta Di Desa Wisata Kerajinan Bambu Brajan Dan Implementasinya Pada Pembelajaran Topik Geometri. Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 143–152. Retrieved from https://conference.unikal.ac.id/index.php/sandika/sandika1/paper/view/334
Rohmaini, L., Netriwati, N., Komarudin, K., Nendra, F., & Qiftiyah, M. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Berbantuan Wingeom Berdasarkan Langkah Borg and Gall. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 176–186. https://doi.org/10.25157/teorema.v5i2.3649
Rupa, J. N., & Ri’a, M. P. P. (2021). Makna Simbolik Motif Khas Sarung Ende Lio. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran), 4(2), 251–262.
Sutarto, S., Ahyansyah, A., Mawaddah, S., & Hastuti, I. D. (2021). Etnomatematika: Eksplorasi Kebudayaan Mbojo Sebagai Sumber Belajar Matematika. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 7(1), 33–42. https://doi.org/10.29100/jp2m.v7i1.2097
Ubayanti, C. S., Lumbantobing, H., & Manurung, M. M. H. (2016). Eksplorasi Etnomatematika Pada Sero (Set-Net) : Budaya Masyarakat Kokas Fakfak Papua Barat. Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pembelajarannya, 1(1), 12–21.
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4254
Refbacks
- There are currently no refbacks.