PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA

Mila Karmila Sidik(1*), Luthfi Rumbia(2),

(1) 
(2) Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Gotong Royong Masohi
(*) Corresponding Author


Abstract


Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan modul pembelajaran matematika dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang valid, praktis dan efektif. Dalam penelitian pengembangan ini mengacu pada model pengembangan ADDIE. Pengembangan dilakukan melalui analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan Kevalidan berdasarkan validasi materi, desain dan Bahasa. Diperoleh nilai validasi materi yaitu 96, nilai validasi desain yaitu 100 dan nilai validasi Bahasa yaitu 96. Sehingga modul pembelajaran matematika adalah “sangat valid” dan sudah layak digunakan. Kepraktisan dinilai oleh guru matematika dan siswa kelas V MIS Al-Hilaal Laimu Kecamatan Tehoru. Diperoleh skor penilaian guru yaitu 96 dan penilaian siswa yaitu 70. Sehingga untuk kepraktisan modul pembelajaran matematika adalah “sangat praktis” dan sudah layak digunakan. Keefektifan dilihat dari meningkatnya hasil kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang berada pada kategori sedang dan tinggi sehingga keefektifan modul pembelajaran matematika yang telah dibuat “sangat efektif”. Disimpulkan ketiga indikator yaitu kevalidan, kepraktisan dan keefektifan pada modul pembelajaran matematika memiliki kelayakan baik dan dapat digunakan dalam pembelajaran.


Keywords


mathematics module, problem solving, scientific

References


Ahmad, M., & Asmaidah, S. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Membelajarkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP. Jurnal “Mosharafa”, 6(September), 373–384.

Anggoro, B. S. (2015). Pengembangan Modul Matematika Dengan Strategi Problem Solving untuk Mengukur Tingkat Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 121–129. Retrieved from http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/al-jabar/article/view/25/436

Ekawati, T., Anggoro, B. S., & Komarudin. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Pada Materi Statistika Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 184–192. Retrieved from https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1826

Fatmawati, B. A. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Saintifik. Tesis. Salatiga. Retrieved from http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/psdpd/article/view/9935

Harahap, E. R., & Surya, E. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan Dan Penerapan MIPA, 553–558.

Hidayati, A., & Widodo, S. (2015). Proses Penalaran Matematis Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika pada Materi Pokok Dimensi Tiga Berdasarkan Kemampuan Siswa di SMA Negeri 5 Kediri. Jurnal Math Educator Nusantara, Vol 1(2), 1–13.

Laila, H. T., & Darmawan, H. (2021). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Non Formal, 07(02), 463–474.

Latifah, T., & Afriansyah, E. A. (2021). Kesulitan dalam kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi statistika. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 3(2), 134–150.

Mulyatiningsih, E. (2013). Metode Penelitian Terapan Bidang pendidikan. (A. Nuryanto,Ed.) (Cetakan I). Bandung: Alfabeta. Retrieved from http://www.albayan.ae

Mutiyati, & Yuniarty. (2020). 19 -IMPLEMENTASI PENDIDIKAN PADA MASA COVIDDALAM PERSPEKTIF SOSIOLOGI. Edification, 3(1). Retrieved from https://doi.org/https://doi.org/10.37092/ej.v3i1.207

Rosiyanti, H., & Muthmainnah, R. N. (2018). Penggunaan Gadget Sebagai Sumber Belajar Mempengaruhi Hasil Belajar Pada Mata Kuliah Matematika Dasar. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1), 25. Retrieved from https://doi.org/10.24853/fbc.4.1.25-36

Sidik, M. K. (2017). ANALISIS PROSES BERPIKIR INDUKTIF SISWA SMP DALAM MEMECAHKAN MASALAH HIMPUNAN. UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG, Malang.

Sidik, M. K. (2020). SCHOOL LIBRARY UTILIZATION AS A SOURCE OF LEARNING MATHEMATICS IN MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 WAKATOBI. SENDIKA, 6(2), 239–244.

Sukiminiandari, Y. P., Budi, A. S., & Supriyati, Y. (2015). Pengembangan Modul Fisika dengan Pendekatan Saintifik. Prosiding Seminar Nasional Fisika (E-Journal) SNF2015, IV, 161–164.

Suryani, D. R., Suryani, E., & Mukhtar. (2016). PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK DI SMP NEGERI 8 PADANGSIDEMPUAN. Paradikma, 9(3).




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4250

Refbacks

  • There are currently no refbacks.