EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KONSTEKSTUAL BERBASIS ETNOMATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN SIKAP DISIPLIN
(1) Flores University
(2) Universitas Flores
(3) Universitas Flores
(*) Corresponding Author
Abstract
Rendahnya pemahaman konsep dan sikap disiplin disebabkan oleh kurangnya kreatifitas guru dalam mengaitkan pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan dari model pembelajaran kontekstual berbasis etnomatematika terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika dan sikap disiplin. Penelitian ini merupakan kuasi eksperimen dengan sampel penelitian 22 orang mahasiswa program studi Pendidikan matematika semester II Universitas Flores. Instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah tes pemahaman konsep dan angket sikap disiplin mahasiswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes dan angket. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Pemahaman Konsep memperoleh nilai signifikan 0.000 hal tersebut berarti nilai p < 0.005 dan untuk sikap disiplin 0.003 hal tersebut berarti nilai p < 0.005, sehingga dapat diambil suatu keputusan bahwa Ho ditolak yang artinya terdapat perbedaan pre-test dan post-test Pemahaman konsep dan sikap disiplin mahasiswa sebelum dan sesudah penerapan pembelajaran kontekstual berbasis etnomatematika. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa mahasiswa semester II sesudah menerapkan model pembelajaran kontekstual berbasis etnomatematika hasil pemahaman konsep dan sikap disiplin lebih baik dari pada sebelum menggunakan pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran kontekstual berbasis etnomatematika
Kata kunci: Etnomatematika; Kontekstual; Pemahaman Konsep; Sikap Disiplin
Abstract
The low understanding of concepts and discipline is caused by the lack of creativity of teachers in learning with everyday life. The purpose of this study was to determine the effectiveness of the ethnomathematics-based contextual learning model. This study is a quasi-experimental research sample of 22 students of the second semester Mathematics Education study program at the University of Flores. The instruments used in this study were a concept understanding test and a student discipline attitude questionnaire. Data collection techniques were carried out using tests and questionnaires. Data analysis was done descriptively and inferentially. The results of the study concluded that Concept Understanding obtained a significant value of 0.000 which means the p-value < 0.005 and for disciplined attitude 0.003 it means the p-value < 0.005, so a decision can be taken that Ho is rejected, which means that there are differences in the pre-test and post-test understanding. concepts and student discipline attitudes before and after the application of ethnomathematical-based contextual learning. Therefore, it can be concluded that second-semester students after applying the ethnomathematics-based contextual learning model the results of understanding concepts and discipline attitudes are better than before using the ethnomathematics-based contextual learning model.
Keywords: Contextual; Concept Understanding; Discipline; Ethnomathematics
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Budiarto, M. T. (2018). Etno-Matematika: Optimalisasi Berpikir Matematis di Era Milenial. Babak Final OLMAT UINSA 2018, Himpunan Mahasiswa PMT, Surabaya.
Dosinaeng, W. B. N., Lakapu, M., Jagom, Y. O., Uskono, I. V., Leton, S. I., & Djong, K. D. (2020). Etnomatematika Untuk Siswa Sekolah Menengah:Eksplorasi Konsep-Konsep Geometri Pada Budaya Suku Boti. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), 739. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i3.2900
Hardiani, D., Irawati, R., & Maulana, M. (2017). Penerapan Pendekatan Kontekstual Berbasis Etnografi Majalaya Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 981–990. https://doi.org/10.17509/jpi.v2i1.11245
Isharyadi, R. (2018). Pengaruh Penerapan Pendekatan Kontekstual Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(1), 48. https://doi.org/10.24127/ajpm.v7i1.1342
Johnson, E. B. (2010). Contextual Teaching & Learning: Menjadikan Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna. Bandung: Kaifa.
Marsigit. (2016). Pengembangan Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 2(1), MU1–MU38. https://www.cairn.info/revue-etudes-2003-11-page-475.htm
Mei, M. F., Baptis Seto, S., & Trisna Sero Wondo, M. (2020). Pembelajaran Kontekstual Melalui Permainan Kelereng Pada Siswa Kelas Iii Sd Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Perkalian. Jupika: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 61–70. https://doi.org/10.37478/jupika.v3i2.669
Minal Ardi. (2012). Pengaruh Pemberian Hukuman Terhadap Disiplin Siswa Dalam Belajar. Jurnal Eksos, 8(1), 61–72. http://repository.polnep.ac.id/xmlui/handle/123456789/359
Mulyasa, E. (2005). Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Santoso, E. (2017). Penggunaan Model Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(1), 16–29. https://doi.org/10.31949/jcp.v3i1.407
Shirley, L. (2008). Looks Back Ethnomathematics and Look Forward. Journal International Congress of Mathematics Education, 6, 6–13.
Tu’u, T. (2004). Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo.
Ubayanti, C. S., Lumbantobing, H. & M. M. M. H. (2016). Eksplorasi Etnomatematika Pada Sero (Set-Net) : Budaya Masyarakat Kokas Fakfak Papua Barat. Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pembelajarannya, 1(1), 12–21. http://ejournal.uncen.ac.id/index.php/JIMP/article/view/213
Utari, T. (2015). Keefektifan Model Pembelajaran Probing - Prompting Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan. Negeri Semarang.
Wondo, T., Maria Fatima Mei, & Finsensius Y. Naja. (2020). Exploration of geometry Symbol in Traditional Houses of the Lio District of Ende for Geometry Learning. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 12(1), 32–44. https://doi.org/10.36928/jpkm.v12i1.71
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4227
Refbacks
- There are currently no refbacks.