MEMAHAMI BAGAIMANA SISWA LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN MEMECAHKAN MASALAH MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR

Khoerul Umam(1*), Dedi Hidayat(2), Supandi Supandi(3),

(1) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
(2) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
(3) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
(*) Corresponding Author


Abstract


Kemampuan pemecahan masalah matematika dipengaruhi oleh kemampuan siswa dalam mematematisasi masalah. Dalam memahami bagaimana proses itu terjadi dapat dieksplorasi, salah satu cara mengeksplorasi kemampuan pemecahan masalah matematika dapat menggunakan materi sistem persamaan linear. Materi ini memungkinkan siswa untuk mengembangkan pengetahuan matematika melalui pemecahan masalah. Metode penelitian yang digunakan metode deskriptif kualitatif guna untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah pada siswa dalam materi persamaan linier ditinjau dari kamampuan matematis. Instrumen penelitian ini menggunakan materi system persamaan linear yang mengharuskan siswa mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematisnya. Data penelitian divalidasi dengan menggunakan triangulasi waktu dan sumber agar didapatkan data penelitian yang reliabel dan valid. Analisis data menggunakan analisis deskriptif berdasarkan indikator pada kemampuan pemecahan masalah. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa siswa telah memahami urutan dalam langkah-langkah memecahkan masalah pada persoalan system persamaan linear dua variabel.  Perbedaan mendasar dapat dilihat ketika siswa perempuan lebih mendetailkan seluruh informasi yang didapatkan sedangkan siswa laki-laki cenderung menghabiskan waktu untuk membaca masalah tetapi tidak mendetailkan informasi yang didapatkan. Kecenderungan yang berbeda bagaimana siswa perempuan dan laki-laki mengawali proses pemecahan masalah matematika dapat membantu guru untuk tahapan dan langkah apa yang diperlukan dalam mengembangkan kualitas pembelajaran matematika yang lebih berkelanjutan.


Keywords


Gender, Kemampuan PAlexander, P. a. (2012). How We Think: A Theory of Goal-Oriented Decision Making and Its Educational Applications , by Alan H. Schoenfeld . Mathematical Thinking and Learning, 14(3), 257–263. https://doi.org/1emecahan Masalah Matematis.

References


Abdullah, A. H., Abidin, N. L. Z., & Ali, M. (2015). Analysis of students’ errors in solving Higher Order Thinking Skills (HOTS) problems for the topic of fraction. Asian Social Science, 11(21), 133–142. https://doi.org/10.5539/ass.v11n21p133

Al-Emran, M., Arpaci, I., & Salloum, S. A. (2020). An empirical examination of continuous intention to use m-learning: An integrated model. Education and Information Technologies, 25(4), 2899–2918. https://doi.org/10.1007/s10639-019-10094-2

Alawiyah, F. (2013). Peran Guru dalam Kurikulum 2013. Aspirasi, 4(1), 65–74.

Alexander, P. a. (2012). How We Think: A Theory of Goal-Oriented Decision Making and Its Educational Applications , by Alan H. Schoenfeld . Mathematical Thinking and Learning, 14(3), 257–263. https://doi.org/10.1080/10986065.2012.683320

Fatmawati, F., & Murtafiah, M. (2018). Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas XI Sma Negeri 1 Majene. Saintifik, 4(1), 63–73. https://doi.org/10.31605/saintifik.v4i1.145

Guerrero-Ortiz, C., Mena-Lorca, J., & Soto, A. M. (2017). Fostering Transit between Real World and Mathematical World: Some Phases on the Modelling Cycle. International Journal of Science and Mathematics Education, 596, 1–24. https://doi.org/10.1007/s10763-017-9856-9

Hastuti, E. S., Eclarin, L., & Dalam, K. K. S. (2021). Kecemasan Siswa Sekolah Menengah Pertama Menyelesaikan Masalah SPLDV Pada Kelas Virtual Dalam. International Journal of Progressive Mathematics Education, 1(1), 64–84. https://doi.org/10.22236/ijopme.v1i1.6914

Ike, F., & Suhendri, H. (2021). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas V Pada Materi Kubus Dan Balok. International Journal of Progressive Mathematics Education, 1(2). https://doi.org/10.22236/ijopme.v1i2.7308

Ikram, M., & Ikram, M. (2021). Analysis of The Occurrence of Reversible Reasoning for Inverse Cases: A Case Study on The Subject Adjie. International Journal of Progressive Mathematics Education, 8435(1), 1–15. https://doi.org/10.22236/ijopme.v1i1.6635

Irfan, M. (2017). Analisis Kesalahan Siswa dalam Pemecahan Masalah Berdasarkan Kecemasan Belajar Matematika. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(2), 143–149. https://doi.org/10.15294/kreano.v8i2.8779

Isnaeni, S., Fajriyah, L., Risky, E. S., Purwasih, R., & Hidayat, W. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP pada Materi Persamaan Garis Lurus. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(1), 107. https://doi.org/10.31331/medives.v2i1.528

Karim, A., Soebagyo, J., & Edy Purwanto, S. (2021). Stochastic Block Model Reveals Maps of In Applied Mathematics Studies Using VOS Viewer. International Journal of Progressive Mathematics Education, 1(2), 127–142. https://doi.org/10.22236/ijopme.v1i2.6917

Komarudin. (2016). Analisis Kesalahan Pemecahan Masalah Matematika pada Materi Peluang Berdasarkan High Order Thinking. Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam, VIII(1), 202–217.

Kosiret, A., Indiyah, F. H., & Wijayanti, D. A. (2021). The Use of Generative Learning Model in Improving Students’ Understanding of Mathematical Concepts of Al-Azhar 19 Islamic High School. International Journal of Progressive Mathematics Education, 1(1), 16–26. https://doi.org/10.22236/ijopme.v1i1.6593

Kristofora, M., & Sujadi, a a. (2017). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Dengan Menggunakan Langkah Polya Siswa Kelas Vii Smp. Prisma, 6(1), 9–16. https://doi.org/10.35194/jp.v6i1.24

Kurniasih, N., Hidayani, F., & Muchlis, A. (2021). Analisis Kemandirian Belajar Matematika Siswa SMA Kelas XI Selama Pembelajaran Jarak Jauh. International Journal of Progressive Mathematics Education, 1(2), 117–126. https://doi.org/10.22236/ijopme.v1i2.6568

Lipnevich, A. A., & Smith, J. K. (2009). “I really need feedback to learn:” Students’ perspectives on the effectiveness of the differential feedback messages. Educational Assessment, Evaluation and Accountability, 21(4), 347–367. https://doi.org/10.1007/s11092-009-9082-2

Maesya Firdaus, D., Purwanto, S. E., & Nuriadin, I. (2021). Kontribusi Seft-Efficacy Dan Mathematics Anxiety Terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Siswa. International Journal of Progressive Mathematics Education, 1(2), 1–19. https://doi.org/10.22236/ijopme.v1i2.6488

Mathematics, N. C. of T. of. (2000). Principles and standards for School Mathematics.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook. In CEUR Workshop Proceedings (Vol. 1304, pp. 89–92). SAGE Publications.

NCTM. (2000). A Vision for School Mathematics. Principles and Standards for School Mathematics, 3–8.

Norqvist, M. (2018). The effect of explanations on mathematical reasoning tasks. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 49(1), 15–30. https://doi.org/10.1080/0020739X.2017.1340679

Nurdiana. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Menurut Kastolan Dalam Pemecahan Masalah Matematika. Seminar Matematika Dan Pendidikan Matematika Uny, 19(2), 123–130.

Octaviani, K. D., Indrawatiningsih, N., & Afifah, A. (2021). Kemampuan Visualisasi Spasial Siswa Dalam Memecahkan Masalah Geometri Bangun Ruang Sisi Datar. International Journal of Progressive Mathematics Education, 1(1), 27–40. https://doi.org/10.22236/ijopme.v1i1.6583

Passolunghi, M. C., Caviola, S., De Agostini, R., Perin, C., & Mammarella, I. C. (2016). Mathematics anxiety, working memory, and mathematics performance in secondary-school children. Frontiers in Psychology, 7(FEB), 1–8. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2016.00042

Phonapichat, P., Wongwanich, S., & Sujiva, S. (2014). An Analysis of Elementary School Students’ Difficulties in Mathematical Problem Solving. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 116(2012), 3169–3174. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.01.728

Radford, L. (2008). Connecting theories in mathematics education: challenges and possibilities. ZDM - Mathematics Education, 40(2), 317–327. https://doi.org/10.1007/s11858-008-0090-3

Ruswati, D., Utami, W. T., & Senjayawati, E. (2018). Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam menyelesaikan soal kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari tiga aspek. Maju, 5(1), 91–107.

Saida, A., Ikram, M., & Salwah. (2021). Analysis of Students’ Creative Thinking in Solving Cuboid Problems. International Journal of Progressive Mathematics Education, 1(2), 104–116. https://doi.org/10.22236/ijopme.v1i2.7307

Samo, D. D. (2017). Kemampuan pemecahan masalah matematika mahasiswa tahun pertama dalam memecahkan masalah geometri konteks budaya. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 141. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.13470

Sari, L. N. I. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Melalui Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. In Logaritma: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan dan Sains (Vol. 5, Issue 01, p. 24). https://doi.org/10.24952/logaritma.v5i01.1258

Schukajlow, S., Krug, A., & Rakoczy, K. (2015). Effects of prompting multiple solutions for modelling problems on students’ performance. Educational Studies in Mathematics, 89(3), 393–417. https://doi.org/10.1007/s10649-015-9608-0

Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP Garut, 5.

Umam, K. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Matematis Siswa melalui pembelajaran Reciprocal Teaching. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 3(2), 57–61.

Wahyudin. (2008). Pembelajaran dan Model-Model Pembelajaran. UPI.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4226

Refbacks

  • There are currently no refbacks.