BAGAIMANA SISWA YANG MEMILIKI KEMAMPUAN MATEMATIKA BERBEDA MEMECAHKAN MASALAH CERITA KOMBINASI

Ishaq Nuriadin(1*), Fitria Cahya Ningrum(2), Slamet Slamet(3),

(1) UHAMKA
(2) UHAMKA
(3) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
(*) Corresponding Author


Abstract


Pemecahan masalah matematika telah menjadi suatu elemen penting dalam proses pembelajaran matematika yang harus terus ditingkatkan. Eksplorasi bagaimana tahapan memecahkan masalah matematika menjadi faktor fundamental sebelum mengembangkan kemampuan pemecahan masalah. Tujuan dari penelitian ini ingin mengeksplorasi bagaimana cara siswa dengan kemampuan matematika berbeda memecahkan masalah kombinasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif  dengan menggunakan tes matematika dan mewawancarai secara mendalam terkait dengan hasil pekerjaan siswa. Data yang sudah didapatkan dianalisis data dengan cara mereduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh subjek 1 dapat memecahkan masalah pada kategori baik, subjek 2 dapat memecahkan masalah pada kategori cukup dan subjek 3 memecahkan masalah pada kategori kurang. Kontribusi. Penelitian ini diharapkan dapat menjadikan gambaran data serta memberikan wawasan serta pengalaman penelitian untuk penelitian selanjutnya.


Keywords


Kemampuan Pemecahan Masalah, Kemampuan Matematis, Soal Cerita Kombinasi

References


Andi Saparuddin Nur1, M. P. (2018). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau dari Perbedaan Gaya Kognitif dan Gender. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 2. http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/kreano

Andriyani Astri. (2018). Soal Cerita Pada Materi Program Linear Ditinjau Dari Gaya Kognitif Siswa. Jurnal Pendidikan Berkarakter, 1(1), 16–22. https://doi.org///doi.org/10.31764/pendekar.v1i1.252

Annur Rizki, Suhendar, B. R. (2020). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Di Kota Sukabumi. Jurnal Biotek, 8 (1). https://doi.org/doi.org/10.24252/jb.v8i1.13374

Apri Kurniawan, Diki Setiawan, W. H. (2019). ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP BERBANTUAN SOAL ONTEKSTUAL PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 2, No. 5. https://doi.org/x.doi.org/10.22460/jpmi.v2i5.p271-282

Argarini, D. F. (2018). Analisis Pemecahan Masalah Berbasis Polya pada Materi Perkalian Vektor Ditinjau dari Gaya Belajar. Matematika fan Pembelajaran, 6(1), 91. https://doi.org///doi.org/10.33477/mp.v6i1.448

Dwinata Alona. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Menggunakan Pemodelan RASCH pada Materi Permutasi dan Kombinasi. PRISMA, 2, 124–131. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/28899

E.T Ruseffendi. (2006). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Tarsito.

Faridah, Jihan., Wahidin., Hendriana, B. (2019). Penerapan Metode Problem Solving Berbantu Benda Konkret Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Jihan. Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 5(2), 25–38.

H, U. (2003). Problem Possing dan Problem Solving dalam Pembelajaran Matematika.

Hanifa, Nur Isnaeni, et all. (2018). Analisis Kemampuan Memecahkan Masalah Siswa Kelas X IPA pada Materi Perubahan Lingkungan dan Faktor yang Mempengaruhinya. Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi. Penelitian Pendidikan Biologi, 2(2), 121–128. https://doi.org///doi.org/10.32502/dikbio.v2i2.1895

Hendriana, H., Johanto, T., & Sumarmo, U. (2018). The role of problem-based learning to improve students’ mathematical problem-solving ability and self confidence. Journal on Mathematics Education, 9(2), 291–299. https://doi.org/10.22342/jme.9.2.5394.291-300

Indarwati, D, W. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika melalui Penerapan Problem Based Learning untuk Siswa Kelas V SD. Satya Widya, 30 (1), 17–27. https://doi.org///doi.org/10.24246/j.sw.2014.v30.i1.p17-27

Irianti, S. & C. (2016). Proses Berpikir Siswa Quitter dalam Menyelesaikan Masalah SPLDV Berdasarkan Langkah-langkah Polya. JMPM: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 133. https://doi.org///doi.org/10.26594/jmpm.v1i2.582

Karlimah. (2010). Pengembangan Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah serta Disposisi Matematis Mahasiswa PGSD melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Universitas Terbuka.

Lestanti, M. M., Isnarto, I., & Supriyono, S. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau dari Karakteristik Cara Berpikir Siswa dalam Model Problem Based Learning. Unnes Journal of Mathematics Education.

M Ali. (2014). Pembelajaran Kooperatif dengan Menggunakan Kotak Berwarna Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Permutasi dan Kombinasi. In Universitas Negeri Malang. http://repository.um.ac.id/110538/

Maarif, S., Setiarini, R. N., & Nurafni, N. (2020). Hambatan Epistimologis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Didaktik Matematika, 7(1), 72–89. https://doi.org///doi.org/10.24815/jdm.v7i1.15234

Mardianto. (2014). Psikologi Pendidikan Landasan Untuk Pengembangan Strategi Pembelajaran. Perdana Publishing.

Nasution. (2010). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara.

NCTM. (2001). Principles and Standards for School Mathematics.

Ningrum, E. K., Purnami, A. S., & Widodo, S. A. (2017). Eksperimentasi Team Accelerated Instruction terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, I(2), 218–227. https://doi.org//dxdoi.org/10.33603/jnpm.v1i2.466

Nuriadin, Ishaq, Kusumah, Y s, Sabandar, D. (2015). Enhancing Of Students’ Mathematical Reflective Thinking Ability Through Knowledge Sharing Learning Strategy In Senior High School. International Journal of Education and Research, 3 (9), 255–268. www.ijern.cpm/september-2015.php

Nuritasari, F., & Anjarani, D. R. (2019). Pembelajaran Dengan Quantitative Reasoning Pemecahan Masalah Pada Mata Kuliah Teori Bilangan. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 2(1). dx.doi.org/10.30738/indomath.v2i1.3348

Rismawati, R., & Komala, E. (2018). Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. IndoMath: Indonesia Mathematics Education, 1(2), 129. https://doi.org/10.30738/indomath.v1i2.2770

Romika & Amalia, Y. (2014). (2014). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar dengan Teori Van Hiele. Bina Gogik, I(2), 17–31. https://ejournal.stkipbbm.ac.id/index.php/pgsd/article/view/35/33

Soebagyo, J., Habibie, H., & Gunawan, I. (2021). Polya’s Four Phases Exploration in Solving Linear Program Story Questions Based on Student Beliefs. Proceedings of the 1st Annual International Conference on Natural and Social Science Education (ICNSSE 2020), 547(Icnsse 2020), 260–267. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210430.040

Suroto. (2011). ”Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIIF SMP 2 Semarang Melalui Penerapan Pengajuan Masalah Pada Materi Bangun Datar Tahun Pelajaran 2010/2011. Jurnal Sains dan Matematika 1.

Sutarto Hadi dan Radiyatul Radiyatul. (2016). "Metode Pemecahan Masalah Menurut Polya Untuk Mengembangkan Kemampuan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematis Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika.

Timbul Yuwono, M. S. dan R. (2018). "Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Prosedur Polya,. Jurnal Tadris Matematika, 2, 137.

Umam, K. (2015). Pemahaman Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Gaya Belajar Divergen. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 4(1), 84. /simakip.uhamka.ac.id/download?type=jurnal&id=20%0D

Umam, K. (2018). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Reciprocal Teaching. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 3(2). https://doi.org/10.33603/ev6i2.2216

Wahid Umar. (2016). Strategi Pemecahan Masalah Matematis versi George Polya dan Penerapannya Dalam Pembelajaran Matematika. Pendidikan Matematika, 1. https://journal.uhamka.ac.id/index.php/kalamatika/article/view/4549/1513

Wahyu Hidayat, R. S. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Adversity Quotient Siswa SMP Melalui Pembelajaran Open Ended. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 2(1), 109. https://doi.org/doi.org/10.1016/S0962-8479(96)90008-8

Wahyuddin, W. (2017). Analisis Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Ditinjau dari Kemampuan Verbal. Beta Jurnal Tadris Matematika, 9(2). https://doi.org/doi.org/10.20414/betajtm.v9i2.9

Widodo, S. . & I. (2018). . Improving mathematical problem solving skills through visual media. In. Journal of Physics: Conference Series, 948 No. 1. https://doi.org/10.1088/1742-6596/948/1/012004

Winarti, E. R., Waluya, B., Rochmad, & K. (2019). Pemecahan Masalah dan Pembelajarannya dalam Matematika. PRISMA, 389–394. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/28961

Yaramayani, A. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas Xi Mipa Sma Negeri 1 Kota Jambi. 6(2), 12–19. https://doi.org/dxdoi.org/10.33087/dikdaya.v6i2.9

Zulkifli, J. P., & Anggraini, R. (n.d.). Pendekatan Pemecahan Masalah Matematika.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i1.4220

Refbacks

  • There are currently no refbacks.