BAGAIMANA SISWA MEMECAHKAN MASALAH ARITMATIKA SOSIAL BERDASARKAN TINGKAT KEMAMPUAN MATEMATIS SISWA
(1) Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA
(2) UHAMKA
(3) UHAMKA
(*) Corresponding Author
Abstract
Ekspolrasi tentang pemecahan masalah matematis yang dilakukan oleh siswa pada saat menyelesaikan aritmatika sosial yang ditinjau dari kemampuan matematika siswa sangatlah diperlukan. Dengan mengetahui tahapan bagaimana siswa memecahkan masalah aritmatika sosial akan memudahkan guru dalam menyusun, serta merencanakan pembelajaran aritmatika sosial. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan wawancara tidak terstruktur untuk mencapai tujuan penelitian ini, subjek dalam penelitian ini adalah siswa berkemampuan tinggi, sedang dan rendah. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dimana hasil wawancara dan hasil pengerjaan tes oleh subjek dengan kajian mendalam dari beberapa penelitian-penelitian terkait sesuai dengan tahapan kemampuan pemecahan masalah matematis menurut Polya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah pada siswa yang tinggi. Kontribusi penelitian ini adalah mengetahui bagaimana profil pemahaman pemecahan masalah siswa pada materi aritmatika sosial berdasarkan tingkat kemampuan matematis siswa.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Agustin, S., S., Purwanto, S., E. Ma’arif, S., S. (2021). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Peserta Didik dengan Penyajian Masalah Open-Ended Pada Pembelajaran Daring. Kognitif Jurnal Riset HOTS Pendidikan Matematika, 1(1). https://doi.org/10.51574/kognitif.v1i1.19
Davita, P. W. C., & Pujiastuti, H. (2020). Anallisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 110–117. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.23601
Elita, G. S., Habibi, M., Putra, A., & Ulandari, N. (2019). Pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Metakognisi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 447–458. Retrieved from http://journal.institutpendidikan.ac.id/index.php/mosharafa
Faridah, Jihan., Wahidin., Hendriana, B. (2019). Penerapan Metode Problem Solving Berbantu Benda Konkret Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Jihan. Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan, 5(2), 25–38.
Hadi, S., & Radiyatul, R. (2014). Metode Pemecahan Masalah Menurut Polya untuk Mengembangkan Kemampuan Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematis di Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 53–61. https://doi.org/10.20527/edumat.v2i1.603
Hermawati, Jumroh, & Sari, E. F. P. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Siswa SMP pada Materi Kubus dan Balok. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 141–152. Retrieved from http://www.e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/p2m/article/view/1283
Khairunnisa, R. (2021). Mengerjakan Soal Pisa Ditinjau Berdasarkan. 4(2), 445–452. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i2.445-452
Maarif, S. (2016). Improving junior high school students’ mathematical analogical ability using discovery learning method. International Journal of Research in Education and Science, 2(1), 114–124. https://doi.org/10.21890/ijres.56842
Maarif, S., Pradipta, T. R., Pramuditya, S. A., & Noto, M. S. (2020). Penerapan Model Guided Discovery Learning dalam Mengembangkan Kemampuan Mengkonstruksi Bukti Geometri. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 28. https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i1.2811
Maarif, S., Setiarini, R. N., & Nurafni, N. (2020). Hambatan Epistimologis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Didaktik Matematika, 7(1), 72–89. https://doi.org/10.24815/jdm.v7i1.15234
Nabilah, E., Umam, K., Azhar, E., & Purwanto, S. E. (2021). Kecemasan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Modelling Matematika Pada Praktek Kelas Virtual. Internatioinal Journal of Progressive Mathematics Education, 1(1), 41–60.
Netriwati. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matetamatis Berdasarkan Teori Polya Ditinjau dari Pengetahuan Awal Mahasiswa IAIN Raden Intan Lampung. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(9), 181–190.
Octaviani, K. D., Indrawatiningsih, N., & Afifah, A. (2021). Kemampuan Visualisasi Spasial Siswa Dalam Memecahkan Masalah Geometri Bangun Ruang Sisi Datar Kemampuan Visualisasi Spasial Siswa Dalam Memecahkan Masalah Geometri Bangun Ruang Sisi Datar. International Journal of Progressive Mathematics Education, 1(1), 27–40.
Purwanto, Sigid Edy and Awalludin, S. A. (2017). The Effect of Realistic Mathematics Education Approach on Mathematical Problem Solving Ability. Proceedings of Ahmad Dahlan International Conference on Mathematics and Mathematics Education, 3(2), 94. https://doi.org/10.32939/ejrpm.v3i2.595
Raudho, Z., Handayani, T., & Syutaridho. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Soal Pytagoras. Suska Journal of Mathematics Education, 6(2), 101–110.
Riawan, I., & Puspananda, D. R. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi aritmatika sosial ditinjau dari tipe kepribadian siswa. Educatif Journal of Education …, 2(20), 13–24. Retrieved from http://pub.mykreatif.com/index.php/educatif/article/view/20
Riskyanti, Dhella., Hamid, Hasan., dan Jalal, A. (1967). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas Vii-1 Smp Negeri 14 Halmahera Selatan Pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Pendidikan Guru Matematika, 6(11), 951–952.
Safrida, L. N., Susanto, S., & Kurniati, D. (2015). Analisis Proses Berpikir Siswa dalam Pemecahan Masalah Terbuka Berbasis Polya Sub Pokok Bahasan Tabung Kelas IX SMP Negeri 7 Jember. Kadikma, 6(1), 25–38.
Soebagyo, J., Habibie, H., & Gunawan, I. (2021). Polya’s Four Phases Exploration in Solving Linear Program Story Questions Based on Student Beliefs. Proceedings of the 1st Annual International Conference on Natural and Social Science Education (ICNSSE 2020), 547(Icnsse 2020), 260–267. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210430.040
Suryani, M., Jufri, L. H., & Putri, T. A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Berdasarkan Kemampuan Awal. Musharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9, 119–130.
Umam, K. (2020). PEMAHAMAN SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA BERDASARKAN GAYA BELAJAR DIVERGEN. Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 4(1), 23–29. Retrieved from http://www.jeipd.org
Yuwono, T., Supanggih, M., & Ferdiani, R. D. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Prosedur Polya. Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 137–144. https://doi.org/10.21274/jtm.2018.1.2.137-144
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i1.4218
Refbacks
- There are currently no refbacks.
.png)

.png)