PROSES BERPIKIR KREATIF MAHASISWA DALAM MENGAJUKAN DAN MEMECAHKAN MASALAH
(1) Universitas PGRI Kanjuruhan
(2) Universitas Sebelas Maret
(3) Universitas Sebelas Maret
(4) 
(*) Corresponding Author
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses berpikir kreatif mahasiswa dalam mengajukan dan memecahkan masalah berdasarkan tahapan Wallas. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data adalah mahasiswa prodi pendidikan matematika Universitas Kanjuruhan Malang, angkatan 2017 kelas K yang mengikuti mata kuliah Kajian Pembelajaran Matematika Sekolah 3 yang berjumlah 20 mahasiswa. Subjek penelitian ini berjumlah 3 orang, yang diambil secara acak berdasarkan kemampuan tinggi, sedang dan rendah. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sebagai instrumen utama, dan didukung oleh instrumen lembar tes dan pedoman wawancara. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan pada tahap inkubasi, terdapat perbedaan durasi waktu yang dibutuhkan bagi ketiga subjek penelitian. Subjek 1 yang berkemampuan tinggi, hanya membutuhkan waktu sekitar 4 menit pada tahap inkubasi. Subjek 2 membutuhkan waktu sekitar 12 menit pada tahap inkubasi. Subjek 3 membutuhkan waktu sekitar 30 menit pada tahap inkubasi.Pada tahap iluminasi, ketiga subjek mulai menetapkan materi yang akan digunakan dalam mengajukan masalah, dan mulai menuliskan masalah yang diajukan. Pada tahap Verifikasi, subjek 1 dapat memecahkan masalah yang diajukan dan didapatkan jawaban yang benar. Hal ini menandakan bahwa subjek 1 dapat menguji sebuah produk hasil proses kreatif untuk membuktikannya. b) Subjek 2 dapat memecahkan masalah yang diajukan tetapi kurang tepat dalam menuliskan jawabannya. Hal ini dapat diartikan bahwa subjek 2, dapat menguji sebuah produk hasil proses kreatif, tetapi kurang tepat dalam membuktikannya. c) Subjek 3 belum dapat memecahkan masalah yang diajukan. Sehingga subjek 3 tidak dapat menguji sebuah produk hasil proses kreatif, dan tidak dapat membuktikannya.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arikan, E. E. (2017). Is there a relationship between creativity and mathematical creativity? Journal of Education and Learning, 6(4), 239. https://doi.org/10.5539/jel.v6n4p239
Breuer, J. (2011). (In)Formative play: The effects of digital games on creativity and problem-solving skills. Proceedings of the 6th International Conference on Foundations of Digital Games - FDG ’11, 241–243. https://doi.org/10.1145/2159365.2159399
Ferdiani, R. D., Farida, N., & Murniasih, T. R. (2019). Analisis kemampuan berpikir kreatif siswa smp melalui soal open ended pada materi bangun tabung. MUST: Journal of Mathematics Education, Science and Technology, 4(1), 35. https://doi.org/10.30651/must.v4i1.2595
Ferdiani, R. D., & Murniasih, T. R. (2017). Pengembangan instrumen penilaian autentik melalui tugas proyek pada materi statistika smp. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 7(1), 66. https://doi.org/10.21067/jip.v7i1.1557
He, K. (2017). A Theory of Creative Thinking. Springer Singapore. http://link.springer.com/10.1007/978-981-10-5053-4
Kembara, M., Rozak, R. W., & Hadian, V. A. (2019). Research-based lectures to improve students’ 4c (Communication, collaboration, critical thinking, and creativity) skills. Proceedings of the Second Conference on Language, Literature, Education, and Culture (ICOLLITE 2018). Proceedings of the Second Conference on Language, Literature, Education, and Culture (ICOLLITE 2018), Bandung, Indonesia. https://doi.org/10.2991/icollite-18.2019.50
Leikin, R., & Lev, M. (2013). Mathematical creativity in generally gifted and mathematically excelling adolescents: What makes the difference? ZDM, 45(2), 183–197. https://doi.org/10.1007/s11858-012-0460-8
Lubart, T. (Ed.). (2018). The creative process: Perspectives from multiple domains. Palgrave Macmillan UK. http://link.springer.com/10.1057/978-1-137-50563-7
Sio, U. N., & Ormerod, T. C. (2009). Does incubation enhance problem solving? A meta-analytic review. Psychological Bulletin, 135(1), 94–120. https://doi.org/10.1037/a0014212
Siswono, T. Y. E. (2010). Leveling students’ creative thinking in solving and posing mathematical problem. Journal on Mathematics Education, 1(1), 17–40. https://doi.org/10.22342/jme.1.1.794.17-40
Sitorus, J. & Masrayati. (2016). Students’ creative thinking process stages: Implementation of realistic mathematics education. Thinking Skills and Creativity, 22, 111–120. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2016.09.007
Sriraman, B. (2005). Are Giftedness and Creativity Synonyms in Mathematics? Journal of Secondary Gifted Education, 17(1), 20–36. https://doi.org/10.4219/jsge-2005-389
Sternberg, R. J. (2003). Wisdom, intelligence, and creativity synthesized. Cambridge University Press.
Sternberg, R. J. (2012). The assessment of creativity: An investment-based approach. Creativity Research Journal, 24(1), 3–12. https://doi.org/10.1080/10400419.2012.652925
Susilo, D. A., Ferdiani, R. D., & Murniasih, T. R. (2018). Peningkatan berpikir kreatif mahasiswa melalui model project based learning pada mata kuliah media manipulatif. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 62. https://doi.org/10.18592/jpm.v5i2.1550
Van Harpen, X. Y., & Sriraman, B. (2013). Creativity and mathematical problem posing: An analysis of high school students’ mathematical problem posing in China and the USA. Educational Studies in Mathematics, 82(2), 201–221. https://doi.org/10.1007/s10649-012-9419-5
Walton, A. P., & Kemmelmeier, M. (2012). Creativity in its social context: The interplay of organizational norms, situational threat, and gender. Creativity Research Journal, 24(2–3), 208–219. https://doi.org/10.1080/10400419.2012.677345
DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v11i1.4215
Refbacks
- There are currently no refbacks.
.png)

.png)