PENERAPAN MEDIA PROLIBRA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE SISWA

Riezky Purnama Sari(1), Fairus Fairus(2*), Hanafiah Hanafiah(3),

(1) Universitas Samudra
(2) Universitas Samudra
(3) Universitas Samudra
(*) Corresponding Author


Abstract


Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan penalaran matematis dan self confidence siswa SMKN 1 Langsa dengan menggunakan media PROLIBRA. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Quasi eksperimen dengan desain Randomized control group pretest-posttest. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini  adalah tes  dan  angket. Penelitian ini mengambil populasi kelas XI SMKN 1 Langsa dengan sampel kelas XI MM1 sebagai kelas eksperimen, dan XI MM2 sebagai kelas kontrol. Hasil analisa data diperoleh peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa melalui media pembelajaran PROLIBRA lebih baik dari pada melalui pembelajaran tanpa media POLIBRA pada materi program linear di kelas XI SMKN 1 Langsa. Pada kelas eksperimen yang diajarkan dengan media polibra ada peningkatan self-confidence pada aspek keyakinan terhadap kemampuan diri sendiri untuk memahami matematika  80,25% dengan kategori baik; aspek keyakinan diri untuk dapat terus belajar matematika 79,58% dengan kategori baik; dan aspek keyakinan diri dapat mengatasi rintangan dalam menyelesaikan masalah 79,37% dengan kategori Baik.  Sedangkan pada kelas kontrol  peningkatan self-confidence terjadi pada aspek keyakinan terhadap kemampuan diri sendiri untuk memahami matematika 76,75% dengan kategori baik, aspek yg lainnya juga terlihat sedikit meningkat walaupun masih berada pada kategori cukup.

 

Kata kunci: Kemampuan Penalaran Matematis; Media PROLIBRA; Self Confidence

 

Abstract

The purpose of this study was to determine the increase in mathematical reasoning ability and self-confidence of SMKN 1Langsa students using PROLIBRA media. The type of research used in this study is a quasi-experimental study with a randomized control group pretest-posttest design. Data collection techniques used in this study were tests and quiestionnaires. This study took the population of class XI SMKN 1 Langsa with samples of class XI MM1 as the experimental class, and XI MM1 as the control class. The results of data analysis showed that the increase in students’ mathematical reasoning abilities through PROLIBRA learning media was better than through learning without PROLIBRA media on linear programming material in class XI SMKN 1 Langsa. In the experimental class taught with prolibra media, there was an increase in self-confidence in the aspect of confidence in one’s ability to understand mathematical 80,25% in the good category; aspects of self-confidence to be able to continue learning mathematics 79,58% with good category; and aspects of self-confidence can overcome obstacles in solving problems 79,37% in the good category. While in the control class, the increase in self-confidence occurred in the aspects of confidence in one’s own ability to understand mathematics 76,75% in the good category, the other aspects also showed a slight increase even though they were still in the sufficient category.

Keywords: Mathematical Reasoning Ability; PROLIBRA Media; Self Confidence

 


Keywords


Kemampuan Penalaran Matematis; Media PROLIBRA; Self Confidence

References


Agustin, R. D. (2016). Kemampuan Penalaran Matematika Mahasiswa Melalui Pendekatan Problem Solving. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 5(2), 179–188. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v5i2.249

Andayani, M., & Amir, Z. (2019). Membangun Self-Confidence Siswa melalui Pembelajaran Matematika. Desimal: Jurnal Matematika, 2(2), 147–153. https://doi.org/10.24042/djm.v2i2.4279

Arifendi, R. F., & Setiawan, R. (2019). Upaya Peningkatan Penalaran Matematis Mahasiswa Universitas Tribhuana Tunggadewi Melalui Pendekatan Contextual And Learning (CTL). Journal PRISMATIKA, 1(2), 55–59. http://ejurnal.budiutomomalang.ac.id/index.php/prismatika/article/view/435

Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Bernard, M. (2015). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Dan Penalaran Serta Disposisi Matematik Siswa SMK dengan Pendekatan Kontekstual Melalui Game Adobe Flash CS 4.0. Infinity Journal, 4(2), 197–222. https://doi.org/10.22460/infinity.v4i2.84

Budiaji, W. (2013). Skala Pengukuran dan Jumlah Responden Skala Likert (The Measurement Scale and The Number of Responses in Likert Scale). Jurnal Ilmu Pertanian Dan Perikanan Desember, 2(2), 127–133.

Budiman, H., & Rosmiati, M. (2020). Penerapan Teori Belajar Van Hiele Berbantuan Geogebra untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa. Prisma, 9(1), 47–56. https://doi.org/10.35194/jp.v9i1.845

Fairman, K. A., Peckham, A. M., Rucker, M. L., Rucker, J. H., & Sclar, D. A. (2018). Use of Power-Law Analysis to predict abuse or diversion of Prescribed Medications: Proof-of-Concept Mathematical Exploration. BMC Research Notes, 3(5), 1–8. https://doi.org/https://doi.org/10.1186/s13104-018-3632-y

Fairus. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Discovery Learning Berbantuan Autograph Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Dan Keterampilan Sosial Siswa SMK. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematikaa Ke-3.

Fairus, & Sari, R. P. (2020). Pengembangan Media Grapertalibra dengan Pendekatan Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Sosial Media. Journal of Authentic Research on Mathematics, 2(2), 201–213. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/jarme/article/view/1730

Larson, L. C., & Miller, T. N. (2011). 21st Century Skills: Prepare Students for the Future. Kappa Delta Pi Record, 47(3), 121–123. https://doi.org/10.1080/00228958.2011.10516575

Minarni, A., Napitipulu, E. E., & Lubis, S. D. (2020). Kemampuan Berfikir Matematis dan Aspek Afektif Siswa. Medan: Harapan Cerdas.

Pratiwi, D. D. (2016). Pembelajaran Learning Cycle 5E berbantuan Geogebra terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 191–202. https://doi.org/10.24042/ajpm.v7i2.34

Rahmi, M. N., & Samsudi, M. A. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi sesuai Dengan Karakteristik Gaya Belajar. EDUMASPUL: Jurnal Pendidikan, 4(2), 355–363. https://ummaspul.e-journal.id/maspuljr/article/view/439

Sajidan, Baedhowi, Triyanto, Salman A.T, M. M. (2018). Peningkatan Proses Pembelajaran Dan Penilaian Pembelajaran Abad 21 Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran SMK. In Kemendikbud. Kemendikbud.

Sholeha, L. A., Novianti, D., & Chotimah, S. (2019). Pengaruh Media ICT Berbasis for VBA Excel Terhadap Self Confidence Matematis Siswa SD Pada Materi Bangun Ruang. Journal On Education, 02(01), 104–109.

Sugiyono, P. D. (2016). metode penelitian kuantitatif, kualitatif,dan R&D. Bandung: CV. Alvabeta.

Sunaryo, A. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran GeoGebra terhadap Hasil Belajar Siswa tentang Materi Program Linier Kelas X. Journal on Education, 02(01), 96–103. http://jonedu.org/index.php/joe/article/view/270

Zulkarnaen, R. (2016). Penerapan Pendekatan Realistik Berbantuan ICT Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas Vii. JUrnal Euclid, 3(2), 578–587. https://doi.org/10.33603/e.v3i2.334




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4211

Refbacks

  • There are currently no refbacks.