PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI PEMBELAJARAN TPSQ TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMK

Rahmi Rahmi(1), Hafizah Delyana(2*), Melisa Melisa(3), Mulia Suryani(4), Gusnita Gusnita(5), Miftahul Rizka(6), Welly Apria(7), Okky Rayhana(8),

(1) STKIP PGRI Sumatera Barat
(2) Universitas PGRI Sumatera Barat
(3) Universitas PGRI Sumatera Barat
(4) Universitas PGRI Sumatera Barat
(5) Universitas PGRI Sumatera Barat
(6) Universitas PGRI Sumatera Barat
(7) Universitas PGRI Sumatera Barat
(8) Universitas PGRI Sumatera Barat
(*) Corresponding Author


Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh kemandirian belajar dan motivasi belajar siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMK melalui pembelajaran TPSq. Metode penelitian yang digunakan adalah survey dengan analisis korelasi dan regresi. Populasi pada penelitian ini adalah siswa SMK di Sumatera Barat, dengan jumlah sampel 25 orang siswa dengan teknik purporsive sampling. Data tentang kemandirian belajar dan motivasi belajar siswa diperoleh melalui angket yang disusun oleh peneliti, yaitu mengukur hal-hal yang berkaitan dengan duahal di atas. Sedangkan data kemampuan pemahaman konsep diperoleh melalui tes yang langsung dilaksanakan oleh peneliti. Hasil analisa data diperoleh bahwa pengaruh kemandirian belajar dan motivasi belajar terhadap kemampuan pemahaman konsep ditunjukkan oleh koefisien korelasi sebesar 0,578 dan koefisien determinasi R2 sebesar 33,5%, dan persamaan garis regresi π˜Μ‚Β Β  = 35,648 + 0,296 X1 + 0,383 X2. Melalui analisa pengujian diperoleh bahwa koefisen korelasi dan koefisien regresi tersebut signifikan. Hal tersebut membuktikan bahwa terdapat pengaruh kemandirian belajar dan motivasi belajar siswa secara bersama-sama terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa.


Keywords


ability to understand students' concepts; learning independence; motivation.

References


Afriana, L., Aima, Z., & Muslim, A. P. (2016). PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMPN 3 KOTO XI TARUSAN PESISIR SELATAN.

Afriyola, F., Rahmi, R., & Delyana, H. (2020). PENGARUH KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 28(12), 1286–1290.

Ambiyar, A., Aziz, I., & Delyana, H. (2020). Hubungan Kemandirian Belajar dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 1. https://doi.org/10.36709/jpm.v11i1.9638

Amer, M., & Alnaja, F. A. (2017). E-Learning Application to Teaching Mathematics E-LEARNING APPLICATION TO TEACHING MATHEMATICS. International Journal of Management and Applied Science, 3(9), 81–90.

Antika. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think- Pair-Square terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika Siswa SMP. Juring (Journal for in Mathematics Learning), 2(2), 118–129.

Asmar, A., & Delyana, H. (2020). Hubungan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Penggunaan Software Geogebra. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 221–230. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2758

Asy’ari, Usodo, B., & Riyadi. (2015). EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE DENGAN METODE QUESTION STUDENT HAVE DAN THINK TALK WRITE PADA POKOK BAHASAN BANGUN RUANG DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI SE-KABUPATEN. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 3(1), 27–37.

Badrulaini. (2018). Hubungan kemampuan pemecahan masalah dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika peserta didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(4), 847–855. https://jptam.org/index.php/jptam/article/download/32/28

Effendi, Mursilah, & Mujiono. (2018). Korelasi Tingkat Perhatian Orang Tua dan Kemandirian Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 10(1), 17–23.

Egok. (2016). Kemampuan Berpikir Kritis dan Kemandirian Belajar dengan Hasil Belajar Matematika. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Gusnita, G., Melisa, M., & Delyana, H. (2021). Kemandirian Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Think Pair Square (TPSq). Jurnal Absis: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 3(2), 286–296.

Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Pestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 82–83.

J, M. W., Rizal, Y., & Nilawasti. (2012). Model Cooperative Learning Tipe Think Pair Square Dalam. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 36.

Kistian, A. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Ujong Tanjong Kabupaten Aceh Barat. Genta Mulia, X(1), 92–104.

Latif, S. (2017). Mathematical Connection Ability in Solving Mathematics Problem Based on Initial Abilities of Students At Smpn 10 Bulukumba. Jurnal Daya Matematis, 4(2), 207. https://doi.org/10.26858/jds.v4i2.2899

Lestari, K. E. K. A., & Kunci, K. (2014). IMPLEMENTASI BRAIN-BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONEKSI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SERTA MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP. 2(1), 38.

Manora, yupi A., Usodo, B., & Pramudya, I. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, Satisfaction) Pada Siswa Kelas VIII H SMP Negeri 2 Mojolaban Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 1(4), 56–58.

Pratiwi, I. D., & Laksmiwati, H. (2016). Kepercayaan Diri dan Kemandirian Belajar Pada Siswa SMA Negeri β€œX.” Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 7(1), 43–49.

Rahmi. (2016). PENINGKATAN KEMANDIRIAN BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH KALKULUS DIFERENSIAL. Lemma, III(1), 31–42.

Rahmi, & Rayhana, O. (2020). Analisis Motivasi Belajar Siswa melalui Pembelajaran Think Pair Square. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05(02), 26–39.

Rayhana, O. ;, Rahmi, R., & Suryani, M. (2019). PENGARUH PENERAPAN THINK PAIR SQUARE TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS. PROSIDING SEMINAR NASIONAL STKIP PGRI SUMATERA BARAT, 5(1), 222–230.

Samura, A. O. (2015). Penggunaan media dalam pembelajaran matematika dan manfaatnya. Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 69–79.

Sari, D. M. (2019). KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS DITINJAU DARI SELF EFFICACY SISWA DAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) DI SMP NEGERI 20 PALEMBANG. 12(1).

Sipayung, A. (2018). Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika tentang Sifat-Sifat Bangun Ruang Sederhana melalui Contextual Teaching and Learning. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(3), 401–412. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i3.153

Sriwahyuni, T. (2019). ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 3(April), 18–23.

Sumarmo, U., Hidayat, W., Zukarnaen, R., Hamidah, M., & Sariningsih, R. (2012). KEMAMPUAN DAN DISPOSISI BERPIKIR LOGIS, KRITIS, DAN KREATIF MATEMATIK (Eksperimen terhadap Siswa SMA Menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah dan Strategi Think-Talk-Write). Jurnal Pengajaran Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 17(1), 17. https://doi.org/10.18269/jpmipa.v17i1.228

Sumaryati, E., & Sumarmo, U. (2013). Pendekatan Induktif-Deduktif Disertai Strategi Think Pair Square Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Dan Berpikir Kritis Serta Disposisi Matematis Siswa SMA. Infinity, 2(1), 32.

Utami, F. D., Djatmika, E. T., & Sadijah, C. (2017). Pegaruh Model Pembelajaran terhadap Pemahaman Konsep, Sikap, Sikap Ilmiah, dan Kemampuan Pemacahan Masalah Matematis Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Kelas IV. Jurnal Pendidikan, 2(12), 1629–1631.

Yanti, S., & Surya, E. (2017). Kemandirian belajar dalam memaksimalkan kualitas pembelajaran. December.

Zuraida, Johar, H. (2013). PENINGKATAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN DISPOSISI MATEMATIS DENGAN STRATEGI MATHEMATICAL HABITS OF MIND. 2(1), 32.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4210

Refbacks

  • There are currently no refbacks.