PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS GEOGEBRA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR PADA PEMBELAJARAN VIRTUAL

La Ode Sirad(1*), Arbain Arbain(2),

(1) Universitas Sembilanbelas November Kolaka (USN Kolaka)
(2) Universitas Sembilanbelas November Kolaka
(*) Corresponding Author


Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengahasilkan video pembelajaran berbasis geogebra yang valid, praktis dan efektif. Model pengembangan yang digunakan adalah model Plomp yang terdari atas lima fase, yaitu investigasi awal; desain; konstruksi; uji produk, evaluasi, dan revisi; dan implementasi. Video hasil produksi digunakan sebagai sumber belajar dalam kelas virtual google classroom. Video pembelajaran divalidasi oleh dua orang ahli dengan melakukan penilaian pada aspek kelayakan isi dan kelayakan tampilan. Hasil validasi menyatakan video pembelajaran valid dengan kategori sangat baik. Video diimplementasikan sebagai sumber belajar pada proses pembelajaran secara virtual di SMPN 6 Buton tengah. Respon siswa terhadap penggunaan video sangat positif. Hasil angket respon siswa menunjukkan video sangat praktis. Penerapan video berdampak positif terhadap capaian hasil belajar siswa. video pembelajaran berbasis geogebra memudahkan siswa dalam memvisualisasikan gambar tiga dimensi sehingga meningkatkan pemahaman terhadap konsep bangun ruang. Hasil penilaian efektifitas menyatakan video sangat efektif.

Keywords


video berbasis geogebra; bangun ruang; ruang kelas virtual

References


Albaniah, T. (2014). Hubungan Penggunaan Media Video Pembelajaran Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas Iv Sdn 76/1 Sungai Buluh. Artikel Ilmiah.

Andi, P. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. In Diva Press.

Ario, M. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran Materi Integral Pada Pembelajaran Flipped Classroom. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 20-31. https://doi.org/10.24127/ajpm.v8i1.1709

Busyaeri, A., Udin, T., & Zaenudin, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel Ipa Di Min Kroya Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(1). https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v3i1.584

Chan, N. N., Walker, C., & Gleaves, A. (2015). An exploration of students’ lived experiences of using smartphones in diverse learning contexts using a hermeneutic phenomenological approach. Computers and Education. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2014.11.001

Dhawan, S. (2020). Online Learning: A Panacea in the Time of COVID-19 Crisis. Journal of Educational Technology Systems. https://doi.org/10.1177/0047239520934018

Isharyadi, R., & Ario, M. (2019). Praktikalitas dan Efektivitas Modul Geometri Transformasi Berbantuan Geogebra bagi Mahasiswa Pendidikan Matematika. Jurnal Absis : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 1(2). https://doi.org/10.30606/absis.v1i2.93

Marlowe, C. A. (2012). The Effect Of The Flipped Classroom On Student Achievement And Stress. Journal of Chemical Information and Modeling.

Martin, F., & Parker, M. (2014). Use of Synchronous Virtual Classrooms: Why, Who, and How? Journal of Online Learning and Teaching, 10(2).

Munir. (2017). Pembelajaran Digital. In Alfabeta. https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://file.upi.edu/Direktori/fpmipa/prodi._ilmu_komputer/196603252001121-munir/buku/Pembelajaran%2520Digital.pdf&ved=2ahUKEwj-oITXwpbpAhWf7HMBHYxmDaIQFjAAegQIARAB&usg=AOvVaw3FGMSFjUjBN9Rjdvb5NBzI&cshid

Nur, I. M. (2016). Pemanfaatan Program Geogebra dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1). https://doi.org/10.1038/oncsis.2016.1

Nurdin, E., Ma’aruf, A., Amir, Z., Risnawati, R., Noviarni, N., & Azmi, M. P. (2019). Pemanfaatan video pembelajaran berbasis Geogebra untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMK. Jurnal Riset Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.21831/jrpm.v6i1.18421

Onyema, E. M., Eucheria, N. C., Obafemi, F. A., Sen, S., & Atonye, F. G. (2020). Impact of Coronavirus Pandemic on Education. Journal of Education and Practice, 11.

Purwanti, B. (2015). Pengembangan Media Video Pembelajaran Matematika dengan Model Assure. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1).

Setiyani, Putri, D. P., Ferdianto, F., & Fauji, S. H. (2020). Designing a digital teaching module based on mathematical communication in relation and function. Journal on Mathematics Education, 11(2). https://doi.org/10.22342/jme.11.2.7320.223-236

Suarsana, I. M., & Mahayukti, G. A. (2013). Pengembangan E-Modul Berorientasi Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 2(3). https://doi.org/10.23887/janapati.v2i3.9800

Turyati, Muchtarom, M., & Winarno. (2016). Pengaruh penggunaan media video edukasi terhadap hasil belajar pkn siswa kelas Vii smp negeri 2 gondangrejo. PKn Progresif, 11(1).

Woolfitt, Z. (2015). The effective use of video in higher education. Lectoraat Teaching, Learning and Technology. Inholland University of Applied Sciences, October.

Ziden, A. A., & Abdul Rahman, M. F. (2013). The effectiveness of web-based multimedia applications simulation in teaching and learning. International Journal of Instruction, 6(2).

Zulnaidi, H., & Zamri, S. N. A. S. (2017). The effectiveness of the geogebra software: The intermediary role of procedural knowledge on students’ conceptual knowledge and their achievement in mathematics. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 13(6). https://doi.org/10.12973/eurasia.2017.01219a




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4198

Refbacks

  • There are currently no refbacks.