DESKRIPSI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DITINJAU DARI RESILIENSI MATEMATIS SISWA DALAM PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS

M. Agung Dharma Himawan(1), Sri Hastuti Noer(2*),

(1) University of Lampung
(2) Universitas Lampung
(*) Corresponding Author


Abstract


Abstrak

Tujuan dilakukan penelitian ini adalah mendeskripsikan kondisi kemampuan berpikir kreatif siswa jika ditinjau berdasarkan tingkat resiliensi yang dimiliki oleh siswa. Penelitian ini didasari oleh adanya dampak perubahan pola belajar siswa karena pandemi covid-19. Kemapuan memberikan ide yang tidak umum dan hanya digunakan oleh beberapa orang tertentu untuk menyelesaikan masalah matematika disebut dengan kemampuan berpikir kreatif. Terdapat empat indikator siswa dikatakan kreatif diantaranya adalah kelancaran, keluwesan, orisinalitas, dan kemampuan memerinci. Resiliensi matematis siswa adalah kegigihan siswa dalam menghadapi permasalahan dalam pembelajaran matemtika. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan tujuan untuk mendapatkan gambaran secara menyeluruh terkait kemampuan berpikir kreatif tingkat resiliensi siswa secara lebih mendalam. 30 siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Batu Ketulis, Lampung Barat Tahun Pelajaran 2020/2021 merupakan sampel yang diambil kemudian direduksi menjadi 6 siswa dengan menggunakan teknik pengambilan sampel didasarkan oleh pertimbagan tertentu. Data dikumpulkan dengan memberikan kuisioner, soal materi bangun datar, dan wawancara. Instrumen yang digunakan berupa angket kemampuan resiliensi matematis siswa, tes uraian pada materi segi empat (bangun datar), dan pedoman wawancara. Kesimpulan yang diperoleh adalah indikator kelancaran dan keterincian sering muncul pada siswa dengan tingkat resiliensi tinggi, indikator kelancaran muncul pada siswa yang memiliki resiliensi sedang sedang, dan siswa dengan tingkat resiliensi rendah belum mampu memunculkan satupun indikator berpikir kreatif.

 

Kata kunci: Berpikir Kreatif; Resiliensi Matematis

 

Abstract

 

The purpose of this research is to describe condition of students' creative thinking skills when viewed based on the level of resilience possessed by students. This research is based on the impact of changes in student learning patterns due to the COVID-19 pandemic. The ability to provide ideas that are not common and only used by certain people to solve mathematical problems is called the ability to think creatively. There are four indicators that students are said to be creative including fluency, flexibility, originality, and elaboration. Students' mathematical resilience is the persistence of students in dealing with problems in learning mathematics. The method used is a qualitative method with the aim of getting a comprehensive picture of students' creative thinking skills at the level of resilience in more depth. 30 students of class VII A Junior High School 1 Batu Ketulis, West Lampung in the 2020/2021 academic year are samples taken and then reduced to 6 students with using a sampling technique based on certain considerations. Data was collected by giving questionnaires, questions about data building materials, and interviews. The instrument used was a questionnaire on students' mathematical resilience abilities, a description of the rectangular material description (data structure), and interview guidelines. The conclusion obtained is that indicators of medium and detail often appear in students with high levels of resilience, indicators appear in students who have resilience, and students with low levels of resilience have not been able to bring up indicators of creative thinking.

Keywords: Creatif Thinking; Mathematical Resilience


Keywords


Berpikir Kreatif; Resiliensi Matematis

References


Ansori, A., & Hindriyanto, Y. (2020). Analisis Kemampuan Koneksi Ditinjau Berdasar Pada Kemampuan Resiliensi Matematis. JKPM: Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, (5)2, 253-260.

Dilla, S. C., Hidayat, W., & Rohaeti, E. E. (2018). Faktor Gender dan Resiliensi dalam Pencapaian Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA. IVET: Journal of Medives, 2(1), 129-136.

Eragamreddy, N. (2013). Teaching Creative Thinking Skills. IJ ELTS: International Journal of English Language & Translation Studies, 1(2), 124-145.

Habibah, S. U., Fathani, A. H., & Nursit, I. (2021). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Berdasarkan Resiliensi Matematis Siswa. JP3, 16(9).

Hutauruk, A. J., & Priatna, N. (2017). Mathematical Resilience of Mathematics Education Students. ICMScE: International Conference on Mathematics and Science Education. doi:doi :10.1088/1742-6596/895/1/012067

Johnston-Wilder, S., Lee, C., Brindley, J., & Garton, E. (2015). Developing Mathematical Resilience in School Students Who Have Experienced Repeated Failure. ICER.

Kemendikbud. (2021). Buku Saku Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran Di Masa Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Jakarta: Kemendikbud.

Kurnia, H. I., Royani, Y., Hendriana, H., & Nurfauziah, P. (2018). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa SMP Ditinjau Dari Resiliensi Matematik. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(5), 933-940.

Lee, C., & Johnston-Wilder, S. (2017). The Construct of Mathematical Resilience. United Kingdom: Elsevier.

Noer, S. H. (2011). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah Open-Ended. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 104-111.

Nurlita, M. (2015). Pengembangan Soal Terbuka (Open-Ended Problem) pada Mata Pelajaran Matematika SMP Kelas VIII. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 38-49.

Rahmatiyati, R., & Miatun, A. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Resiliensi Matematis Siswa SMP. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 187-202.

Sari, R. A., & Untarti, R. (2021). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Resiliensi Matematis. Mandalika Mathematics and Education Journal, 3(1), 30-39. doi:doi.org/10.29303/jm.v3i1.2577

Sugandi, A. I. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Resiliensi Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Generatif. Jurnal Perspektif Pendidikan, 11(2), 67-77.

Utami, C. T., & Helmi, A. F. (2017). Self-Efficacy dan Resiliensi: Sebuah Tinjauan Meta-Analisis. Buletin Psikologi, 25 (1), 54-65.

Utami, R. W., Endaryono, B. T., & Djuhartono, T. (2020). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Melalu Pendekatan Open Ended. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 43-48.

Zanthy, L. S. (2018). Kontribusi Resiliensi Matematis Terhadap Kemampuan Akademik Mahasiswa Pada Mata Kuliah Statistika Matematika. Mosharafa, (7)1, 85-94.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4194

Refbacks

  • There are currently no refbacks.