ANALISIS KESALAHAN KONTRUKSI KONSEP PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR BERDASARKAN PEMBERIAN SCAFFOLDING

Septiani Wulandari(1*), Kamid Kamid(2), Haryanto Haryanto(3),

(1) Universitas Jambi
(2) Universitas Jambi
(3) Universitas Jambi
(*) Corresponding Author


Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan siswa dalam mengkontruksi konsep pada materi bangun ruang sisi datar berdasarkan pemberian scaffolding. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Subjeknya adalah siswa Kelas VIII, dan subjek dalam penelitian ini menemukan tiga subjek yang mewakili keterampilan tinggi, sedang, dan rendah. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes dan lembar wawancara. Data yang diperoleh dianalisis melalui (1) langkah-langkah mereduksi data. (2) Menyajikan data, yaitu memilah jenis kesalahan yang dibuat siswa karena kesalahan. (3) Menarik kesimpulan, yaitu melakukan kegiatan sesuai dengan konsep masing-masing siswa tentang kelemahan konstruksi, atau menyajikan scaffolding. Hasil penelitian ini kesalahan kontruksi konsep pada indikator pseudo contruction “Benar” yang terjadi pada SE1 dan SE2 scaffolding yang sesuai adalah tahap pengembangan konseptual. indikator pseudo contruction “Salah” yang terjadi pada SE1 scaffolding yang sesuai adalah tahap pengembangan konseptual. Indikator lubang kontruksi seperti yang terjadi pada semua subjek scaffolding yang sesuai adalah tahap Explaining.mis-analogical contruction yang terjadi pada SE3 scaffolding adalah tahap restructuring. Indikator mis-logical contruction terjadi pada SE3 scaffolding yang sesuai adalah tahap Reviewing.

Kata kunci: Kesalahan Kontruksi Konsep, Materi Bangun Ruang Sisi Datar,  Pemberian Scaffolding

Abstract

This study aims to analyze student errors in constructing concepts in the flat-sided building material based on the provision of scaffolding. This type of research is descriptive qualitative research. The sampling technique in this study used a purposive sampling technique. The subjects were Class VIII students, and the subjects in this study found three subjects representing high, medium, and low skills. The instruments used in this study were test questions and interview sheets. The data obtained were analyzed through (1) data reduction steps. (2) Presenting data, namely sorting out the types of errors made by students due to errors. (3) Drawing conclusions, namely carrying out activities according to each student's concept of construction weaknesses, or presenting scaffolding. The result of this research is that the error in the construction of the concept on the "True" pseudo construction indicator that occurs in SE1 and SE2 of the appropriate scaffolding is the conceptual development stage. the indicator pseudo construction “Wrong” that occurs in the appropriate SE1 scaffolding is the conceptual development stage. The construction hole indicator as happened in all suitable scaffolding subjects is the Explaining stage. Mis-analogical construction that occurs in SE3 scaffolding is the restructuring stage. An indicator of mis-logical construction that occurs in the appropriate SE3 scaffolding is the Reviewing stage.

Keywords: Concept Construction Errors, Flat Side Space Building Materials, Scaffolding


Keywords


as happened in SE3 scaffolding, the appropriate stage is the Reviewing stage. Keywords: Concept Contruction Error, Flat Side Rung Building Material, Giving Scaffolding

References


Abdu, R., Schwarz, B., & Mavrikis Manolls. (2015). Perancah seluruh kelas untuk belajar memecahkan masalah matematika bersama-sama dalam lingkungan yang didukung komputer. ZDM - Mathematics Education, 1, 3. https://doi.org/DOI 10.1007 / s11858-015-0719-y

Abune, A. A. (2019). Effects of Peer Scaffolding on Students‘ Grammar Proficiency Development. Journal of Literature, Languages and Linguistics, 7(August), 105–120. https://doi.org/10.7176/jlll/58-02

Amelia, S. R., Anwar, C., & Firdos, H. (2021). Kontruksi Konsep Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel Bagi Siswa SMA Berdasarkan Teori Apos. Jurnal Inovasi Dan Riset, 2(1), 44–58

Bakker, A. (2015). Scaffolding and dialogic teaching in mathematics education: introduction and review. ZDM - Mathematics Education, 47(7), 1047–1065. https://doi.org/10.1007/s11858-015-0738-8

Baranovich, D., Fong, P., & Hutagalung, F. (2017). Parental Scaffolding dalam Matematika Pekerjaan Rumah di antara Anak-anak Prasekolah Swasta Malaysia : Studi Kasus. Int J of Sci and Math Educ, 2(13–14). https://doi.org/DOI 10.1007 / s10763-017-9850-2

Brower, R. L., Woods, C. S., Jones, T. B., Park, T. J., Hu, S., Tandberg, D. A., … Martindale Sophia G. Rahming & Sandra K. (2017). Remediasi Matematika Scaffolding untuk Siswa Berisiko Akademik Setelah Reformasi Pendidikan Perkembangan di Florida Remediasi Matematika Scaffolding Untuk Akademik Di -Risiko. Community College Journal of Research and Practice, 8926. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1080/10668926.2017.1279089

Broza, O., Ben, Y., & Kolikant, D. (2015). Pengajaran kontingen untuk siswa berprestasi rendah dalam matematika : tantangan dan potensi perancah pembelajaran yang bermakna. ZDM - Mathematics Education, (1980), 10. https://doi.org/10.1007 / s11858-015-0724-1

Chiu, J. L., & Hong, J. (2019). Computers & Education Alat Menanggapi Guru : Perancah praktik guru T menanggapi gagasan siswa di ruang kelas matematika James. Komputer & Pendidikan, 139, 16–30.

Cresswell. (2016). on the move: mobility in the modern westem word. francis: Taylor.

Crosby, S. D., Day, A. G., Somers, C. L., Baroni, B. A., Crosby, S. D., Day, A. G., … Baroni, B. A. (2018). Preventing School Failure : Alternative Education for Children and Youth Avoiding school suspension : Assessment of a trauma-informed intervention with court-involved , female students. Preventing School Failure, 0. https://doi.org/10.1080/1045988X.2018.1431873

Damayanti, N. W. (2016). Praktik Pemberian Scaffolding Oleh Mahasiswa Pendidikan Matematika Pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar ( Sbm ) Matematika. Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 18, 85–95.

Faradillah, A., & Febriani, L. (2021). Mathematical Trauma Students Junor High School Based On Grade And Gender. Journal of Mathematcs Education, 10(1), 53–68.https://doi.org/https://doi.org/10.22460/infinity.v10i1.p53-68

Komarudin. (2017). Analisis Kesalahan Sisea Dalam Pemecahan Masalah Matematika Pada Materi Peluang Berdasarkan High Order Thinking dan Pemberian Scaffolding. 202-217

Imam Kusmaryono*, Nila Ubaidah, M. A. B. (2020). The role of scaffolding in the deconstructing of thinking structure: a case study of pseudo-thinking process. Journal of Mathematcs Education, 9(2). https://doi.org/https://doi.org/10.22460/infinity.v9i2.p247-262

Kamid, sri yuliya, muhaimin. (2020). Pengembangan Modul Panduan Guru Matematika Dalam Mendesain Pembelajaran PjBL Berbasis Budaya Jambi. Jurnal Program Studi Pendidikan M, 9(2), 424–432. https://doi.org/https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2796

Kemendibud. (2017). Buku guru matematika kelas VIII SMP/Mts kurikulum 2013 edisi revisi 2017. Kemendikbud.

Kristanti Dian. (2020). Scaffolding Sebagai Upaya Mengatasi Kesalahan Matematika Siswa Kelas Viii. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2 (1), 54–65. https://doi.org/https://doi.org/10.30736/vj.v2il.193.

Ni, R., & Fathani, A. H. (2018). Kesalahan Konstruksi Konsep Matematika Dan Scaffolding -Nya Construction Error Of Mathematical Concepts. 3(2), 162–171.

Payong, M. R. (2020). Zona Perkembangan Proksimal dan Pendidikan Berbasis Konstruktivisme Sosial Menurut Lev Semyonovich Vygotsky. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 12(2), 164–178.https://doi.org/https://doi.org/10.36928/jpkm.v12i2.589 ZONA

Pol, J. Van De, Volman, M., & Beishuizen, J. (2011). Promoting teacher scaffolding in small-group work : A contingency perspective. Teaching and Teacher Education. https://doi.org/10.1016/j.tate.2011.09.009

Pujisari, A., & Khotimah, R. P. (2016). Analisis Kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal bentuk aljabar kelas VII SMP. Surakarta: Doctoral dissertation.

Purnomo, D., Setyawati, R. D., & Prayito, M. (2016). The Effectiveness Of Macros-Based Cognitive Domain Evalution Model In Senior High School Based On The Curriculum 2013. Journal of Mathematcs Education, 5(2), 141–146. https://doi.org/10.22460/infinity.v5i2.220

Satrio wicaksono sudarman, nego linuhung. (2017). Pengaruh Pembelajaran Scaffolding Terhadap Pemahaman Konsep Integral Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Matematika Fkip Univ, 6(1), 33–39.

Sari, A. K., & Trisnawati, W. (2019). Integrasi Keterampilan Abad 21 Dalam Modul Sociolinguistics : Keterampilan 4c ( Collaboration , Communication , Critical Thinking , Dan Creativity ). Jurnal Muara Pendidikan, 4(2), 455–466.

Sunaryo, Y., & Fatimah, A. T. (2019). Pendekatan Kontekstual dengan Scaffolding untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 66–79. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v3i1.1468 Pendekatan

Suratno, J., & Sari, Prawitha, D. (2021). Analisis Komparatif Kurikulum Matematika Di Indonesia Korea Selatan, dan Singapura Pada Jenjang Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Guru Matematika, 1(1), 64–72.

Sutiarso, S. (2009). Scaffolding dalam Pembelajaran MatematikaSutiarso,. Pendidikan Dan Penerapan MIPA, 2(1991), 527–530.

Sutiarso, S., & Coesamin, M. (2018). The Effect Of Varioys Meda Scaffolding On Incereasing Understanding Of Students Geometry Concpts. Journal on Mathematics Education, 9(1), 95–102.

Yuwono, I., & Irawan, E. B. (2017). Investigation Of Contgation Of Contigency Patterns Of Teachers Scaffolding In Teaching And Learning Mathematics. Journal on Mathe, 8(1), 65–76.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4151

Refbacks

  • There are currently no refbacks.