TINGKAT KECEMASAN MATEMATIS MAHASISWA DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN ONLINE

Agung Putra Wijaya(1*), Nurain Suryadinata(2), Tia Agnesa(3),

(1) 
(2) Pendidikan Matematika FKIP Universitas Lampung
(3) Pendidikan Matematika FKIP Universitas Lampung
(*) Corresponding Author


Abstract


Penelitian deskriptif kualitatif ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan tingkat kecemasan matematis mahasiswa dalam mengikuti pembelajaran online dibandingkan dengan pembelajaran offline. Subjek penelitian ini diambil menggunakan secara purposive dengan melibatkan mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Lampung semester genap pada tahun akademik 2019/2020. Data dikumpulkan melalui skala kecemasan matematis dan pedoman wawancara. Analisis data penelitian ini meliputi reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, diperoleh simpulan bahwa (1) tingkat kecemasan matematis mahasiswa yang mengikuti pembelajaran online lebih tinggi dibandingkan pembelajaran offline dan (2) pada aspek kognitif dan afektif, tingkat kecemasan matematis mahasiswa yang mengikuti pembelajaran online lebih tinggi dibandingkan pembelajaran offline. Pada aspek fisiologis, tingkat kecemasan matematis mahasiswa yang mengikuti pembelajaran offline lebih tinggi dibandingkan pembelajaran online. Hasil penelitian menjadi masukan dalam merancang pembelajaran yang mampu meminimalisasi kecemasan matematis mahasiswa dalam mengikuti pembelajaran online.

This qualitative descriptive study was conducted with the aim of describing students' mathematical anxiety levels in participating in online learning compared to offline learning. The subjects of this study were taken using purposive by involving students of the Mathematics Education, FKIP Universitas Lampung, even semesters in the academic year of 2019/2020. Data were collected through mathematical anxiety scale and interview guidelines. The data analysis of this research includes data reduction, data presentation, conclusion drawing and verification. Based on the results of research and discussion, it is concluded that (1) the level of mathematical anxiety of students who take online learning is higher than offline learning, (2) on the cognitive and affective aspects, the level of mathematical anxiety of students who take online learning is higher than offline learning. On the physiological aspect, the level of mathematical anxiety of students taking offline learning is higher than online learning. The results of this research become input in designing learning that is able to minimize students' mathematical anxiety in participating in online learning.


Keywords


affective; cognitive; mathematical anxiety; offline; online; physiological

References


Aryani, T. D., & Hasyim, M. (2018). Pengaruh Kecemasan Matematis, Problem Stress Matematika, dan Self-Regulated Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika. Aksioma Vol. 7 No. 2, 243 - 252.

Basar, A. M. (2021). Problematika Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi Covid-19. Edunesia: Jurnal Ilmiah Pendidikan Vol. 2 No. 1, 208 - 218.

Blazer, C. (2011). Strategies for Reducing Math Anxiety. Information Capsule Research Service Vol. 1102, 1 - 8.

Christianto, L. P., Kristiani, R., Franztius, D. N., Santoso, S. D., Winsen, & Ardani, A. (2020). Kecemasan Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Selaras, 67 - 82.

Cooke, A., Cavanagh, R., Hurst, C., & Sparrow, L. (2011). Situational Effects of Mathematics Anxiety in Pre-Service Teacher Education. AARE Conference (pp. 1 - 14). Hobart, Tasmania: Australian Association for Research in Education.

Dzulfikar, A. (2016). Kecemasan Matematika pada Mahasiswa Calon Guru Matematika. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 34 - 44.

Febrian, F., & Astuti, P. (2020). Pemahaman Objek Abstrak Matematika Guru Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Bintan. Jurnal Anugrah, 13 - 18.

Harisuddin, M. I. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa dengan PJJ di Masa Covid-19. Teorema: Teori dan Riset Matematika Vol. 6 No. 1, 98 - 106.

Hartatik, S., & Fitriyah, F. K. (2017). Identifikasi Kecemasan Matematika pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia Vol. 2 No. 2, 31 - 33.

Ikhsan, M. (2019). Pengaruh Kecemasan Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. de Fermat: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 2, No. 1, 1 - 6.

Ilmadi. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis PBI Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas X. Journal Saintika UNPAM Vol. 1 No. 1, 35 - 53.

Istikomah, D. A., & Jana, P. (2018). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa Melalui Pendekatan Pembelajaran Saintifik dalam Perkuliahan Aljabar Matrik. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia (pp. 927 - 932). Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.

Kamarullah. (2017). Pendidikan Matematika di Sekolah Kita. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika Vol. 1 No. 1, 21 - 32.

Makur, A. P., & Prahmana, R. C. (2015). Penyebab Kecemasan Matematis Mahasiswa Calon Guru Asal Papua. Jurnal Elemen Vol. 1 No. 1, 1 - 12.

Rawa, N. R., & Yasa, P. A. (2018). Kecemasan Matematika pada Mahasiswa Pandidikan Guru Sekolah Dasar. Journal of Education Technology Vol. 2 No. 2, 36 - 45.

Utami, A. H., & Warmi, A. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Ditinjau dari Rasa Kecemasan Matematika. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika (pp. 617 - 622). Karawang: Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Singaperbangsa Karawang.

Whyte, J., & Anthony, G. (2012). Math Anxiety: The Fear Factor in The Mathematics Classroom. New Zealand Journal of Teacher's Work Vol. 9 No. 1, 6 - 15.

Widigda, I. R., & Setyaningrum, W. (2018). Kecemasan Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Riau Kepulauan dalam Menghadapi Skripsi. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains Vol. VI No. 2, 190 - 199.

Widodo, A., & Nursaptini. (2020). Problematika Pembelajaran Daring dalam Perspektif Mahasiswa. ELSE: Elementary School Education Journal Vol. 4 No. 2, 100 - 115.

Yuselis, Ismail, F., & Nery, R. S. (2015). Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Pemahaman Konsep Siswa pada Pembelajaran Matematika di Kelas VII MTs Patra Mandiri Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA Vol. 1 No. 2, 258 - 287.




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4146

Refbacks

  • There are currently no refbacks.