PENERAPAN METODE BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN SELF-EFFICACY DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Nicky Dwi Puspaningtyas(1), Putri Sukma Dewi(2), Sugama Maskar(3*),

(1) Universitas Teknokrat Indonesia
(2) Universitas Teknokrat Indonesia
(3) Universitas Teknokrat Indonesia
(*) Corresponding Author


Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode bimbingan kelompok dalam meningkatkan self-efficacy dan hasil belajar siswa. Subjek pada penelitian ini adalah 38 siswa SMP Negeri 2 Pesawaran di Provinsi Lampung yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes dan non tes. Instrumen tes digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa, sedangkan instrumen nontes digunakan untuk mengukur self-efficacy siswa. Instrumen tes mencakup materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) yang merupakan materi siswa SMP kelas VIII. Disisi lain, angket sebagai instrumen non tes disusun berdasarkan indikator yang merujuk pada Teori Brown. Sebelum digunakan dalam penelitian, kedua instrumen ini sudah diuji validitas dan reliabilitasnya sehingga layak untuk diberikan pada subjek penelitian. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode bimbingan kelompok dapat meningkatkan self-efficacy siswa. Peningkatan ini diperkuat dengan hasil uji perbandingan dua rata-rata yang menyatakan bahwa terjadinya peningkatan signifikan dari self-efficacy siswa. Selain itu, uji statistik juga memperlihatkan peningkatan yang signifikan dari hasil belajar siswa setelah mendapatkan pembelajaran dengan menggunakan metode bimbingan kelompok.

 

Kata kunci: bimbingan kelompok, matematika, self-efficacy.

 

Abstract

This study aims to determine the application of group guidance methods in increasing self-efficacy and student learning outcomes. The subjects in this study were 38 junior high school students of SMP Negeri 2 Pesawaran, in Lampung Province who were selected using purposive sampling technique. The research instrument used in the form of tests and non-tests. The test instrument is used to measure student learning outcomes, while the non-test instrument is used to measure student self-efficacy. The test instrument includes material on the Two Variable Linear Equation System (SPLDV) which is material for VIII grade junior high school students. On the other hand, the questionnaire as a non-test instrument is prepared based on indicators that refer to Brown's Theory. Before being used in research, these two instruments have been tested for validity and reliability so that they are feasible to be given to research subjects. Based on the results of the research and discussion, it can be concluded that the application of the group guidance method can increase students' self-efficacy. This increase is also reinforced by the results of comparatin test of two averages which state that there is a significant increase in student self-efficacy. In addition, statistical tests also showed a significant increase in student learning outcomes after receiving learning using the group guidance method.

 

Keywords: group guidance, mathematics, self-efficacy.


Keywords


bimbingan kelompok; matematika; self-efficacy.

References


Ana, A., & Wibowo, M. E. (2017). Bimbingan Kelompok dengan Teknik Role Playing untuk Meningkatkan Self-Efficacy dan Harapan Hasil (Outcome Expectations) Karir Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 6(1), 49–53.

Astuti, Permana, H., Harahap, F., &Budi. (2016). Hubungan Antara Efikasi Diri dengan Kecemasan dalam Menghadapi Ujian pada Siswa Kelas IX di MTS Al Hikmah Brebes. Jurnal Hisbah, 13(1), 51–68.

dewi, A. P. (2018). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Snowball Throwing pada Mata Pelajaran PKn di Kelas V Materi Mendeskripsikan Pengertian Organisasi di Mis Islamiyah Londut Kecamatan Kualuh Hulu Kabupaten Labuhanbatu Utara Tahun Ajaran 2017/2. Skripsi, skripsi, 1–193.

Fitriati, T. K. (2017). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Melalui Pendekatan Bimbingan Kelompok. Insight: Jurnal Bimbingan Konseling, 6(1), 90. https://doi.org/10.21009/insight.061.09

Hasanah, U., Dewi, N., & Rosyida, I. (2019). Self-Efficacy Siswa SMP Pada Pembelajaran Model Learning Cycle 7E ( Elicit , Engange , Explore , Explain , Elaborate , Evaluate , and Extend ). Prisma Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 551–555.

Lestari, H. P., Bhakti, C. P., & Bandono. (2020). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Diskusi pada Siswa SMK Manahijul Huda Pati. Prosidng Pendidikan Profesi Guru, 347–356. http://eprints.uad.ac.id/id/eprint/21251

Maskar, S., Dewi, P. S., & Puspaningtyas, N. D. (2020). Online Learning & Blended Learning: Perbandingan Hasil Belajar Metode Daring Penuh dan Terpadu. Prisma, 9(2), 154. https://doi.org/10.35194/jp.v9i2.1070

Muzdalifah. (2018). Pengaruh Bimbingan Kelompok dan Self-Efficacy terhadap The Effects between Group Guidance and Self-Efficacy to Improving Student Social Skills. Analitika, 10(1), 21–30.

Nur’aini, A., Sholih, & Raudhah. (2018). MENINGKATKAN EFIKASI DIRI (SELF EFFICACY) MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING (PTK Pada Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Kota Serang). Jurnal Penelitian BImbingan Dan Konseling, 3(2), 144–154. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPBK/article/view/3933/2822

Nuraisah, E., Irawati, R., & Hanifah, N. (2016). Perbedaan Pengaruh Penggunaan Pembelajaran Konvensional Dan Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Pecahan. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 291–300. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.3033

Puspaningtyas, N. D. (2019). Berpikir Lateral Siswa SD dalam Pembelajaran Matematika. Mathema Journal, 1(1), 24–30.

Puspaningtyas, N. D., & Dewi, P. S. (2020). Persepsi peserta didik terhadap pembelajaran berbasis daring. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif (JPMI), 3(6), 703–712. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i6.703-712

Sidiq, H. A., Suhayat, D., & Permana, T. (2018). Penerapan Metode Tutor Sebaya Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Memasang Sistem Penerangan Dan Wiring Kelistrikan Di Smk. Journal of Mechanical Engineering Education, 5(1), 42. https://doi.org/10.17509/jmee.v5i1.12618

Somawati, S. (2018). Peran Efikasi Diri (Self Efficacy) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 6(1), 39. https://doi.org/10.29210/118800

Sunaryo, Y. (2017). PENGUKURAN SELF-EFFICACY SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MTs N 2 CIAMIS. Teorema, 1(2), 39. https://doi.org/10.25157/.v1i2.548

Syaripah. (2016). Pengaruh Persepsi Pembelajaran Matematika Terhadap Motivasi Belajar Siswa Dalam Bidang Matematika Di Sekolah SMA N 1 Curup Timur T.P 2015/2016. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 117–131. https://doi.org/10.30596/edutech.v2i2.604

Yudha, F. (2019). Peran Pendidikan Matematika Dalam Meningkatkan Sumber Daya Manusia Guna Membangun Masyarakat Islam Modern. JPM : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 87. https://doi.org/10.33474/jpm.v5i2.2725




DOI: http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4144

Refbacks

  • There are currently no refbacks.